Rabu, 03 Juni 2015

Posisi Tidur Miring ke Kanan dapat Menghindari Serangan Jantung

            Assalamualaikum Warrohmatullohi Wabarokatuh. Selamat siang dan happy blogging untuk saya! Pertama-tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat, hidayah, serta inayah-Nya kepada kita sehingga kita dapat berpapasan secara tidak langsung dalam tulisan ini serta tak lupa juga mari kita aturkan shalawat serta salam kepada junjungan kita, nabi Muhammad SAW.

            Kalian sering bertanya-tanya tentang posisi tidur bagaimana yang baik dan benar untuk kesehatan. Tidur bagaikan istirahat total bagi manusia. Untuk itu diperlukan sikap dan posisi yang baik dan benar agar proses istirahat total pun juga baik dan benar. Pernahkah kalian tidak tidur seharian full pasti badan kalian akan pucat, kecapekan, letih, pusing, lesu, konsentrasi mengurang, dan semangat melakukan aktivitas pun aras-arasan. Hal ini bagaikan kalian tidak istirahat total full seharian.
            Mengenai posisi tidur yang baik dan benar, alangkah baiknya jika kalian tidur miring ke kanan. Tidur miring ke kanan merupakan anjuran nabi Muhammad SAW. Tapi tahukan kalian bahwa sesungguhnya ada manfaat-manfaat tertentu mengapa kita seharusnya melakukan apa yag diajarkan nabi. Jadi selain mendapat pahala, ada pula manfaat-manfaat lain untuk kesehatan kita termasuk tidur miring ke kanan. Banyak sekali manfaat tidur miring ke kanan untuk kesehatan tapi kali ini ane akan menjelaskan bahwa ternyata tidur miring ke kanan dapat menghindari penyakit serangan jantung.
            Tidur miring ke kanan mengurangi beban jantung. Mengapa? Karena posisi tidur miring ke kanan yang rata memungkinkan cairan tubuh yaitu darah  akan terdistribusi merata di sebelah kanan atau bawah sehingga beban aliran darah rendah. Aliran darah yang rendah menyebabkan denyut jantung pun menurun dan akibatnya tekanan darah juga menurun. Posisi jantung condong di sebelah kiri sehingga apabila tidur miring ke kanan otomatis posisi jantung berada di atas dan tidak tertimpa organ tubuh lain dan hal ini akan baik untuk kesehatan jantung.
            Selain itu tidur miring ke kanan akan mengindari apnoe. Apnoe adalah kondisi pada manusia dimana pernapasan berhenti secara sejenak sehingga oksigen kurang lancar masuk dalam otak. Oksigen membantu kelancaran aliran darah dalam tubuh. Untuk itu diperlukan pernapasan yang lancar di saat tidur agar oksigen dapat keluar-masuk secara lancar sehingga aliran darah juga lancar dan kesehatan jantung pun terjaga. Hal ini karena oksigen yang lancar keluar-masuk dalam tubuh dapat mengurangi produktivitas hormon stress. Hormon stress turun dapat mengakibatkan tekanan darah normal.  Tekanan darah normal dapat menghindari serangan jantung atau infark jantung dan stroke.
            Hal ini terjadi karena tidur miring ke kanan menyebabkan lidah tidak jatuh ke pangkal sehingga proses pernapasan atau keluar-masuknya oksigen dapat berjalan lancar. Seseorang yang tidur miring ke kanan tidak akan mendengkur atau ngorok. Kondisi mendengkur inilah manusia akan berhenti bernapas. Oleh karena itu pada saat manusia mendengkur atau ngorok, mereka akan cenderung membuka mulut. Sebenarnya posisi membuka mulut pada manusia tidur beralasan karena manusia tersebut kesulitan memperoleh oksigen untuk bernapas sehingga akan menimbulkan suara atau yang sering disebut mendengkur. Maka seseorang yang tidur mendengkur akan bangun dengan pusing karena oksigen kurang masuk. Alasan lain adalah bahwa tidur miring ke kanan dapat menjaga kesehatan paru-paru yang nantinya juga akan menjaga kesehatan jantung. Hal ini karena paru-paru kiri lebih kecil dibandingkan paru-paru sebelah kanan. Jantung yang condong ke kanan akan membebani paru-paru sebelah kanan yang berukuran lebih besar sehingga meskipun paru-paru sebelah kanan ini tertindih oleh jantung akan tidak masalah karena memiliki ukuran yang lebih besar.

Terimakasih telah menyimak postingan ini. Semoga bermanfaat dan maaf pula jika ada salah kata. Mampir juga bagi kalian yang ingin mendapatkan uang dari internet dengan klik di sini.



Tidak ada komentar:

Arsip Blog