Rabu, 09 Maret 2016

Kalau Kamu Memiliki Ciri-Ciri Ini, Berarti Kamu sedang Tidak Berduit (Ciri-Ciri Tidak Punya Uang)


          Duit atau uang adalah suatu benda mati yang terkadang keberadaannya lebih penting daripada benda hidup. Apa sih di dunia ini yang nggak pakai duit? Mau makan butuh duit, mau minum butuh duit. Mau kencing, jajan, belajar, tampil keren, cantik dan ganteng, mau traveling, mau pacaran, mau tidur pun juga butuh duit. Keberadaannya yang begitu penting terkadang membuat hilangnya akal sehat manusia. Orang-orang berlomba-lomba kerja keras hingga larut malam dan terkadang dari pagi sampai pagi hanya untuk mencari uang.

          Banyak dari mereka yang punya mimpi dan harapan namun tumbang karena nggak adanya duit. Padahal nggak gitu guys. Asalkan kita kreatif, sanggup bekerja keras, dan mau berdoa, apa sih artinya duit? Orang bunuh diri juga karena nggak ada duit. Begitu pentingkah arti duit? Okay deh daripada berlama-lama, kali ini demam fiksi akan share ke kalian mengenai efek samping tidak punya duit. Jika teman kalian atau orang di sekitar kalian memiliki ciri-ciri seperti disebutkan di bawah ini maka ada kemungkinan teman kalian lagi nggak punya duit.

Gampang Marah
          Pikiran panas, otak stress, dan muncul hawa negatif karena nggak punya duit itu udah biasa. Apalagi saat ada kebutuhan mendesak atau ada beberapa pihak yang menyinggung soal duit, emosi yang meledak-ledak tersebut akan semakin menjadi. Makanya jika berhadapan dengan orang tak berduit jangan menyinggung soal duit deh, agar kuping mereka tidak panas dan perlahan emosi pun mereda.
Ingin Sesuatu yang Harus Pakai Duit
          Ada saja godaan dari setan. Biasanya orang yang nggak berduit merupakan umpan paling empuk para setan untuk mendekatkannya menuju ke arah yang nggak bener. Nah, salah satunya adalah memameri si umpan dengan benda-benda yang cara untuk memilikinya harus butuh duit. Kalau berhasil tergoda, ujungnya utang deh.
Pelit
Buat makan aja susah, apalagi mikirin amal. Tindakan konyol. Padahal yang namanya amal pasti bakal kembali deh. Bahkan untuk ngasih orang lain, ngasih dirinya sendiri aja susah. Maka tak jarang, yang nggak berduit makan cuma pake kerupuk, bahkan nasi garem doang.
Mendadak Menderita
Ini efek tidak punya duit kelas akut. Mengeluh sana-mengeluh sini. Jika pun mau beli ini-beli itu mikirnya panjang kaya rel kereta api. Itu masih wajar. Ada pula dari mereka yang untuk makan saja nanti dulu, puasa berhari-hari sampai pakai balsem doang cuman gara-gara nggak punya duit.
Berkhayal
          Apa pekerjaan yang paling sering dilakukan orang nggak punya duit? Kalau pun mau jalan bareng temen pasti sudah harus pakai duit. Apalagi shopping, bukan lagi. Hidup terasa tidak menyenangkan dan begitu hampa. Untuk itu agar hidup kembali menyenangkan meski tak banyak uang, berkhayal sering dilakukan. Bisa bersama teman, sahabat, atau beberapa orang terdekat. Daripada buat ngayal mending buat bekerja cari uang.
Ngirit
          Ini efek yang belum terlalu menyakitkan. Kalau nggak punya uang sekaligus pekerjaan, mending uang yang selama ini sisa diirit dan disimpan rapat-rapat. Ngirit dan pelit itu beda tipis. Meskipun hampir sama, pelit lebih ekstrim ketimbang ngirit. Pelit lebih tertuju kepada orang lain, sedangkan ngirit lebih tertuju pada diri sendiri.
Inisiatif dan Kreatif
          Efek terakhir ini adalah efek yang paling positif daripada efek-efek di atas. Sudah selayaknya, kalau nggak punya duit kita harus putar otak untuk bersikap kreatif dan inisiatif. Menjadikan sesuatu yang tidak berguna menjadi uang atau bekerja. Kalau pun nggak ada, harus diada-adain. Jangan sampai ada deh, istilah minta dikasihani.
         
Okay, hal di atas adalah efek samping nggak punya duit. Makanya saran gue, selama uang masih di tangan, bisa deh kalian simpan terlebih dahulu untuk jaga-jaga kebutuhan yang akan datang. Membeli sesuatu boleh asalkan sesuai kebutuhan. Kebutuhan mendesak bisa saja datang sewaktu-waktu dan tanpa terduga. Orang nggak bisa sehat terus, dan roda kehidupan masih terus berputar. Kadang di bawah, kadang di atas. Uang yang ada jangan untuk foya-foya. Daripada konsumsi yang tak perlu, mending untuk investasi.

          Okay terimakasih banyak gue sampaikan karena kalian telah menyisihkan waktu sedikit buat baca postingan gue kali ini. Tak ada gading yang tak retak, pasti banyak kesalahan dari postingan ini. Untuk itu gue minta maaf serta kritik dan saran sangat dibutuhkan untuk kebaikan gue dan postingan selanjutnya. Kalau ada unek-unek dishare di komentar ya biar yang lain juga lebih tahu. Bye..bye. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar: