Jumat, 02 Oktober 2015

11 Manfaat Minyak Goreng Selain untuk Menggoreng

            
Minyak goreng harus selalu ada di dapur mengingat fungsinya yang digunakan sebagai bahan masak-memasak. Selama ini gue termasuk kalian menganggap bahwa fungsi minyak goreng hanya sebagai bahan penggoreng.  Tetapi lambat-laun gue penasaran, apakah benar bahwa minyak goreng hanya dijadikan sebagai bahan memasak saja. Karena gue penasaran, lalu gue mencoba browsing-browsing di internet kali aja gue nemu fungsi lain dari minyak goreng.  Hasil yang gue temuin ternyata minyak goreng itu tidak hanya berfungsi untuk menggoreng makanan saja. Banyak banget manfaat lain dari minyak goreng. Berikut ini adalah manfaat lain minyak goreng yang belum banyak diketahui orang yang udah gue rangkum dari beberapa sumber di internet.


Merawat Perabotan Kayu
Sejak zaman nenek moyang kita sudah banyak yang menggunakan minyak goreng untuk merawat perabotan kayu. Semakin banyak cat-cat dan minyak khusus kayu yang beredar saat ini membuat kita tak lagi menggunakan minyak goreng untuk merawat perabotan kayu. Tapi meskipun demikian tak menutup kemungkinan bagi kita untuk tetap menggunakan minyak goreng sebagai minyak yang mempunyai fungsi sama dengan  jenis minyak khusus kayu lainnya. Caranya adalah peras jeruk lemon dan campur dengan minyak goreng. Takarannya adalah perbandingan 1:1. Kalian tinggal mengoleskan campuran itu ke permukaan perabotan kayu lalu gosok dengan kain katun. Cara ini berfungsi untuk menghaluskan goresan-goresan tipis pada permukaan perabotan kayu.


Bermanfaat Sebagai Pelumas.
Percaya atau tidak minyak goreng bisa digunakan sebagai oli. Manfaatnya yaitu sebagai pelumas untuk bahan logam. Selain lebih murah, caranya juga lumayan sederhana. Tinggal dioleskan pada alat-alat yang terbuat logam, misalnya resleting. Khasiat jika dilakukan secara teratur adalah alat-alat yang terbuat dari logam tersebut lebih licin, misal untuk resleting dan terbebas dari berkarat.

Perangkap Nyamuk.
Sekarang ini banyak alat pengusir nyamuk yang beredar di pasaran, bisa bentuk bakar, lotion, semprot, raket atau pun yang elektrik. Tapi pernahkah kalian membayangkan jika tak ada satu pun tipe alat anti nyamuk tersebut di rumah? Apalagi jika rumah kalian adalah sarang nyamuk. Wah berabe tuh. Pasti akan sangat menyebalkan dan hasilnya kulit kalian bentol-bentol dan gatal-gatal. Kali ini ada cara ampuh dan gratis untuk mengusir nyamuk. Ambil tutup panci yang agak lebar dan oleskan secara merata dengan minyak goreng. Setelah itu cari area tempat bersarangnya para nyamuk, misalkan kolong tempat tidur. Lalu kibaskan tutup panci tersebut. Hasilnya nyamuk-nyamuk tersebut akan menempel pada sisi tutup panci yang sudah diolesi dengan minyak goreng itu. Jangan terlalu banyak mengoleskan minyak agar tidak menimbulkan cipratan minyak kemana-mana. Cara diatas bisa digunakan, baik untuk di dalam rumah atau pun di luar rumah.

