Materi Ekonomi yang Disampaikan
Materi yang akan
disampaikan kepada peserta didik adalah
berkenaan kebutuhan manusia. Peserta didik harus mengkaitkan materi yg diajarkan dengan situasi dunia nyata dan membuat hubungan antara pengetahuan yangg dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sehari-hari sebagai anggota masyarakat.
Metode pembelajaran
adalah cara yang digunakan untuk melaksanakan strategi pembelajaran. Dalam hal menyampaikan
materi kebutuhan manusia dengan strategi pembelajaran CTL, dipilihlah metode
pembelajaran diskusi. Peserta didik secara diskusi kelompok mengkaitkan materi yg diajarkannya dg
situasi dunia nyata.
Penerapan Strategi Pembelajaran Contextual Teaching Leraning
Seperti strategi
pembelajaran yang lain, langkah awal guru bersama peserta didik merumuskan
tujuan dari pembelajaran ini. Tujuan pembelajaran ini adalah sebagai berikut:
1) Peserta didik dapat memahami konsep kebutuhan manusia melalui
analisis pengalaman dalam kehidupan sehari-hari.
2) Peserta didik dapat mengamalkan pengetahuan tentang kebutuhan
manusia dengan menerapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Selanjutnya adalah langkah-langkah yang harus dilakukan untuk
mencapai tujuan pembelajaran:
1) Guru meminta salah satu peserta didik untuk menceritakan
bagaimana keluarganya memenuhi kebutuhan hidupnya. Dengan begitu peserta didik
dapat menemukan materi tentang kebutuhan manusia dari pengalaman dalam
kehidupan sendiri. Peserta didik dapat mengetahui tentang konsep dasar
kebutuhan manusia, sebagai contoh pengertian kebutuhan manusia.
2) Guru mengajak peserta didik untuk berpikir kritis dengan cara
menunjukkan sebuah gambar seorang gelandangan yang tengah mencari makanan sisa
di tempat sampah. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
a.
Guru mempersiapkan gambar
seorang gelandangan.
b. Guru memberi kesempatan peserta didik untuk mengamati gambar.
c.
Melalui diskusi kelompok
3-4 orang, peserta didik menganalisis gambar dan mencatatnya dalam kertas
kerja. Sebagai contoh adalah sebagai berikut:
-
Gelandangan tak punya
tempat tinggal, berpakain lusuh, sedang mencari makanan sisa, dan seperti tidak
berpendidikan.
d. Setelah membacakan hasil diskusi, guru menjelaskan materi
dilanjutkan kesimpulan.
Dari langkah ini, peserta didik dapat membedakan mana kebutuhan
primer, kebutuhan sekunder, dan kebutuhan tersier.
3) Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk
selanjutnya peserta didik dapat menerapkan pengetahuan yang diperoleh dalam
kehidupan sehari-hari. Misal membuat skala prioritas antara mana yang harus
dipenuhi kebutuhan primer, sekunder, atau tersier, hidup efektif, dll.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar