Senin, 01 Juni 2015

Teori Pertumbuhan Ekonomi Karl Marx

BAB I
PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang
Perkembangan pemikiran Marx memang tidak lepas dari pengaruh filsuf-filsuf hebat seperti Hegel, Feuerbach, Smith, juga Engels. von Magnis membagi lima tahap perkembangan pemikiran marx yang dibedakan ke dalam pemikiran ‘Marx muda’ (young Marx) dan ‘Marx tua’ (mature Marx). Gagasan dan pemikirannya terutama diawali dengan kajiannya terhadap kritik Feuerbach atas konsep agamanya Hegel yang berkaitan dengan eksistensi atau keberadaan Tuhan. Marx yang materialistik benar-benar menolak konsep Hegel yang dianggapnya terlalu idealistik dan tidak menyentuh kehidupan keseharian.

Pemikiran-pemikirannya sosiologisnya antara lain dialektika, teori kelas sosial, determinisme ekonomi dan kritik masyarakat. Mark sangat terkenal dengan dialektika materialis dan dialektika historisnya karena bagi dia kekuatan yang mendorong manusia dalam sejarah adalah cara manusia berhubungan antara manusia yang satu dengan yang lainnya, yang abadi untuk merenggut kehidupan dari alam.
Munculnya kelas-kelas sosial dan hak milik atas alat-alat produksi disebabkan karena usaha manusia untuk mengamankan dan memperbaiki keadaan hidup. Usaha ini dilakukan dengan pembagian kerja yang semakin spesialis. Masyarakat terbagi menjadi dua, yakni kelas penguasa dan kelas pekerja. Pembagian yang semakin spesialis inilah yang akhirnya membuat perbedaan tajam antara hidup seseorang yang berada di kelas penguasa dan kelas bawah. Oleh karena itu Mark di dalam bukunya “the Communist Manifesto” berusaha mengubah faham kapitalus menjadi komunis menurut Karl Marx. Namun hal itu tidak semudah untuk merubah keadaan yang pada awalnya menganut paham kapitalis menjadi sebuah keadaan tanpa hak atas milik pribadi.
Oleh karena itu sangat menarik sekali untuk mengkaji tentang pemikiran Karl Marx, kami penulis akan mencoba mengulas mengenai bagaimana latar belakang timbulnya pemikiran Karl Marx, Biografi Karl Marx, serta pemikiran Karl Marx itu sendiri sehingga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita mengenai pemikiran salah satu ahli filsafat terbesar sepanjang zaman.

  1. Rumusan Masalah
Rumusal masalah makalah ini antara lain adalah :
1.      Bagaimanakah Biografi Karl Marx?
2.      Bagaimana Teori-teori pemikiran historis Karl Marx?
3.      Bagaimana pertumbuhan ekonmi menurut Karl Marx?
4.      Bagaimana Kritik terhadap Karl Marx?

  1. Tujuan
Tujuan dari pembahasan makalah ini antara lain adalah :
1.      Mengetahui bagaimana biografi Karl Marx.
2.      Mengetahui Teori-teori pemikiran Karl Marx.
3.      Mengetahui Pertumbuhan Ekonomi menurut Karl Marx.
4.      Mengetahui kritik terhadap Karl Marx.








BAB II
PEMBAHASAN

A.   Biografi Karl Marx










Karl Marx lahir di Trier, Prusia, 5 Mei 1818. Ayahnya seorang pengacara, menafkahi keluarganya dengan relatif baik, khas kehidupan kelas menengah. Orang tuanya adalah dari pendeta yahudi (rabbi). Tetapi, karena alasan bisnis ayahnya menjadi penganut ajaran Luther ketika Karl Marx masih sangat muda. Tahun 1841 Marx menerima gelar doktor filsafat dari Universitas Berlin, universitas yang sangat dipengaruhi oleh Hegel dan guru - guru muda penganut filsafat Hegel, tetapi berpikir kritis. Gelar doktor Marx didapat dari kajian filsafat yang membosankan, tetapi kajian itu mendahului berbagai gagasannya yang muncul kemudian.
Setelah tamat ia menjadi penulis untuk sebuah koran liberal radikal dan dalam tempo 10 bulan ia menjadi editor kepala koran itu. Tetapi karena pendirian politiknya, Koran itu kemudian ditutup pemerintah. Esai–esai awal yang diterbitkan dalam periode mulai mencerminkan sebuah pendirian yang membiumbing Marx  sepanjang hidupnya. Esai-esai tulisan Marx itu secara bebas di taburi prinsip-prinsip demokrasi , ia menolak keabstrakan filsafat hegelian, mimpi naïf komunis utopia dan gagasan aktivis yang  mendesak apa yang ia anggap sebagai tindakan politik prematur. Dalam menolak gagasan aktivis ini Marx meletakkan landasan bagi gagasan hidup sendiri.
Upaya praktis, bahkan dalam mengarahkan massa sekalipun, akan dijawab dengan meriam saat upaya itu dianggap berbahaya. Tetapi, gagasan yang dapat mengarahkan intelektual kita dan yang menaklukkan keyakinan kita, gagasan yang dapat membekukan kita, merupakan belenggu – belenggu di mana seorang hanya bisa lepas darinya dengan mengorbankan nyawanya, gagasan-gagasan itu seperti setan sehingga orang hanya dapat mengatasinya dengan menyerah kepada Marx (Marx, 1842/1977;20)
Marx menikah pada tahun 1843 dan tak lama kemudian ia terpaksa meninggalkan Jerman untuk dapat suasana yang lebih liberal di Paris. Di Paris ia bergulat dengan gagasan Hegel dan pendukungnya, tetapi ia juga menghadapi dua kumpulan gagasan baru – sosialisme Prancis dan politik Ekonomi Inggris. Dengan cara yang unik dia menggabungkan hegelian, sosialisme dan ekonomi politik yang kemudian menentukan orientasi intelektualnya. Hal yang sangat penting pula adalah pertemuannya dengan orang yang kemudian menjadi teman seumur hidupnya, donator dan kolabolatornya yakni Fredrich Engels  (Carver, 1983) Engels anak penguasa pabrik tekstil menjadi seorang sosialis yang mengkritik kondisi kehidupan yang di hadapi kelas buruh. Banyak diantara rasa kasihan Marx kesengsaraan kelas buruh berasal dari paparannya kepada Engels dan gagasannya sendiri. Tahun 1844 Marx dan Engels mengadakan diskusi panjang di sebuah Café terkenal di Paris dan meletakkan landasan kerja untuk bersahabat seumur hidup. Mengenai diskusi itu Engels berkata ”kesepakatan lengkap kami dalam semua bidang teori menjadi nyata…. dan perjanjian kerjasama kami mulai sejak itu” (McLellan, 1993:131) di tahun berikutnya Engels menerbitkan karya the condition Of  The Working Class in England.
Selama periode itu Marx menerbitkan sejumlah karya yang sangat sukar dipahami (kebanyakan belum diterbitkan semasa hidupnya) termasuk the Holy Family dan The German ideology (ditulis bersama Engels) dan ia pun menulis the economic and philosophic manuscripts 1844 yang menandakan perhatiannya terhadap bidang ekonomi main meningkat.
Meski Marx dan Engels mempunyai orientasi teoritis yang sama, namun ada juga beberapa perbedaan di antara mereka. Marx cenderung menjadi seorang intelektual teoritis yang kurang teratur dan sangat berorientasi kepada keluarga. Engels adalah pemikir praktis, rapi dan pengusaha teratur dan orang yang tak percaya pada lembaga keluarga. Meski mereka berbeda, Marx dan Engels menempa kerjasama yang akrab sehingga mereka berkolaborasi menulis buku dan artikel dan bekerjasama dalam organisasi radikal, dan bahkan Engels membantu membiayai Marx selama sisa hidupnya sehingga memungkinkan Marx mencurahkan perhatiannya pada kegiatan intelekual dan politiknya.
Meski ada asosiasi era tantara nama Marx dan Engels, namun Engels menjelaskan bahwa ia teman junior ; Marx mampu berkarya sangat baik tanpa aku. Aku tidak pernah mencapai prestasi seperti yang dicapai Marx. Pemahaman Marx lebih tinggi, pengalamannya lebih jauh dan pandangannya lebih luas serta cepat ketimbangaku. Marx adalah jenius (Engels, dikutip dalam Mc Lellan,1973;131-132).
Banyak yang percaya bahwa Engels gagal memahami berbagai seluk beluk Marx. Setelah Marx meninggal, Engels menjadi juru bicara utama bagi teori marxian dan dalam berbagai cara menyimpangkan dan terlalu menyerderhanakannya, meski ia tetap setia terhadap perspektif politik yang ia tempa bersama Marx. Karena beberapa tulisannya telah mengganggu pemerintahan prusia, pemerintah perancis ( atas permohonan prusia) mengusir Marx tahun 1845 dan karenanya Marx pindah ke Brussel.
Radikelismenya meningkat dan ia menjadi anggota aktif di bidang gerakan revolusioner internasional. Ia pun bergabung dengan liga komunis dan bersama Engels diminta menulis anggaran dasar liga itu, hasilnya adalah manifestor komunis 1848, sebuah karya besar yang ditandai oleh slogan-slogan politik yang termasyur (misalnyakaum buruh  seluruh dunia bersatulah’).
Tahun 1849 ia pindah ke London dan mengingat kegagalan revolusi politik tahun 1848, ia menarik diri dari aktivitas revolusioner dan beralih ke kegiatan riset yang lebih rinci tentang peran sistem kapitalis. Study ini akhirnya menghasilkan tiga jilid buku dan kapital. jilid pertama diterbitkan tahun 1867; kedua jilid yang lainnya diterbitkan sesudah ia meninggal. Selama riset dan menulis itu ia hidup dalam kemiskinan , membiayai hidupnya secara sederhana dari honorarium tulisannya dan bantuan dana dari Engels.
Tahun 1864 Marx terlibat kembali dalam kegiatan politik, bergabung dengan ‘The Internasional’,  sebuah gerakan buruh internasional. Ia segera menonjol dalam gerakan itu dan mencurahkan perhatian selama beberapa tahun untuk gerakan itu. Ia mulai mendapat popularitas, baik sebagai pimpinan internasional maupun sebagai penulis  deskapital. Perpecahan gerakan internasional tahun 1876, kegagalan dari berbagai gerakan revolusioner dan penyakit – penyakit, akhirnya membuat Marx  ambruk. Istrinya wafat tahun 1881 dan anak perempuannya tahun 1882 dan Marx sendiri wafat di tahun 1883.