Merawat Kulit dan Rambut
Cara ini sebenarnya adalah cara warisan dari nenek moyang. Minyak goreng yang digunakan untuk merawat kulit dan rambut adalah minyak goreng khusus yang terbuat dari kelapa. Kelebihan dari minyak kelapa ini adalah memiliki aroma khas yang berbeda dengan minyak goreng lainnya. Minyak goreng ini lebih wangi atau tidak “pengak” sehingga sejak zaman dahulu minyak ini sudah sering digunakan sebagai bahan alami perawatan kulit dan rambut.
Cara pemakaian untuk merawat kulit yaitu dengan mengoleskan dengan tangan pada bagian-bagian kulit yang terlihat kering secara perlahan dan merata. Pakailah secara konsisten dalam jangka waktu lama sehingga membuat kulit yang tadinya kering menjadi halus dan mulus.
Sedangkan untuk merawat rambut dapat dilakukan dengan mencampur minyak kelapa dengan takaran 1-2 sendok makan ke dalam air hangat. Lalu aduk perlahan hingga tercampur rata. Setelah tercampur rata silakan oleskan campuran itu ke rambut kalian mulai dari pangkal hingga ujung secara merata. Jangan lupa kulit kepala juga diolesi minyak goreng tersebut dan silakan dilakukan dengan pijatan-pijatan lembut agar masuk kedalam pori-pori kulit. Setelah selesai kalian bisa menutup rambut kalian dengan penutup ramput  dan diamkan sampai pagi. Ketika sudah pagi, keramaslah sampai bersih agar minyak kelapa yang menempel pada kulit kepala dan rambut bisa ikut larut dengan air. Jangan lupa keramasnya pakai shampo ya. Treatment ini bisa dilakukan berulang-ulang agar reaksi kepada rambut dapat terasa. Rambut kalian akan sehat dan indah. Kulit kepala kalian pun akan terhindar dari ketombe.

Merawat Bulu Hewan Peliharaan seperti Anjing dan Kucing
Selain cara di atas, minyak kelapa juga tidak hanya bermanfaat untuk manusia, tetapi juga untuk hewan peliharaan, misalnya kucing dan anjing. Caranya cukup mudah yaitu dengan mengoleskan minyak tersebut pada kulit dan bulu hewan peliharaan tersebut secara perlahan hingga merata lalu diamkan beberapa saat. Setelah itu hewan kesayangan kalian tersebut dimandikan dengan shampoo. Keramasnya jangan lupa sampai bersih ya. Lakukan seminggu sekali maka kesehatan kulit si imut akan selalu terjaga dan bulu-bulunya pun menjadi indah.

Pembersih Kuas Make-Up
Sama seperi sikat gigi, pemakaian kuas make-up secara terus menerus dalam jangka waktu lama dan tidak diganti bisa berbahaya. Hal ini terjadi karena mengakibatkan banyak kotoran yang menempel pada bulu tersebut. Cara membersihkannya gampang. Cukup menggunakan minyak goreng saja. Pertama siapkan wadah yang sudah terisi minyak kelapa. Lalu rendam kuas habis pakai tersebut di dalam minyak kelapa. Diamkan selama beberapa saat. Silakan dibilas sampai bersih dengan air hangat. Terakhir keringkan dengan kain lembut. Kuas kembali bersih, tetap lembut, dan elastis.

Pembersih Riasan Make-Up
Make-up yang telah lama menempel di wajah dan tidak dibersihkan bisa menimbulkan wajah menjadi kurang sehat. Seperti gatal-gatal, timbul jerawat, kasar, berminyak, dan efek negatif lainnya. Banyak produk pembersih riasan wajah yang jual di pasaran. Tapi apakah semua wajah bisa menyesuaikan dengan berbagai merk yang belum dijamin keabsahannya tersebut? Tidak semua kulit bisa menerimanya sehingga terkadang dapat menimbulkan efek iritasi. Ada baiknya jika kalian menggunakan bahan alami seperti minyak kelapa. Bahan alami tidak menimbulkan efek negatif yang tidak diinginkan. Caranya mudah, yaitu dengan mengoleskan area wajah yang ingin dibersihkan dengan minyak kelapa. Kemudian diamkan selama beberapa saat misalkan 5 menit. Setelah itu hapus dengan kapas hingga benar-benar bersih atau dicuci dengan air bersih. Selain bersih, wajah anda akan terjaga kelembabannya, halus, dan mulus.

Bahan Bakar Lampu Minyak
Zaman yang serba canggih dimana aliran listrik sudah mudah diperoleh seakan menjauhkan kita dengan lampu minyak atau penerangan tradisional lainnya. Lampu minyak merupakan salah satu penerangan darurat selain lilin dan petromaks. Harga BBM yang terus naik membuat harga minyak tanah pun ikut-ikutan mahal. Tenanglah ada alternatif lain. kalian bisa menggunakan minyak goreng sebagai bahan bakar alternatif selain minyak tanah. Tidak harus minyak goreng baru. Kalian bisa menggunakan minyak goreng bekas.
Caranya siapkan sebuah wadah yang tidak terlalu besar, misalkan tutup kaleng kecil. Lalu tuangkan minyak goreng bekas ke dalamnya. Kemudian letakkan potongan sumbu pendek atau bisa berupa pilinan kapas ditengah. Tunggu beberapa saat agar minyak meresap. Setelah meresap nyalakan api pada sumbu pendek tersebut. Terangnya tidak kalah dengan lilin atau pun petromax. Kelebihan lain selain sama-sama terang dan murah adalah sumbu pendek dan bahar bakar berupa minyak goreng lebih awet dan nyalanya pun akan tahan lama.

