LAMPIRAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
SMA ….
Mata
Pelajaran :
Ekonomi
Kelas /
Semester : X
(sepuluh) / 1
Standar Kompetensi:
1. Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan
manusia, kelangkaan dan sistem ekonomi.
Kompetensi Dasar :
1.1 Mengidentifikasi kebutuhan manusia.
Indikator Pencapaian Kompetensi : 1.
Mendeskripsikan pengertian kebutuhan.
2.
Mendeskripsikan jenis-jenis kebutuhan.
3.Mengidentifikasi
hal-hal yang mempengaruhi kebutuhan.
4.
Mengidentifikasi pengertian benda pemuas kebutuhan.
5.Mendeskripsikan
macam-macam benda pemuas kebutuhan.
6.
Mendeskripsikan kegunaan benda pemuas kebutuhan.
Alokasi Waktu :
3 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
a) Siswa
dapat mendeskripsikan pengertian kebutuhan.
b) Siswa
dapat mendeskripsikan jenis-jenis kebutuhan.
c) Siswa
dapat mengidentifikasi hal-hal yang mempengaruhi kebutuhan.
d) Siswa dapat
mengidentifikasi pengertian benda pemuas kebutuhan.
e) Siswa
dapat mendeskripsikan macam-macam benda pemuas kebutuhan.
f) Siswa
dapat mendeskripsikan kegunaan benda pemuas kebutuhan.
Karakter siswa yang
diharapkan :
§ Kerja keras, Jujur,
saling menghargai.
Kewirausahaan / Ekonomi
Kreatif :
§ Kerja keras, jujur,
saling menghargai orang lain, , inovatif,
B. Materi Pokok
Kebutuhan manusia
C. Uraian Materi
a) Pengertian
kebutuhan
b) Macam-macam
kebutuhan
c) Hal-hal
yang mempengaruhi kebutuhan
d) Pengertian
benda pemuas kebutuhan
e) Macam-macam
benda pemuas kebutuhan
f) Kegunaan
benda pemuas kebutuhan
D. Pendekatan
Kontekstual
E. Metode Pembelajaran
Diskusi
kelompok
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
· Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan
manusia, kelangkaan, dan sistem ekonomi.
|
· Mencari
informasi tentang pengertian kebutuhan manusia melalui berbagai macam sumber.
|
· Siswa
dapat Mengidentifikasi kebutuhan manusia.
|
F. Skenario
Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru mengingatkan dan
mengembangkan pengetahuan siswa tentang kebutuhan siswa sendiri dan pengertian
kebutuhan pada umumnya. Kemudian guru mempersilakan siswa memasuki ruang audio
visual untuk melihat tayangan yang berhubungan dengan pemenuhan kebutuhan atau
melakukan kunjungan ke pasar di daerah sekitar. Selama kegiatan tersebut, guru
menghimbau siswa untuk mencatat hal-hal yang penting.
b. Motivasi
Pemenuhan kebutuhan
adalah salah satu kegiatan ekonomi yang sangat mendasar. Pada pemenuhan
kebutuhan, terlihat sikap seseorang dalam perencanaan perjalanan hidupnya.
2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a. Siswa
dapat mendeskripsikan pengertian kebutuhan.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur,
saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi, guru:
a. Siswa dikelompokkan
menjadi enam kelompok, di mana masing-masing kelompok terdiri dari 5-6 orang
(disesuaikan dengan jumlah siswa).(nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Kelompok pertama
diberi tugas untuk mendeskripsikan pengertian kebutuhan.(nilai yang
ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
c.
Kelompok kedua diberi tugas untuk mendeskripsikan jenis-jenis kebutuhan.(nilai yang
ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
d.
Kelompok ketiga diberi tugas untuk mengidentifikasi hal-hal yang mempengaruhi
kebutuhan.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur,
saling menghargai.);
e.
Kelompok keempat diberi tugas untuk mengidentifikasi pengertian benda pemuas
kebutuhan.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur,
saling menghargai.);
f.
Kelompok kelima diberi tugas untuk mendeskripsikan macam-macam benda pemuas
kebutuhan.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur,
saling menghargai.);
g.
Kelompok keenam diberi tugas untuk mendeskripsikan kegunaan benda pemuas
kebutuhan.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur,
saling menghargai.);
h.
Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan
kelompok yang lain menanggapi.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur,
saling menghargai.);
i.
Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.(nilai yang
ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
a. Menyimpulkan
tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Menjelaskan tentang
hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.)
3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa
melakukan refleksi. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Penilaian. (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
- Tes lisan dengan beberapa pertanyaan (kognitif)
- Lembar pengamatan (afektif)
- Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan
soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku teks Ekonomi (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
G. Sumber dan Alat
Buku
teks, OHP, spidol
Tidak ada komentar:
Posting Komentar