  1. Teori Pemikiran Karl Marx
1.      Dialektika
Gagasan tentang filsafat dialektis telah ada selama berabad-abad(Gadamer,1989). Gagasan dasarnya adalah arti penting kontradiksi. Sementara kebanyakan filsuf, dan bahkan orang awam memperlakukan kontradiksi-kontradiksi sebagai kesalahan-kesalahan, filsafat dialektis percaya bahwa kontradiksi-kontradiksi eksis di dalam realitas  dan cara yang paling tepat untuk memahami realitas adalah dengan mempelajari perkembangan kontradiksi-kontradiksi tersebut.
Marx juga menerima arti penting kontradiksi-kontradiksi untuk perubahan historis. Kita dapat melihat hal ini di dalam rumusannya yang terkenal seperti “Kontradiksi Kapitalisme” dan “Kontradiksi Kelas”. Namun berbeda dengan Hegel, Marx tidak percaya bahwa kontradiksi-kontradiksi ini bisa dipecahkan di dalam pemahaman kita, yakni di dalam pikiran-pikiran kita. Bagi Marx kontradiksi-kontradiksi ini benar-benar ada dan tidak dapat di pecahkan ooleh filsuf yang hanya duduk di belakang meja tulisnya, melainkan oleh perjuangan  hidup dan mati demi mengubah dunia sosial.  Dialektika lebih membawa kita kepada minat untuk mengkaji konflik dan kontradiksi-kontradiksi yang terjadi di antara berbagaii level realitas sosial, ketimbang minat sosiologi tradisional terhadap level-level yang saling berhubungan secara teratur dengan suatu keseluruhan yang kohesif.

·            Metode Dialektis
Fokus Marx pada kontradiksi-kontradiksi yang benar-benar ada, membawa dia kepada suatu metode khusus untuk mempelajari fenomena sosial yang disebut dialektika(Ball,1991;Friedrichs, 1972; Ollman, 1976; Schneider, 1971)
a.          Fakta dan Nilai
Dalam analisis dialektis, nilai-nilai sosial tidak dapat dipisahkan dari fakta-fakta sosial. Kebanyakan sosiolog menganggap nilai-nilai mereka bisa dan bahkan harus dipisahkan dari studi mereka terhadap fakta-fakta dunia sosial, tetapi juga tidak diinginkan, karena hal itu akan menghasilkan suatu sikap ketidakberpihakan.
b.         Hubungan Timbal Balik
Metode analisis dialektis bukanlah hubungan sebab akibat sederhana dan satu arah antar bagian-bagian dunia sosial. Bagi pemikir dialektis, pengaruh-pengaruh sosial tidak pernah secara sederhana mengalir di satu arah sebagaimana yang diandaikan para pemikir-pemikir sebab akibat. Bagi dialektikawan, satu faktor dapat berpengaruh pada faktor lain, namun juga faktor lain ini juga akan berpengaruh pada faktor pertama. Jenis pemikiran ini bukan berarti bahwa dialektikawan tidak pernah mengakui adanya hubungan sebab akibat dalam dunia sosial. Ketika para pemikir dialektis berbicara tentang  kausalitas, bukan berarti mereka selalu melihat  faktor-faktor sosial berdasarkan hubungan timbal balik seperti yang mereka lakukan pada kehidupan sosial.
c.          Masa lalu,masa Sekarang, dan Masa Depan
Hubungan realitas kontemporer dengan fenomena-fenomena sosial masa lalu dan masa yang akan datang memiliki dua implikasi yang teroisah terhadap sosiologi dialektis. Pertama, bahwa sosiolog dialektis bergelut mempelajari akar-akar historis dunia kontemporer sebagaimana yang dilakukan oleh Marx (1857-58/1964) dalam studinya terhadap sumber-sumber kapitalis modern.  Kedua, banyak pemikir dialektis menyesuaiikan diri dengan tren sosial masa sekarang untuk memahami arah yang mungkin  bagi masyarakat di masa depan.
d.         Tidak Ada yang Tidak Dapat Dielakkan
Pandangan dialektis yang melihat adanya hubungan antara masa sekarang dengan masa yang akan datang bukan berarti masa datang ditentukan oleh masa sekarang. Terence Ball (1991) menggambarkan Marx sebagai seorang “yang meyakini kesempatan politis” ketimbang “kepastian sejarah”. Karena fenomena sosial selalu melahirkan aksi dan reaksi, maka dunia sosial tidak dapat dilukiskan lewat model yang sederhana dan deterministik. Masa yang akan datang mungkin didasarkan pada beberapa model yang ada saat ini, tetapi itu bukan berarti dia sudah pasti seperti yang digambarkan model itu.
e.          Aktor dan struktur
Para pemikir dialektis juga tertarik pada dinamika hubungan  aktor dan struktur sosial, termasuk Marx yang juga sudah mengetahui saling pengaruh yang terus terjadi antara level-level utama analisis sosial.Inti pemikiran Marx  berada pada hubungan antara manusia dan struktur-struktur  skala luas yang mereka ciptakan(Lefebvre, 1968:8). Metode dialektis mengakui keadaaan masa lalu, masa sekarang, dan masa yang akan datang, dan hal ini juga berlaku untuk aktor-aktor dan struktur-struktur.

2.      Sifat Dasar manusia
Marx membangun ana1isis kritisnya terhadap kontradiksi-kontradiksi masyarakat kapitais berdasarkan premis premisnya tentang sifat dasar manusia, hubungannya dengan pekerja, dan potensinya bagi alienasi dibawah kapitalisme. Marx percaya bagwa ada kontra diksi nyata antara sifat dasar kita dan cara kita bekerja dalam masyarakat kapitalis.
Marx (1964:64) menulis di dalam karyanya awalnya bahwa manusia merupakan suatu “ansambel relasi relasi social”. Dengan ini dia ingin mengatakan bahwa sifat dasar kita jalin menjalin dengan relasi relasi social kita yang khusus dan konteks institusional kita. Oleh karena itu, sifat dasae manusia bukan merupakan suatu yang statis, akan tetapi berbeda beda sesuai latar historis dan social. Untuk memahami sifat dasar manusia kita harus memahami sejarah social karena dia dibentuk oleh kontradiksi kontradiksi dialektis yang sama yang diyakini marx sebagai pembentuk sejarah masyarakat.
Bagi marx, konsepsi tentang sifat dasar manusia yang tidak memperhitungkan factor factor social dan sejarah adalah salah, akan tetapi melibatkan factor factor itu juga tidak sama dengan tindak menggunakan konsepsi tentang sifat dasar manusia sama sekali. Malahan factor factor itu hanya memperumit dan memperdalam konsepsi tersebut. Bagi marx,  adasuatu sifat dasar manusia pada umumnya, akan tetapi yang tidak penting adalah sifat dasar tersebut dimodifikasi pada masing masingtahapsejarah” (marx, 1842/ 1977: 609). Ketika bicara tentang dasar umum kita, marx sering menggunakan istilah species being. Yang dia maksud adalah potensi-potensi dan kekuatan kekuatan yang unik yang membedakan kita dari spesies yang lain.
Louis althusser (1969: 229), berpendapat bahwa marx dewasa tidak meyakini adanya sifat dasar manusia apa pun. Tentu saja ada alasan untuk menganggap sifat dasar manusia tidak penting bagi seseorang yang tertarik mengubah masyarakat. Ide-ide tentang sifat dasar manusia- seperti ketamakan, kecenderungan pada kekerasan, perbedaan gender “alamiah” kita - sering  digunakan untuk menentang perubahan social apapun. Konsepsi konsepsi sifat dasar manusia itu konservatif. Jika probem-problem kita disebabkan oleh sifat dasar kita, maka kita lebih baik belajar untuk membiasakan diri mencoba mengubah segala sesuatu.
Meskipun demikian, jelas sekali bahwa marx memiliki konsep sifat dasar manusia (geras,  1983). Bahkan, kurang masuk akal untuk mengatakan bahwa sifat dasar manusia tidak ada. Sekalipun kita seperti kotak kapur kososng, kotaak kapur tersebut mesti terbuat dari sesuatu, dan mesti memiliki sifat, seperti bahwa tanda tanda kapur bisa tampak pada kotak kapur tersebut. Pernyataan yang sebenarnya bukanlah apakah kita memiliki sifat dasar, melainkan sifat semacam apa yang kita miliki tak berubah atau terbuka terhadap proses-proses historis.
·            Kerja
Kerja adalah, pertama dan utama sekali, suatu proses dimana manusia dan alam sama sama terlibat, dan dimana manusia dengan persetujuan dirinya sendiri sama sama terlibat, dan dimana manusia dengan persetujuan dirinya sendiri memulai, mengatur, dan mengontrol aksi reaksi material antara dirinya dan alam… dengan bertindak terhadap dunia eksternal dan mengubahnya, manusia pada saat yang bersamaan mengubah sifat dasar dirinya. Diaa mengembangkan kekuatan kekuatan yang tidak aktif dan memaksanya untuk bertindak patuh terhadao kekuasaan.. kita mengendalikan kerja dalam suatu bentuk yang hanya diperuntukan khusus buat manusia. Seekor laba laba membuat sarang bagaikan seorang penenun dan bahkan seekor tawon maupun membuat malu seorang arsitek karena sarang yang dibuatnyaa. Namun, inilah yang membedakan arsitek terburuk dengan tawon terbaik, bahwa si arsitek sudah membayangkan struktur bangunan yang akan dibuatnya di dalam imajinasi sebelummembangunnya di dalam kenyataan. Di akhir setiap proses kerja, kita memperoleh hasil yang sebelumnya sudah ada di dalam imajinasi para pekerja. Dia tidak akan mengubah bentuk material bahan yang diolah, tetapi juga berhasil sampai pada satu tujuan. (marx, 1867/1967: 177-17)
Dalam kutipan diatas kita melihat bagian bagian penting pandangan marx tentanng hubungan antara kerja dan sifat dasar manusia. pertama, yang membedakan kita dengan binatanng yang lain spesies kita sebagai manusia adala bahwa kerja kita mewujudkan suatu hal di dalam realitas yang sebelumnya hanya ada di dalamimajinasi. Produksi kita merefleksikan tuujuan kita. Marx menyebutproses dimana kita menciptakan obyek-obyek eksternal di luarpikiran internal kita dengan obyktifitasi. Kedua, kerja ini bersifat material. Ia bekerja dengan alam material untuk memenuhi kebutuhan kebutuhan material kita. Ketiga, dan terakhir, marx mempercayai bahwa kerja ini tidak hanya mengubah alam, tetapi juga mengubah kita termasuk kebutuhan, kesadaran, dan sifat dasar kita. Kerja, oleh karena itu, pada saat yang sama merupakan (1) obyektivikasi tujuan kita,(2) pembentukan suatu relasi yang esensial antara kebutuhan manusia dengan obyek obyek material kebutuhan kita, dan (3) transformasi sifat dasar kita.
Penggunaan istilah kerja oleh marx tidak dibatasi untuk aktifitas ekonomi belaka, meainkan mencangkup seluruh tindakan tindakan produktif dimana kita mengubah dan mengolah alam material untuk tujuan kita. Apapun yang diciptakan melalui aktifitas bertujuan bebas ini merupakan suatu eksprresi dan transformasi hakikat kemanusiaan kita . karya seni merupakan obyektifitas seniman.namun, benar juga bahwa proses penciptaan kkarya seni mengubah seniman. Melalui proses produksi seni ide ide seniman tenntanng seni berubah atau seniman mungkin menjadi sadar akan sebuahvisi baru yang membutuhkan obyektivitas selanjutnya.
Kerja bahkan kerja artistic,merupakan respon terhadap kebutuhan, dan transformasi yang di bawa kerja itu juga mentransformasikan kebutuhan kita. Pemenuhan kebutuhan bisa membawa kita padapenciptaan kebutuhan baru (marx dan engels, 1845-46/1970:43). Misalnya sajamobil memenuhi kebutuhan transportasi, walaupun pada awalnya  sebagian orang menganggap dahulu membutuhkan mobil, tapi sekarang kebanyakan orang membutuhkanya. Kita bekerja sebagai respons terhadap kebutuhan kita, akan tetapi kerja itu sendiri mentransformasikan kebutuhan kebutuhan kita, yang bisa membawa kita kepada bentuk bentuk aktifitas produktif baru, menurut marx, transformasi kebutuhan kebutuhan kita melalui kerja inilah yang menjadi mesin sejarah manusia.
tidak hanya syarat syarat obyektif yang berubah di dalam tindakan produksi…tetapi para produserpun berubah, mereka menghasilkan kualitas kualitas baru di dalam diri mereka sendiri, mengembangkan diri mereka di dalam produksi,mentransformasikan,mengembangkan kekuatan, kekuatan, ide-ide, berbagai bentuk hubungan kebutuhan-kebutuhan dan bahasa baru. Marx, 1857-58/1974:494)
3.      Pandangan Materialisme Historis Karl Marx
Pandangan materialisme historis adalah pandangan tentang faktor-faktor yang menentukan perkembangan sejarah. Pandangan materialisme historis menurut Marx, “Materialisme” dalam Marx berarti bahwa kegiatan dasar manusia adalah kerja sosial. Di sini dia menerima pengandaian Feurbach bahwa kenyataan akhir adalah obyek indrawi, dan dalam Marx objek indrawi itu harus dipahami sebagai kerja atau produksi. Istilah “Sejarah” mengacu pada Hegel yang pengandaian-pengandaiannya tentang sejarah diterima oleh Marx. Tetapi, sejarah di sini bukan menyangkut perwujudan dari Roh, melainkan perjuangan kelas-kelas untuk mewujudkan dirinya mencapai kebebasan/emansipasi.
Hukum dasar perkembangan masyarakat ialah bahwa produksi kebutuhan-kebutuhan material manusia menentukan bentuk masyarakat dan pengembangannya. Fakta sederhana itu ialah bahwa manusia pertama-tama harus makan, minum, bertempat tinggal, dan berpakaian. Setelah itu baru mereka melakukan kegiatan politik, ilmu pengetahuan, seni, agama, dan seterusnya. Jadi, produksi nafkah hidup material bersifat langsung. Dengan demikian tingkat perkembangan ekonomis sebuah masyarakat atau jaman menjadi dasar dari bentuk-bentuk kenegaraan, pandangan-pandangan hukum, seni, dan bahkan perkembangan pandangan-pandangan religius orang-orang yang bersangkutan.
Keadaan sosial menyangkut produksi masyarakat, pekerjaan masyarakat. Manusia ditentukan oleh produksi mereka: apa yang mereka produksi dan cara mereka berproduksi. Pandangan ini disebut materialis. Disebut materialis karena sejarah manusia dianggap ditentukan oleh syarat-syarat produksi material. Jadi Marx memakai kata materialisme bukan dalam arti filosofis, yakni sebagai pandangan/kepercayaan bahwa seluruh realitas adalah materi, melainkan ia ingin menunjuk pada faktor-faktor yang menentukan sejarah. Faktor-faktor tersebut bukanlah pikiran melainkan keadaan material manusia dan keadaan material adalah produksi kebutuhan material manusia. Cara manusia menghasilkan apa yang dibutuhkan untuk hidup itulah yang disebut keadaan manusia dan cara ia bekerja. Jadi, untuk memahami sejarah dan arah perubahannya, manusia tidak perlu memperhatikan apa yang dipikirkan oleh manusia, melainkan bagaimana ia bekerja dan bagaimana ia berproduksi. Sejarah tidak ditentukan oleh pikiran manusia, melainkan oleh cara ia menjalankan produksinya. Maka, perubahan masyarakat tidak dapat dihasilkan oleh perubahan pikiran, melainkan oleh perubahan dalam cara produksi.
Menurut Doyle Pual Johnson dalam bukunya Teori Sosiologi Klasik dan Modern konsep materialis Marx yang diterapkan pada perubahan sejarah untuk pertama kalinya dijelaskannya dalam The German Ideology, disusun bersama Engels. Tema pokok dalam karya ini adalah bahwa perubahan-perubahan dalam bentuk-bentuk kesadaran, ideologi-ideologi, atau asumsi-asumsi filosofis mencerminkan, bukan menyebabkan perubahan-perubahan dalam kehidupan sosial dan materil manusia.
Manusia masuk dalam hubungan-hubungan sosial dengan orang lain dalam usaha mencoba memenuhi kebutuhan-kebutuhan dasarnya (makan, minum, pakaian, tempat tinggal, dan seterusnya). Hubungan-hubungan produksi yang pokok ini menimbulkan pembagian kerja. Sangat erat hubungannya dengan pembagian kerja itu adalah munculnya hubungan-hubungan pemilikan yang mencakup pemilikan dan penguasaan yang berbeda-beda atas sumber-sumber pokok dan berbagai alat produksi. Pemilikan dan penguasaan yang berbeda-beda atas barang milik ini merupakan dasar yang asasi untuk munculnya kelas-kelas sosial.

4.      Struktur – Struktur Masyarakat Kapitalis
Di Eropa pada zaman Marx, industrialisasi sedang meningkat. Orang dipaksa meninggalkan pertanian dan ketrampilan tangan dan bekerja di pabrik – pabrik dengan kondisi – kondisinya yang seringkali sangat keras. Pada 1840-an, ketika Mark sedang memasuki periode yang paling produktifnya, Eropa sedang mengalami krisis sosial yang tersebar luas (Seigel, 1978 : 106).
Kapitalisme adalah suatu sistem ekonomi dengan sejumlah besar pekerja yang menghasilkan sedikit komoditi demi keuntungan sejumlah kecil kapitalis yang memiliki segala hal berikut ini : komoditi, alat-alat produksi komoditi, dan waktu kerja kaum pekerja, yang dibeli melalui upah (H.Wolf,005b). Salah satu dari wawasan sentral Marx ialah bahwa kapitalisme jauh lebih dari sekedar sistem ekonomi.
                                a.          Komoditas
Dasar dari semua karya Marx mengenai struktur sosial, dan letak keterikatannya yang paling jelas dengan panangan-pandangannya mengnai potensi manusia, adalah di dalam analisisnya mengenai komoditas atau produk-produk pekerjaan yang terutama dimaksudkan untuk pertukaran. Seperti dinyatakan Georg Lukacs (1922/1968 : 83). “Masalah komoditas adalah masalah struktural yang sentral bagi masyarakat kapitalis.”
                                b.          Pemberhalaan Komoditas
Komoditas adalah produk-produk pekerjaan manusia, tetapi komoditas bisa jadi terpisah dari kebutuhan-kebutuhan dan maksud-maksud para penciptanya. Didalam kapitalisme yang berkemang sepenuhnya, kepercayaan seperti itu menjadi realitas ketika objek-objek dan pasar-pasarnya bener-bener menjadi fenomena nyata yang independen. Komoditas menerima realitas eksternal indepenen yang nyaris mistis (Mark,1867/1967 : 35). Marx menyebutkan proses itu sebagai pemberhalaan komoditas (fitishism of comodity) (Dant, 1996; Sherlok, 1997).
                                 c.          Modal, Kaum Kapitalis, dan Kaum Proletariat
Marx menemukan inti masyarakat di dalam komoditas. Masyarakat yang didominasi oleh benda-benda dengan nilai utamanya adalah pertukaran mnghasilkan kategori-kategori manusia terentu. Dua tipe utama yang di perhatikan Marx adalah kaum proletariat dan kapitalis. Mari kita mulai dengan kaum proletariat.
Para pekerja yang menjual tnaga krja mereka dan tidak memiliki alat-alat produksi sendiri adalah anggota kaum poletariat. Mereka tidak memiliki pralatan sendiri atau pabrik-pabrik. Marx (1867/1967: 714-715). Peraya bahwa kaum poletariat pada akhirnya kehilangan kahliannya sendiri ketika mereka semakin melayani mesin-mesin yang sudah menggantikan keahlian mereka. Kaum poletariat bergantung sepenuhnya pada upahnya. Hal itu membuat kaum poltariat tergantung kepada orang-orang yang membayar upah. Orang-orang yang membayar upah adalah kaum kapitalis. Kaum kapitalis adalah orang-orang yang memiliki alat-alat produksi. Di dalam suatu sirkulasi kapitalis komoditas (M,-C-M) tujuan utama ialah menghasilkan uang yang lebih banyak. Komoditas-komoditas di beli untuk menghasilkan keuntungan, tidak harus untuk penggunaan.
                                d.          Konflik Kelas
Kelas, bagi Marx, selalu ddidefinisikan dari segi potensinya untuk konflik. Para individu membentuk kelas sejauh mereka berada dalam konflik bersama dengan orang-orang lain mengenai nilai surplus. Di dalam kapitalisme ada konflik kepentingan yang mendasar di antara orang-orang yang membayar buruh upahan dan orang-orang yang bekerja diubah menjadi nilai surplus. Konflik alami itulah yang menghasilkan kelas-kelas (Ollmann,1976).
Bagi Marx, suatu baru ada bila orang-orang menjadi sadar atas hubungan mereka yang berkonflik dengan kelas-kelas lainnya. Tanpa kesadaran itu mereka hanya membentuk apa yang oleh Marx disebut suatu kelas dalam dirinya sendiri.
Didalam kapitalise, analisis Mark menemukan dua kelas utama: borjuis dan proletariat. Borjuis adalah nama yang di berikan Mark untuk kaum kapitalis di dalam ekonomi modern. Kaum borjuis memiliki alat-alat produksi dan kaum poletariat adalah contoh lain kontradiksi material yang nyata.
                                 e.          Kapitalisme Sebagai Hal Yang Baik
Mark, melihat kapitalism terutama sebagai hal yang baik. Marx tiak ingin kembali kenilai-nilai tradisional prakapitalisme. Generasi-generasi masalampau benar-benar dieksploitasi; perbedaannya hanyalah eksploitasi lama tidak terselubung di balik uatu sistem ekonomi. Kelahiran kapitalisme membuka kemungkinan-kemungkinan baru untuk kebebasan para pekerja. Meskipun ada eksploitasi, sistem kapitalis memberikan kemungkinan untuk kebebasan dari tradisi-tradisi yang mengikat masyarakat sebelumnya. Meskipun para pekerja belum benar-benar bebas sepenuhnya. Marx percaya bahwa kapitalisme adalah akar yang menyebabkan ciri-ciri penentuan zaman modern. Perubahan terus menerus modernitas dan kecondongannya untuk menentang segala tradisi yang di terima di dorong oleh kompetisi yang tidak dapat dipisahkan dalam kapitalisme.
5.      Ciri-ciri Ekonomi Kapitalis
Ekonomi kapitalis berjalan menurut serangkaian karakteristik yang khas. Di antaranya akan kita sebutkan di bawah ini:
1.         Pada dasarnya, produksi terdiri dariproduksi kooditi yaitu, produksi yang bertujuan untuk di jual di pasar. Jika komoditi yang di produksi tidak terjual di atas harga yang ada, perusahaan kapitalis dan borjuis secara keseluruhan tidak akan mendapat keuntungan atau nilai lebih dari  pekerja.
2.         Produksi di jalankandalam kondisi di mana alat produksi dimiliki secara pribadi. Kepemilikan pribadi ini bukanlah kategori legal, tetapi pada intinya adalah kategori ekonomi. Hal tersebut berarti bahwa kekuasaan untuk mengatur tenaga produktif (alat produksi dan alat kerja) bukan milik kolektif, melainkan terbagi-bagi antara perusahaan-perusahaan yang di kontrol oleh kelompok-kelompok dan kelompok-kelompok finansial).
3.         Produksi di jalankan untuk sebuah pasar yang tidak terbatas. Produksi di atur oleh printah kompetisi. Semenjak produksi tidak di batasi oleh kebiasaan (seperti dalam komunitas priitif), atau oleh hukum dan peraturan (seperti dalam perusahaan Abad Pertengahan), setiap individu kapitalis (setiap pemilik pribadi, tiap perusahaan atau kelompok kapitalis) berusaha untuk mendapatkan keuntungan terbesar, untuk mendapat bagian terbesar dari pasar.
4.         Tujuan prodksi kapitalis adalah memaksimalkan keuntungan. Kelas pemilik para kapitalis hidup dari produk surplus sosial,uumnya mengkonsumsi dalam cara yang tidak produktif. Kelas kapitalis juga mengkonsumsi secara tidak produktif sebagian dari surplus sosial, sebagian dari keuntungan yang di dapatkanya. Jalan yang paling efisien  menurunkan biaya produksi (harga biaya) adalah, untuk meperbesar basis produksi dengan kata lain, untuk memproduksi lebih, dengan bantuan mesin-mesin yang makin cangih. Tetapi hal tersebut membutuhkan jumlah kapitalis yang besar. Karenanya, di bawah cambukan kompetisi, kapitalisme di wajibkan untuk mencari maksimalisasi keuntungan, agar mengembangkan investasi produktif hinggga maksimal.
5.         Karena itu, produksi kapitalis muncul menjadi produk yang tidak hanya untuk memperoleh keuntungan tetepi juga untuk akumulasi kapital. Sesungguhnya  logika kapitalisme membutuhkan sebagian besar nilai lebih yang di akumulasikan secara produktif (di rubah menjadi kapital tambahan, dalam bentuk mesin-mesin dan bahan-bahan baku tambahan, dan pekerja tambahan) dan di konsumsi secara tidak produktif.
Produksi yang bertujuan untuk akumulasi kapital ternyata menuju pada hasil yang kontradiktif. Di satu sisi, meningkatnya perkembangan mekanisasi mengakibatkan perluasan tenaga produktif dan kenaikan dalam produktivitas kerja, menciptakan dasar material bagi pembebasan umat manusia dari kebutuhan “bekerja banting tulang”. Itulah fungsi sejarah progresif dari kapitalisme.
·         Berjalannya Ekonomi Kapitalis
Dalam rangka mendapatkankeuntungan maksimum dan mengembangkan akumulasi kapital sebesar mungkin, kapitalis di paksa mengurangi hingga minimum bagian nilai baru yang di hasilkan oleh tenaga kerja yang di kembalikan kepadanya dalam bentuk upah. Nilai baru ini, “nilai yang di tambahkan”  atau ”pendapatan nasional”, pada dasarnya di tentukan dariproses produktif itu sendiri,terlepas dari faktor apapun dalam sisi distribusi.
Dua cara esensial dimana kapitalis mencoba untuk meningkatkan bagian mereka yaitu, nilai lebih adalah:
1.      Menambah jam kerja tanpa meningkatkan upah harian (yang terjadi sejak Abad Keenambelas sampai Abad Kesembilanbelas di Barat, dan masih berlangsung hingga hari ini di berbagai negeri-negeri kolonial dan semi-kolonial), pengurangan upah riil, penurunan “kebutuhan hidup minimum”. Ini yang di sebut oleh marx dengan pertumbuhan dalam nilai lebih absolut.
2.      Peningkatan produktifitas kerja dalam bidang barang-barang konsumen (ini mendominasi di barat dari paruh dua abad Kesembilan belas hingga sekarang). Setelah kenaikan produktivitas kerja dalam industri barang-barang konsumen dan pertanian, rata-rata pekerja industri menghasilkan nilai barang yang sudah di tentukan jumlahnya selama katakan saja tiga jam kerja yang sebelumnya lima jam.
Setiap kapitalis mencoba mendapatkan keuntungan maksimum. Tapi untuk mendapatkanya, mereka harus berusaha untuk meningkatkan produksi secara maksimum, dan tanpa henti menurunkan harga biaya dan eceran (diekspresikan dalam unit moneter stabil). Karena hal itu, kompetisi beroprasi sebagai proses selektif di antara perusahaan kapitalis dengan syarat-syarat yang sedang. Hanya yang paling produktif dan paling aktif bertahan hidup. Mereka yang menjual terlalu mahal tidak akan mendapat keuntungan sama sekali.
·         Kapital, Kapitalis dan Ploretariat
Marx menemukan inti masyarakat kapitalis didalam komoditas.  Suatu masyarakat didominasi oleh objek-objek yang nilai utamanya adalah pertukaran yang memproduksi kategori-kategori masyarakat tertentu.  Dua tipe utama yang menjadi perhatian Marx adalah proleariat dan kapitalis.
Proletariat adalah para pekerja yang menjual kerja mereka dan tidak memiliki alat-aat produksi sendiri.  Mereka tidak memilik sarana-sarana sendiri dan pabrik-pabrik sendiri,  tetapi marx percaya bahwa ploretariat bahkan akan kehilangan keterampilan mereka seiring dengan meningkatnya mesin-mesin yang mengantikan mereka. Karena  proletariat hanya memproduksi demi pertukaran, maka mereka juga konsumen.  Karena mereka tidak memiliki sarana-sarana untuk memproduksi sarana-sarana untuk memproduksi kebutuhan-kebutuhan mereka sendiri, maka mereka harus menggunakan upah yang mereka peroleh untuk membeli apa yang mereka butuhkan.  Maka dari itu proletariat tergantung sepenuhnya pada upahnya untuk bertahan hidup.  Hal inilah yang membuat proletariat tergantung pada orang yang memberi upah.
Orang yang memberi upah adalah kapitalis, jelas adalah kapialis adalah orang-orang yang memiliki alat produksi.  Kapital adalah uang yang menghasilkan lebih banyak uang.  Dengan kata lain, kapital lebih merupakan uang yang di investasikan ketimbang uang yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan dan keingginan manusia.
Jadi kapitalisme adalah uang yang menghasilkan lebih banyak uang,  namun Marx mengungkapkan kepada kita bahwa kapital bukan hanya itu : kapital juga merupakan sebuah resolusi sosial tertentu.  dengan kata lain uang hanya akan menjadi kapital, karena adanya relasi sosial antara proletariat yang bekerja dan harus membeli produk dengan orang yang menginvestasikan upahnya. Kapitalis kapital untuk memperoleh keuntunagan terlihat sebagai kekuatan yang di bantu oleh alam- suatu kekuatan produktif imanen didalam kapital.
·         Akhir dari Kapitalisme
Marx sering dijuluki sebagai bapak dari komunisme yang berasal dari kaum terpelajar dan politikus. Ia memperdebatkan bahwa analisis tentang kapitalisme miliknya membuktikan bahwa kontradiksi dari kapitalisme akan berakhir dan memberikan jalan untuk komunisme.
Di lain tangan, Marx menulis bahwa kapitalisme akan berakhir karena aksi yang terorganisasi dari kelas kerja internasional.“Komunisme untuk kita bukanlah hubungan yang diciptakan oleh negara, tetapi merupakan cara ideal untuk keadaan negara pada saat ini. Hasil dari pergerakan ini kita yang akan mengatur dirinya sendiri secara otomatis. Komunisme adalah pergerakan yang akan menghilangkan keadaan yang ada pada saat ini. Dan hasil dari pergerakan ini menciptakan hasil dari yang lingkungan yang ada dari saat ini. – Ideologi Jerman-
Hubungan antara Marx dan Marxism adalah titik kontroversi. Marxism tetap berpengaruh dan kontroversial dalam bidang akademi dan politik sampai saat ini. Dalam bukunya Marx, Das Kapital (2006), penulis biografi Francis Wheen mengulangi penelitian David McLellan yang menyatakan bahwa sejak Marxisme tidak berhasil di Barat, hal tersebut tidak menjadikan Marxisme sebagai ideologi formal, namun hal tersebut tidak dihalangi oleh kontrol pemerintah untuk dipelajari.
·         Eksploitasi
Bagi Marx, ekploitasi dan dominasi lebih dari sekedar distribusi kesejahteraan dan kekuasaan yang tidak seimbang.  Ekspliotasi merupakan suatu bagianpenting dari ekonomi kapitalis.  Tentu saja masyarakat memiliki sejarah eksploitasi, tetapi yang unik dalam kapitalisme adalah bahwa eksploitasi dilakukan oleh sistem ekonomi yang impersonal dan “objekti”.  Kemudian paksaan jarang dianggap sebagai kekerasan, malah menjadi kebutuhan pekerja itu sendiri,  yang biasaterpenuhi hanya melaui upah, secara ironis Marx menggabarkan kebebasan upah kerja ini.
Untuk menggubah uangnya menjadi kapital ....pemilik uang harus bertemu di dalam pasar dengan buru-buruh bebas, bebas dalam dua pengrtian, dari satu sisi sebagai seseorang yang bebas dia bisa mengatur tenaganya sebagai komoditasnya sendiri,  dan disisi lain sebagai seseorang yang tidak memiliki komoditas lain untuk dijual,  dia kekurangan segala sesuatu yang penting untuk merealisasikan tenaganya.
Para pekerja menjadi”buruh- buruh yang bebas”, membuat kontrak-kontrak bebas dengan para kapitalis.  Namun , Marx percaya bahwa para pekerja tidak lagi mampu memproduksi demi kebutuhan mereka sendiri.  Hal ini benar khususnyakarena biasanya kapitalisme menciptakan apa yang disebut Marx sebagai”tentara cadangan” dari pengagguran yang mau melakukanya.  Inilah misalnya yang ditemukan Barbara Ehrenreich sebagai tujuan iklan lowongan kerja berupah yang rendah.
Kapitalisme membayar para pekerja kurang dari nilai yang mereka hasilkan dan meraup keuntungan untuk diri mereka sendiri. Hal ini membawa kita pada konsep sentral tentang nilai-nilai suplus.  Nilai surplus di didefinisikan sebagai perbedaan antara nilai produksi ketika dijual dan nilai elemen-elemen yang digunakan untuk membuat poduk tersebut (termasuk kerja para pekerja).  Kaptalisme biasanya menggunakan keuntungan ini untuk konsumsi pribadi, akan tetapi hal tersebut belum mengakibatkan ekspansi kapitalisme.  Kapitalis melebarkan perusahaa mereka dengan menggubah nilai-surplus itu menjadi modal yang akan menghasilkan nilai-nilai surplus yang lebih banyak. Marx memberiakan sebuah ibarat, tentang hal ini” kapitalisme merupakan kerja mati, seperi vampir, yang hiup dengan menhisap kehidupan kerja, dan makan dia hidup, makin banyak kerja yang dihisapnya”
Marx menggemukakan poin penting lainya tentang kapital” kapital eksis dan hanya bisa eksis sebagai kapital-kapital.  Maksudnya disini adalah bahwa kapitalisme selalu di dorong oleh kompetisi yang tiada henti. Kapitalisme mungkin terlihat terkontrol, meskipun mereka didorong oleh kompetisi yang konstan antara kapital-kapial. Kapital dipaksa untuk memperoleh  lebih banyak keuntungan demi mengakumulasikan dan menginvestasikan lebih banyak kapital. “ begitulah, kapitalis sama dengan si kikir dalam sebuah hal yang absolut, yakni memperkaya diri sendiri. Namun yang terlihat pada si kikir sebagai kegilaan individu, maka dalam kapitlis terlihat terliha sebagai efek dari mekanisme sosial yan roda penggeraknya adalah dirinya sendiri.
Keinginan untuk memperoleh lebih banyak keuntungan dan lebih banyak nilai surplus untuk ekspansi, mendorong kapitalisme pada apa yang disebut Marx denagan hukum-hukum akumulasi kapital. Kapitalis berusaha mengesploitasi pekerja semaksimal mungkin:  tertendensi konstan kapitalis adalah untuk memaksaonkos kerja kembali..ke angka Nol”.  Marx berpendapat bahwa struktur dan etos kapitalisme mendorong kapitalis dalam mengarahkan akumulasi pada penumpukan kapital yang lebih banyak lagi.  Unutk melakukan hal ini, berdasarkan pandangan Marx bahwa kerja merupakan sumber nilai, kapitalis digiring untuk meningkatkan eksploitasi terhadap proletariat. Inilah yang mendorong terjadinya konflik kelas.
·         Agama
Marx juga melihat agama sebagai sebuah ideologi.  Dia merujuk pada agama sebagai candu masyarakat.  Marx percaya bahwa agama, seperti halnya ideologi, merefleksikan suatu kebenaran, namun terbalik.  Karena orang-orang tidak bisa melihat bahwa kesukaran dan ketertindasan mereka diciptakan oleh sistem kapitalis, maka mereka diberikan suatu bentuk agama.  Marx dengan jelas menyatakan bahwa dia tidak menolak agama, pada hakikatnya, melainkan menolak suatu sistem yang mengandung ilusi-ilusi agama. Bentuk keagamaan ini mudah di kacaukan dan oleh karena itu selalu berkemungkinan untuk menjadi dasar suatu gerakan revolusioner.  Kita juga melihat bahwa gerakan-gerakan keagamaan sering berada garda depan dalam melawan kapitalisme(lihat,misalnya, teologis pembebasan)
·         Komunisme dan Sosialisme
Istilah sosialisme selalu identik dengan sosok Karl Marx. Padahal pemikiran tentang sosialisme terlampau jauh berkembang sejak abad ke V – sebelum Marx mulai memikirkan recolusi proletariat. Pemikiran Marx sendiri tentang sosialisme sebenarnya sudah termaktub dalam beberapa karya dan budaya Yunani kuno – meskipun terbatas pada objek dari sosialisme itu sendiri. sosialisme untuk semua digagas oleh Jambulos dan Euhemeros. Jambulos mendeskripsikan sebuah ‘negara matahari’ dimana segala-galanya – termasuk para isteri – dimiliki bersama.
Kata ‘sosialisme’ sendiri mucul di Prancis sekitar tahun 1830, begitu juga ‘komunisme’. Kedua kata ini pada awalnya memiliki makna yang selaras, namun ‘komunisme’ segera dipakai oleh golongan sosialis radikal, yang menuntut penghapusan total hak milik pribadi dan kesamaan konsumsi serta mengharapkan keadaan komunis itu dari kebaikan pemerintah, melainkan semata-mata dari perjuangan kaum terhisap sendiri (Frans. 2003:14). Sosialisme pada abad pertengahan memiliki motif-motif yang erat dengan nilai-nilai religius tertentu, yaitu Kristen. Terutama dalam pertimbanhan tentang penyambutan Kerajaan Allah, Orang harus bebas dari keterikatan.
Sedangkan memasuki zaman pencerahan, perkembangan paham sosialisme tidak mampu berkembang pesat. Hal ini disebabkan dominasi golongan borjuasi yang menuntut kebebasan politik supaya dapat bebas berusaha dan berdagang untuk kepentingan milik pribadi – sebesar dan sebebas mungkin. Sejak bergulirnya Revolusi Prancis (1789-1795), sosialisme memasuki era modern dalam perkembangannya. Keyakinan dasar para pemimpin sosialis modern adalah, secara prinsipil produk pekerjaan merupakan milik si pekerja. Milik bersama dianggap tuntutan akal budi. Mereka meyakini bahwa masyarakat akan berjalan jauh lebih baik kalau tidak berdasarkan milik pribadi.
Sejalan dengan perkembangan sosialisme, paham komunisme sebagai ‘sosialisme radikal’ pun berkembang mengiringi perkembangan induknya. Sejarah perkembangan kedua pemikiran ini – sampai saat ini – seolah mengerucut pada pergolakan yang terjadi di belahan Eropa, khusunya Uni Soviet – sekarang Rusia. Diantara tokoh-tokoh yang memiliki dominasi penuh atas kedua pemikiran ini adalah Karl Marx, Engels, Stalin, dan George Lukaes. Oleh karena itu, untuk memahami perkembangan pemikiran sosialis dan komunis, penulis menitik beratkan kajian pada perkembangan pemikiran Marx, Engels, dan Stalin. Sedangkan untuk memperkuat pengaruh pemikiran sosialisme dan komunisme modern, tulisan George Lukaes yang berjudul History and Class Conciousness (1923) tentunya tidak dapat ditinggalkan.
·         Sosialisme-nya Marx
Pandangan Marx tentang sosialisme bertentanngan dengan konsepsi-konsepsi sosialisme yang diciptakan Fourier dan Owen – yang menciptakan ‘dunia baru’ dimana setiap orang hidup bahagia. Marx berasumsi bahwa konsepsi tersebuat hanya angan-angan belaka, karena tidak menunjukkan jalan bagaimana mencapainya. Semua itu utopia, kata Marx, hanya impian belaka. Disisi lain, Marx sendiri selalu menolak member gambaran sosialisme. Menurutnya, sosialisme – ilmiah – tidak dapat “membuat resep bagi dapur umum dimasa datang”.
Sementara itu, untuk membedakan ajaran dari gagasan sosialisme utopis, Marx menyusun suatu teori sosial yang menurutnya didasari hokum-hukum ilmiah dan karena itu pasti terlaksana. Marx meyakini adanya ‘hukum-hukum gerak’ dalam masyarakat yang dijalankan dengan prinsip ‘kebutuhan yang mutlak’ didasarkan pada penjelasan naïf dari kemajuan ilmu pengetahuan alam (Elster. 2000:31). Pertimbangan moral, menurut Marx, bukanlah dasar bagi sosialisme. Penilaian bahwa kapitalisme itu jahat dan sosialisme itu baik tidak berlaku mutlak, melainkan jika syarat-syarat objektif pengahpusan hak milik pribadi atas sesuatu itu terpenuhi. Hal ini berarti klaim Marx terhadap sosialisme-nya yang bersifat ilmiah bisa diterima, karena berdasarkan pengetahuan hukum-hukum objektif perkembangan masyarakat – yang kemudian tersohor dengan istilah ‘Pandangan Materialis Sejarah’ (Frans. 2003:137).
Sosialisme yang akan datang menggantikan kapitalisme adalah buah dari pada perkembangan masyarakat dalam sejarah dibawah pengaruh hokum dialektik. Menurut Marx, menggunakan jalan ilmiah, sosialisme tidak dapat ditentukan sekarang bentuk dan rupa masa yang akan datang – artinya susunan baru pada masyarakat tidak dibuat, melainkan dilahirkan. Melihat realita sejarah, menurut penulis, sosialisme yang berorientasi pada terbentuknya ‘masyarakat tidak berkelas’ adalah bagian dari hegemoni dan upayah manusia mencapai sebuah kesetaraan. Meskipun realita yang berkembang kini tidak berjalan horizontal, melainkan vertikal.
Konsep sosialisme Marx memang lebih kompleks daripada filsuf lainnya. Tujuan sosialisme dalam pandangn Marx bukanlah membuat suatu konstruksi masyarakat dalam suatu sistem yang selesai bentuknya, melainkan menyelidiki suatu perkembangan sejarah yang melahirkan dua kelas yang bertentangan, dan kemudian mempelajari betapa berpengaruhnya faktor-faktor kelas tersebut terhadap kondisi ekonomi masyarakat yang akan melenyapkan pertentangan tersebut.
Pendapat Marx diatas dikuatkan oleh Engels dalam bukunya “Perkembangan Sosialisme dari Utopia sampai ke Ilmu.”Ajarannya adalah bahwa komunisme merupakan ajaran tentang syarat-syarat yang mesti dipenuhi untuk mencapai kemerdekaan kaum buruh. Dalam menyusun teori mengenai perkembangan masyarakat, Marx sangat tertarik oleh gagasan filsuf Jerman George Hegel mengenai dialektika karena di dalamnya terdapat unsur kemajuan melalui konflik dan pertentangan. Dan unsur inillah yang dia perlukan menyusun teorinya mengenai perkembangan masyarakat melalui revolusi. Untuk melandasi teori sosial, maka dia merumuskan terlebih dahulu teori mengenai materialisme dialektik (dialectical materialism). Kemudian konsep-konsep itu dipakainya untuk menganalisa sejarah perkembangan masyarakat yang dinamakannya materialisme historis (historical materialism). Dan karena materi oleh Marx diartikan sebagai keadaan ekonomi, maka teori marx juga sering disebut ’analisa ekonomis terhadap sejarah’. Dalam menjelaskan teorinya Marx menekankan bahwa sejarah (yang dimaksud hanyalah sejarah Barat) menunjukkan bahwa masyarakat zaman lampau telah berkembang menurut hukum-hukum dialektis yaitu maju melalui pergolakan yang disebabkan oleh kontradiksi-kontradiksi intern melalui suatu gerak spiral ke atas sampai menjadi masyarakat dimana Marx berada. Atas dasar analisa terakhir ia sampai pada kesimpulan bahwa menurut hukum ilmiah dunia kapitalis akan mengalami revolusi -yang disebutnya revolusi proletariat- yang akan menghancurkan sendi-sendi masyarakat kapitalis tersebut, dan akan meratakan jalan untuk timbulnya masyarakat komunis.

6.      Alienasi
Marx menggunakan konsep alienasi untuk menyingkapkan efek produksi kapitalis yang bersifat menghancurkan terhadap manusia dan terhadap masyarakt. Yang sangat signifikan di sini adalah sistem dua kelas yaitu kaum kapitalis mempekerjakan karyawan (dengan demikian mereka memiliki waktu para pekerja) dan para kapitalis memiliki alat-alat produksi (alat-alat dan bahan-bahan mentah) dan juga memiliki produk-produk hasil akhirnya. Agar dapat bertahan hidup, para pekerja dipaksa menjual waktu kerja mereka kepada kaum kapitalis.
Alienasi dapat dilihat mempunyai empat komponen mendasar.
1.      Para pekerja di dalam masyarakat kapitalis dialienasi dari kegiatan produktifnya. Mereka tidak menghasilkan objek-objek menurut ide-ide mereka sendiri atau memenuhi kebutuhan-kebutuhan mereka sendiri secara langsung. Malah, para pekerja bekerja bagi kaum kapitalis, yang memberi upah sekadar untuk mnyambung hidup sebagai balasan untuk pemakaian mereka dalam cara yang dianggap cocok oleh sang kapitalis. Karena kegiatan produktif adalah milik kaum kapitalis, dan karena mereka yang memutuskan apa yang harus dilakukan, dapat dikatakan bahwa para pekerja teralienasi dari kegiatan-kegiatan itu.

2.      Para pekerja di dalam masyarakat kapitalis teralienasi bukan hanya melalui kegiatan-kegiatan itu-produk. Produk pekerjaan mereka bukan milik para pekerja, tetapi milik para kapitalis, yang mungkin memakainya dengan cara apa pun yang mereka inginkan karena merupakan hak milik pribadi para kapitalis. Kaum kapitalis akan menggunakan kepemilikannya agar dapat menjual produk demi mendapatkan keuntungan.
3.      Para pekerja di dalam masyarakat kapitalis teralienasi dari para rekan kerjanya. Asumsi Marx ialah bahwa pada dasarnya orang butuh dan ingin bekerja  sama agar dapat mengambil dari alam apa yang mereka perlukan untuk dapat bertahan hidup. Akan tetapi, di dalam kapitalisme kerja sama itu diganggu, dan orang, kerap orang-orang asing, dipaksa bekerja berdampingan untuk sang kapitalis. Bahkan, para pekerja di lini perakitan yang terdiri dari teman-teman dekat pun, sangat banyak yang terisolasi karena sifat dasar teknologinya.
4.      Para pekerja di dalam masyarakat kapitalis teralienasi dari potensi manusianya sendiri. Para individu semakin sedikit bekerja sebagai manusia karena mereka semakin tersusutkan di dalam pekerjaan mereka menjadi berfungsi sebagai mesin.