Sebagai Pelindung dari Berbagai Penyakit
Pernahkah kalian mendengar VCO? VCO adalah minyak kelapa murni dan merupakan kepanjangan dari Virgin Coconut Oil. Salah satu fungsinya yaitu menjaga kesehatan tubuh. Minyak ini bisa meningkatkan kualitas sel-sel darah putih. Meskipun gue bukan orang kesehatan tapi sedikit-seedikit gue tahulah. Tahukah kalian fungsi dari sel darah putih? Nah secara medis sel darah putih memiliki fungsi sebagai pelindung dari berbagai penyakit. Cara meningkatkan kualitas sel darah putih dengan VCO yaitu dengan mengkonsumsi VCO satu kali setiap hari dengan takaran satu sendok makan. Jika kalian sedang tidak enak badan atau sakit silakan mengkonsumsinya dengan takaran hingga 3 kali dalam sehari. Ini berfungsi untuk meningkatkan pertahanan tubuh sehingga mempercepat proses penyembuhan. Tapi ingat jangan banyak-banyak, karena minyak ya minyak bukan air minum.

Merawat Kesehatan Gigi dan Mulut
Ada beberapa obat kumur yang di jual di pasaran dengan harga yang tidak murah. Sering dari kita mengabaikan untuk kumur dengan larutan tersebut karena bagi kita sudah cukup hanya dengan sikat gigi. Padahal sangat dianjurkan untuk kumur dengan obat kumur agar kesehatan mulut lebih terjaga. Tenang! Selain obat kumur dengan harga mahal tersebut, ada solusi lain lhoh guys. Minyak kelapa memiliki kandungan yang mampu menghilangkan bakteri. Cara pemakainnya yaitu berkumurlah dengan air yang sudah dicampur dengan minyak kelapa dengan takaran 2-3 sendok makan untuk setiap kumur. Lakukan sebelum tidur karena kuman biasanya bereaksi pada saat tidur malam. Berkumurlah dan tahan air dalam mulut sekitar 5 menit. Lakukan ini secara teratur setiap hari agar bakteri yang ada di dalam mulut hilang. Selain kesehatan mulut, efek lainnya yaitu warna gigi terlihat semakin putih.

Merawat Perabotan Rumah Tangga atau Fashion Terbuat dari Kulit
Produk perabotan rumah tangga maupun fashion yang terbuat dari kulit membutuhkan ekstra perawatan agar tetap awet dan terus dalam kondisi baik. Ada cara sederhana yang bisa kalian lakukan yaitu dengan menggunakan minyak kelapa. Cukup oleskan permukaan bahan dari kulit tersebut dengan minyak kelapa. Kemudian diamkan beberapa saat hingga sekiranya cairan minyak kelapa tersebut meresap ke dalamnya. Setelah itu, langkah selanjutnya yaitu cukup mengelap dengan kain lembut, semisal dengan kain dari bahan katun. Perlu diperhatikan, untuk celana, baju, jaket,  sandal, sepatu, dan semacamya bisa langsung kalian simpan ke dalam almari atau tempat semula kalian menyimpan.

          Okay sekian yang dapat gue share. Meskipun ada beberapa tips yang tidak gue praktekkan secara langsung tapi secara logika memang cara di atas benar. Bisa juga kalian coba cari di google atau sumber lain. pasti nggak akan jauh beda dengan tulisan gue kali ini. Pada dasarnya back to nature itu nggak salah karena lebih murah dan tak memiliki efek samping tentunya. Ini hanya sedikit pengetahuan gue aja. Daripada mubadzir punya ilmu nggak dibagi.
          Okay intinya gue minta maaf kalau ada salah tulisan, baik secara tata bahasa, informasi, atau pun salah makna. Yang jelas gue mohon kritik dan saran. Bisa kalian benarkan jika salah atau yang punya unek-unek bisa ditambahi jika kurang lengkap. Di kolom komentar nggeh agar yang lain juga bisa lebih tahu. Okay terimakasih. Semoga bermanfaat. See you next time. Jangan lupa tengok posting gue yang lain ya.


Tidak ada komentar: