Senin, 01 Juni 2015

Sektor Moneter Penopang Sektor Riil

SEKTOR MONETER PENOPANG SEKTOR RIIL

Dalam ekonomi terdapat keseimbangan pada pasar barang dan pasar uang. Keseimbangan tersebut terjadi antara pendapatan nasional (Y) dengan tingkat bunga (i).

Sektor moneter/pasar uang akan berada dalam keadaan seimbang apabila penawaran akan uang (Ms) sama dengan penawaran akan uang (Md). Penawaran akan uang (Ms) adalah ditentukan oleh pemerintah atau dinyatakan tetap. Permintaan akan uang memiliki hubungan negatif dengan tingkat bunga dan memiliki hubungan positif dengan pendapatan. Kurva LM adalah tempat kedudukan titik-titik yang menghubungkan tingkat bunga (i) dan pendapatan nasional (Y), di mana pasar uang dalam keadaan seimbang. (Suprayitno, 2005).
Sektor riil/ pasar barang menggambarkan kondisi perekonomian dipandang dari sisi permintaan dan penawaran barang dan jasa. Keseimbangan sektor riil terjadi dimana keseimbangan permintaan dan penawaran pada pasar barang. Keseimbangan dapat terjadi apabila pasar barang dan pasar uang ada dalam keadaan keseimbangan. Dalam keadaan keseimbangan umum ini besarnya pendapatan nasional (Y) dan tingkat bunga (i) yang terjadi akan mencerminkan pendapatan nasional (Y) dan tingkat bunga (i) seimbang baik di pasar uang maupun pasar barang. Kurva IS, yaitu kurva yang menggambarkan keseimbangan di sektor riil (pasar barang), yang berlereng negatif. Ini memberi petunjuk bahwa pada sektor riil (pasar barang), apabila terjadi kenaikan tingkat bunga, maka pendapatan nasional akan turun.
Teori Keynes Membahas hub. antara sektor riil dengan sektor moneter yang ditunjukkan melalui hubungan - hubungan sbb :
1.    Ms dan Md dalam masyarakat menentukan tingkat bunga yang berlaku.
2.    Tingkat bunga yang berlaku menentukan tingkat investasi masyaraka
3.    Tingkat Investasi bersama-sama faktor penentu income lainnya akan menentukan tingkat pendapatan.
Secara rinci sektor moneter sebagai penopang sektor riil:
1.      Sektor riil dipengaruhi oleh C,I,G dan T. Sektor moneter hanya dapat mempengaruhi saktor riil melalui perubahan r akibat perubahan Ms diteruskan reaksi investasi karena perubahan r.
2.      Pengaruh perubahan Jumlah uang beredar terhadap sektor riil berjalan tidak langsung yaitu melalui mekanisme peruahan tingkat bunga dan investasi lebih dahulu.

Teori permintaan uang Keynes didasri oleh Mt (motif transaksi), dan Msp (motif spekulasi) dengan memperhitungkan adanya ketidak pastian masa depan yang menyebabkan timbulnya peranan ekspektasi dalam permintaan uang.

Tidak ada komentar:

Arsip Blog