C.    Pertumbuhan Ekonomi menurut Karl Marx

Sebelum mengetahui bagaimana pertumbuhan ekonomi menurut Karl Marx kita harus mengetahui apa itu pertumbuhan ekonomi. Pertumbuhan ekonomi adalah proses dimana terjadi kenaikan produk nasional bruto riil atau atau pendapatan nasional rill. Jadi perekonomian dikatakan tumbuh atau berkembang bila terjadi pertumbuhan output riil.definisi pertumbuhan ekonomi yang lain adalah bahwa pertumbuhan ekonomi terjadi bila ada kenaikan output perkapita . pertumbuhan ekonomi menggambarkan kenaikan taraf hidup diukur dengan output riil per orang.
Menurut Marx pertumbuhan ekonomi melalui lima tahapan yaitu sebagai berikut:
1.    Sosialis (komunal primitif)
2.    Perbudakan
3.    Feodal
4.    Kapitalis
5.    Sosialis (komunal modern)
Dari kelima tahapan tersebut Marx melihat adanya siklus dalam perkembangan masyarakat yaitu mulai dari masyarakat komunal (primitif) pada tahap pertama dan berakhir kembali pada masyarakat komunal (modern) pada tahap kelima. Dalam pada itu pada tahap kedua, ketiga dan keempat ditandai oleh adanya konflik dan perjuangan kelas diantara kelompok-kelompok yang mempunyai kepentingan yang bertentangan dalam masyarakat yang bersangkutan.

