Senin, 01 Juni 2015

Penyebab Malas dapat Terjadi

                Halo sahabat blogger. Selamat petang buat Anda sekalian dan selamat blogging buat saya. Berbagi  pendapat adalah hal yang mulia karena saling berpendapat, saling bertukar pikiran dapat membantu teman lain yang tidak tahu dan saling mengkoreksi mana yang benar dan mana yang salah serta mengkombinasikan berbagi pendapat yang dirasa benar untuk kemudian menjadi kesatuan yang dapat saling melengkapi.  Di sini saya sebenarnya sangat malas untuk berpendapat mengenai penyebab malasnya seseorang tetapi setelah saya mencoba berpikir tentang penyebab malasnya seseorang, saya pun mencoba menggerakkan hati saya untuk menghindari penyebab kemalasan  tersebut dan menyatakan pendapat saya tentang penyebab kemalasan pada seseorang di blog ini. Sudah daripada berbelit-belit di sini saya kan berbagi tentang penyebab seseorang malas.


Takut akan Gagal
Takut gagal memang sudah biasa dialami oleh seseorang, entah tua, muda, laki-laki, perempuan, deesbe. Tapi perlu diketahui bahwa seseorang yang takut akan gagal pada pekerjaan yang belum dilakukan membuat seseorang tersebut enggan untuk melakukan aktivitas tersebut dan alhasil respon yang diberikan malas. Sehingga ia merasa sia-sia melakukan pekerjaan tersebut toh hasilnya gagal terlebih apabila orang tersebut telah gagal pada pekerjaan yang sama. Positive Thinking perlu diterapkan. Rencana Allah lebih indah dari rencana kita. Anda harus punya keyakinan “kemaren saya gagal mungkin karena usaha saya setengah-tengah lalu apalagi saya tidah usaha apa pun.”
Meremehkan Kegiatan
Terkadang Anda merasa remeh terhadap pekerjaan yang dirasa gampang. Tapi sadarkah Anda bahwa pekerjaan yang gampang akan menjadi sulit apabila Anda malas dan terus-menerus menganggapnya enteng. Seperti dalam pertandingan olahraga, tim Anda pernah menang melawan tim olahraga lain. Suatu hari Anda diharuskan melawan tim tersebut. Anda pun merasa siap tanpa usaha berlatih. Tapi tanpa Anda sadari bahwa tim lawan Anda sudah semakin matang untuk melawan tim Anda setelah dipermalukan oleh tim Anda dan alhasil giliran tim Anda yang dibuatnya malu dan istilah juara bertahan pun perlu Anda lupakan. Anda tak inginkan dibilang sombong? Untuk itu terus melakukan terbaik dengan membuang rasa malas perlu Anda lakukan setiap hari.
Kondisi Diri yang Tidak Bersahabat
Keadaan tubuh yang tidak menyenangkan dalam melakukan aktivitas seperti sakit, lemas, pusing terkadang menimpa diri kita sehingga bisa menjadi alasan yang kuat bagi kita untuk malas melakukan aktivitas tersebut. Terlebih pada pekerjaan yang berat sangat tidak mungkin dilakukan bagi orang yang sakit. Tapi Anda perlu mensiasati untuk menghindari kondisi tubuh Anda yang tidak menyenangkan tersebut, baik menghindari maupun menghilangkan. Anda pasti bisa karena bagaimana pun hanya Anda yang tahu tentang diri Anda dan pastinya Anda tahu obat terampuh membawa mood Anda yang baik. Perlu Anda ketahui bahwa perasaan yang Anda bawa adalah sugesti dari dalam diri Anda.
Kegiatan yang Tidak Menyenangkan
                Kegiatan yang tidak menyenangkan yang membuat Anda merasa bosan, merasa kecapekan, membuat diri Anda rusak atau merugi, atau bahkan tidak bermanfaat memang sangat memicu timbulnya rasa malas terlebih bagi pekerjaan yang dapat dilimpahkan kepada orang lain seperti angkat benda yang agak berat. Tapi asalkan pekerjaan itu positif, Anda pun harus melakukan pekerjaan tersebut karena sesungguhnya tidak ada pekerjaan positif yang sia-sia. Lakukan secara maksimal jika sudah dirasa tidak bisa baru bisa meminta pertolonga kepada orang lain. Anda harus punya tips agar menjadikan suatu pekerjaan menyenangkan seperti melakukan bersama orang yang disenangi, menganggap sebagai proses belajar, dan menganggap sebagai pemanfaat waktu agar tidak sia-sia. Cobalah Anda untuk berdisiplin memanfaatkan waktu yang ada.
Pekerjaan yang Melibatkan Orang yang Tidak Disenangi
                Terkadang pekerjaan yang harus melibatkan orang yang tidak disenangi terlebih pekerjaan berkelompok membuat kita enggan melakukan pekerjaan tersebut. Namun kita harus menganggap bahwa pekerjaan tersebut adalah suatu tanggung jawab dan tetap bersemangat untuk menyelesaikan tanggung jawab tersebut. Anda juga harus pandai menaklukkan orang yang Anda tidak senengi menjadi orang yang begitu Anda senangi. Karena keberhasilan pekerjaan tim sangat ditentukan oleh masing-masing anggota dan hubungan antara anggota bukan keberhasilan individu.
Ada Pekerjaan Lain yang Lebih Disenangi
Membandingkan pekerjaan satu dengan pekerjaan lain memang kerap kita lakukan dan alhasil kita lebih senang melakukan pekerjaan yang dianggap lebih menyenangkan, bermanfaat atau pun mendesak diri kita. Namun Anda perlu ketahui bahwa namanya pekerjaan atau masalah memang harus Anda lakukan tetapi Anda juga harus lebih panda memanage atau mengalokasikan mana pekerjaan yang Anda lakukan lebih dulu dan prinsip efektif dan efisien pun wajib untuk diterapkan.
Kondisi Lingkungan
                Kondisi lingkungan yang terkadang terlihat tak mungkin untuk melakukan pekerjaan memang sering kita kunjungi seperti tak mungkin mencuci baju saat cuaca mendung, ramai saat belajar, deelel. Biasanya bagi orang muslim, puasa juga menjadi alasan kuat untuk bermalas-malasan. Tetapi sangat salah karena bagaimana pun Islam melarang umat bermalas-malasan. Anda perlu mesiasati agar dapat tetap melakukan aktivitas di saat keterbatasan lingkungan dengan cara Anda sendiri.


                Demikian pendapat saya mengenai alasan seseorang bermalas-malasan. Terimakasih telah mengesampingkan waktunya untuk membaca postingan ini, yaitu postingan dari seseorang yang sedang taraf belajar. Semoga bermanfaat untuk Anda dan bila perlu Anda dapat berbagi dengan orang di sekitar Anda. Setelah membaca postingan ini dimohon agar Anda tetap semanga beraktifitas. Anda juga dapat menyatakan pendapat tentang postingan ini di kolom komentar. Mohon maaf jika ada tutur kata yang kurang berkenan.


Tidak ada komentar:

Arsip Blog