Rabu, 03 Juni 2015

Diklat Perdana Laskar KIME 2014

                Selasa, 9 September tepat pukul 15.00 WIB di PKM Joglo Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang tengah berlangsung acara Diklat perdana Laskar KIME Unnes 2014. Acara ini merupakan pertemuan pertama bagi peserta magang BSO KIME Unnes atau yang akrab disebut Laskar KIME Unnes. Acara ini berisikan pengenalan dan bertujuan untuk saling mengenalkan antara fungsionaris KIME Unnes terhadap peserta magang KIME Unnes atau Laskar KIME Unnes. Acara ini memang sengaja didesain secara tidak formal agar nuansa keakraban antara fungsionaris dan peserta magang dapat saling terjalin. Durasi diklat berlangsung tidak lama yaitu hanya sekitar 30 menit  saja, antara pukul 15.00 WIB hingga pukul 15.30 WIB.

                Meskipun diklat berlangsung secara tidak formal karena hanya berisikan perkenalan antara fungsionaris KIME Unnes dengan Laskar KIME Unnes, namun suasana hikmat masih terlihat dalam berlangsungnya acara ini. Terlihat keseriusan dari para Laskar KIME Unnes untuk bersungguh-sungguh mengikuti magang ini dan mengemban tugas mereka berikutnya di KIME Unnes ini. Acara juga diisi keisengan salah seorang fungsionaris KIME Unnes yaitu salah seorang mahasiswa semester 3 yang mengaku menjadi seorang mahasiswa semester satu dan kemudian mengaku menjadi salah seorang peserta magang KIME Unnes.
                Mayoritas peserta magang KIME Unnes adalah mahasiswa semester satu dari beberapa jurusan di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang, yaitu Pendidikan Ekonomi, Akuntansi, Ekonomi Pembangunan, dan Managemen yang telah lolos seleksi setelah mengikuti litsus beberapa hari sebelumnya. Namun ada pula mahasiswa semester 3 yang mengikuti magang di KIME Unnes. Namun tidak memandang angkatan tahun berapa menjadi mahasiswa Unnes karena yang lolos menjadi perserta magang KIME Unnes ini adalah mereka yang mau berorganisasi di KIME Unnes, memberikan partisipasi mereka dalam dunia tulis-menulis yang kemudian diharapkan dapat memberikan sebuah penemuan baru di bidang ilmu pengetahuan yang kemudian dapat membawa manfaat bagi kehidupan masa sekarang hingga masa yang akan datang. 
Acara dimulai ketika dua orang pembawa acara membuka acara dengan membaca basmallah secara bersama. Kemudian langsung diisi perkenalan satu persatu dari fungsionaris KIME di hadapan para Laskar KIME Unnes. Kemudian lanjut prakata dari salah seorang fungsionaris KIME Departemen PSDM. Acara ini juga diisi oleh ketua KIME Unnes dengan memberikan sambutan kepada Laskar KIME Unnes. Acara dilanjutkan dengan beberapa sambutan yang berisikan motivasi untuk menulis, penjelasan kartu kendali magang, dan pengumuman acara-acara yang akan dilaksanakan di KIME Unnes selanjutnya. Acara diisi proses tanya jawab dari beberapa Laskar KIME Unnes yang kurang paham terhadap penjelasan dari beberapa fungsionaris KIME Unnes terutama masalah kartu kendali magang di bagian pembuatan PKM dan blog. Acara diklat perdana Laskar KIME Unnes ini memang tidak dilanjutkan dengan pembagian kelompok seperti saat diklat perdana Laskar KIME Unnes 2013 karena pembagian kelompok akan menyusul dan langsung diumumkan di grup facebook LASKAR KIME 2014. Setelah acara selesai diadakan acara foto bersama untuk menambah suasana keakraban antara fungsionaris KIME Unnes dengan para LASKAR KIME Unnes.

Tidak ada komentar:

Arsip Blog