1.    Sosialis (komunal primitive)

Sebagai suatu tatanan masyarakat yang menekankan kepada pentingnya kebersamaan. Jadi berbeda dengan tatanan masyarakat kapitalis primitif yang lebih menonjolkan kepentingan individu. Perekonomian primitif ditandai oleh teknologi atau peralatan kerja yang sifatnya masih sangat sederhana seperti alat-alat yang berasal dari batu dan sebagainya.

2.    Perbudakan

Terbelahnya produsen ke dalam dua kelompok yang satu sama lain disamping saling membutuhkan, tetapi dalam prakteknya juga sering mempunyai kepentingan yang saling bertentangan.

3.    Masyarakat Feodal ( Tuan Tanah )

Kaum bangsawan menguasai alat – alat produksi utama pada waktu itu yaitu tanah, sehingga sebagian besar petani tidak memilki tanah, atau hanya memilki tanah yang luasnya terbatas sehingga tidak cukup untuk memenuhi kebutuhannya sendiri,oleh karena itu untuk memenuhi kebutuhannya para petani bekerja di tanah yang di miliki oleh tuan tanah, baik itu bekerja sebagai buruh tani atau pun penyewa.

4.    Masyarakat Kapitalis

Masyarakat kapitalis diilhami oleh gagasan Adam Smith yang menggarisbawahi pentingnya peranan kapital dan akumulasi kapital dalam pertumbuhan ekonomi lewat peningkatan produktivitas per pekerja. Peningkatan produktivitas per pekerja terjadi karena tambahan kapital membuka peluang untuk mempertajam tingkat spesialisasi dan pembagian kerja (specialization division of labor). Disamping itu faktor lain yang ikut menunjang proses pertumbuhan ekonomi menurut Adam Smith adalah:  (a) Pasar yang semakin luas, dan (b) Laba usaha. Syarat utama yang harus dipenuhi untuk memaksimumkan luas pasar menurut Adam Smith adalah memberikan kebebasan seluas-luasnya kepada anggota masyarakat dalam mengelola kegiatan ekonominya. Dampak dari perkembangan yang semacam itu adalah bahwa masyarakat kembali terbagi dua tetapi dengan corak yang berbeda dari periode sebelumnya. Kedua kelompok itu adalah: a) kelas kapitalis, dan b) kelas buruh.
Dalam hubungan ini para kapitalis mempekerjakan kaum buruh, yang dalam hal ini mempunyai posisi yang relatif lemah terutama karena tidak memiliki alat produksi. Pertentangan kepentingan ini makin lama makin besar dan akhirnya timbul pertarungan diantara keduanya yang oleh Marx disebut perjuangan kelas.

5.        Masyarakat Komunal Modern

Dalam masyarakat komunal modern faktor-faktor produksi adalah milik bersama (social ownership). Namun berbeda dengan masyarakat komunal primitif, dalam masyarakat komunal modern alat-alat produksi atau teknologi sudah jauh lebih maju. Dalam sistem ini semua manusia mempunyai peluang yang sama untuk maju pada semua bidang kehidupan dan terutama dalam bidang ekonomi.

  1. Kritik Terhadap Karl Marx
Ada beberapa problem dari dalam teori Marx yang harus didiskusikan, pertama problem yang secara aktual terdapat dalam komunisme.  Kegagalan masyarakat-masyarakat  komunis dan perubahanya menjadi ekonomi yang lebih berorientasi kapitalistis memaksa kita mempersoalkan apakah makna semua ini bagi peran teori Marxian.  Ide-ide Marx kelihatanya telah diuji dan ternyata gagal
Problem kedua yang sering dikemukakan adalah tidak adanya subjek emansipatoris.  Inilah ide baru teori Marx menempatkan proletariat di jantung perubahan sosial yang akan menggiring kepada komunisme,  namun pada kenyataanya, proletariat jarang memperoleh posisi ini dan sering termasuk ke dalam kelompok-kelompok yang menentang komunisme.
Problem ketiga adalah hilangnya dimensi gender.  Salah satu poin utama teori Marx adalah bahwa kerja menjadi sebuah komodias di bawah kapitalisme, sementara pada fakta historisnya ini lebih sedikit terjadi pada wanita ketimbang laki-laki.  Untuk tingkat yang lebih luas, kerja laki-laki yang di upah tergantung pada kerja wanita yang tidak di upah, sebab pertumbuhan tenaga kerja tergantung kerja wanita yang tidak di upah.
Problem ke empat adalah bahwa Marx melihat ekonomi sebagai sesuatu yang dikendarai oleh produksi dan mengabaikan aturankonsumsi.  Fokusnya pada produksi menggiringinya untuk mempredisikan bahwa masalah-masalah efisiensi dan pemotongan upah akan menggiring pada ploterarianisasi, peningkatan alienisasi dan semakin meruncingya konflik kelas.
Terakhir, sebagian mengaggap Marx tidak kritis dalam menerima konsepsi kemajuan barat sebagai sebuah problem, Marx percaya bahwa mesin sejarah adalah manusia yang selau menigkatkan eksploitasi terhadap alam demi kebutuhan-kebutuhan materialnya.  Di samping itu Marx yakin bahwa hakikat manusia adalah kemampuannya untuk mengelola alam demi mencapai tujuan-tujuanya.  Asumsi inilah yang barangkali jadi penyebab banyaknya krisis lingkungan saat ini dan dimasa datang.










BAB III
PENUTUP

Simpulan
   Suatu diskusi mengenai pendekatan dialektis yang diperoleh Marx dari Hegel bahwa masyarakat disusun sekitar kontradiksi-kontradiksi yang dapat dipecahkan hanya melalui perubahan sosial yang nyata. Salah satu dari kontradiksi-kontradiksi utama yang dilihat Marx ialah diantara Potensi Manusia dan kondisi Kapitalisme.
   Dalam masyarakat kapitalis terdapat konsep komoditas dan kontradiksi nilai guna dan niilai tukarnya. Dalam hal ini kemampuan modal untuk menghasilkan keuntungan terletak pada eksploitasi kaum ploletariat. Kontradiksi tersebut menyebabkan konflik kelas diantara kaum proletariat dan borjuis, yang pada akhirnya akan menghasilkan revolusi karena proletarianisasi akan memperbanyak barisan kaum ploretariat.
Pertumbuhan ekonomi adalah proses dimana terjadi kenaikan produk nasional bruto riil atau atau pendapatan nasional rill. Menurut Marx pertumbuhan ekonomi melalui lima tahapan diantaranya yaitu: sosialis (komunal primitif), perbudakan, feudal, kapitalis, dan sosialis (komunal modern).
   Meskipun dia mengkritik kapitalisme, Marx percaya bahwa kapitalisme baik. Marx merasa bahwa dia mampu memandang dari masa depan potensial kapitalisme karena konsepsi materialisnya atas sejarah. Dengan memfokuskan pada kekuatan-kekuatan produksi, Marx mampu memprediksi kecenderungan historis yang memungkinkannya mengidentifikasi di mana tidakan politis dapat menjadi efektif. Tindakan politis da bahkan revolusi dibutuhkan karena hubungan-hubungan produksi dan ideologi dapat menahan perkembangan kekuatan-kekuatan produksi yang diperlukan. Menurut pandangan Marx, perubahan-perubahan tersebut pada akhirnya akan mendatangkan masyarakat komunis.
DAFTAR PUSTAKA

Anonim. 2010. Teori-Teori Pembangunan. https://resum.wordpress.com/ diakses pada tanggal 18 Januari 2015.
Anonim. 2009. Biografi Karl Marx. http://kolom-biografi.blogspot.com diakses pada tanggal 18 April 2015.
Edi, Nata. 2007. Karl Marx. http://nataebiografiteacher.blogspot.com diakses pada tanggal 18 April 2015.
Soleh, Hobir. 2009. Pemikiran Karl Marx dan Teorinya. https://hobirsoleh.wordpress.com diakses pada tanggal 18 April 2015.
Sukirno, Sadono. 1994. Makroekonomi Teori Pengantar. Jakarta : Rajawali..


Tidak ada komentar:

Arsip Blog