Rabu, 09 Maret 2016

14 Tips Ini Membuat Hidupmu Terlihat Lebih Sempurna


Siapa sih di dunia ini yang tidak ingin memiliki hidup sempurna. Sudah pasti semua orang akan menjawab “ya”. Memiliki hidup sempurna memang dambaan semua orang. Tapi ingatkah kita bahwa di dunia ini tidak ada yang sempurna, termasuk hidup kita. Setiap orang pasti memiliki masalah. Hidup tanpa masalah bagaikan masakan tanpa bumbu, hambar rasanya. Sebenarnya hidup akan terlihat sempurna jika kita sanggup bersyukur dan ikhlas menjalaninya. Hidup kita akan terlihat sempurna di mata orang lain, itu juga tergantung siapa yang memandangnya. Maka pesan gue, jangan samakan hidup kita dengan orang lain karena bagaimana pun tujuan hidup orang masing-masing pasti berbeda. Just enjoy your orientation guys. Okay di bawah ini adalah cara-cara yang bisa membuat hidup kalian terlihat bahagia di mata orang lain yang demam fiksi (just di mata orang lain).

Jangan Pernah Mengeluh
Siapa pun orang di dunia ini pasti pernah mengeluh. Tapi tingkat keseringannya tergantung kitanya masing-masing. Sebenarnya sering mengeluh tidakkah meringankan masalah kita. Ini justru memberikan sugesti kita bahwa kita bukanlah orang yang tegar dan kuat. Sebenarnya kita bisa menjadi orang yang lebih kuat dari kita yang sebenarnya. Selain dampak di atas, dampak konkrit lainnya yaitu orang lain yang mendengarnya juga merasa risih. Kalau pun mereka peduli, mereka akan membantu kita namun juga atas rasa kasihan.

Syukuri Setiap Kejadian yang Menimpa
Pintar-pintarlah mengambil hikmah. Allah memberi cobaan bukan kita yang meminta. Tahukah kalian di balik kesulitan pasti ada kemudahan? Kesulitan adalah jembatan yang diberikan Tuhan agar kita menjadi lebih baik. Kuncinya, kalian harus tetap positive thinking. Jangan mudah baper, jangan mudah tersinggung, atau pun terpuruk. Enjoy your time guys.
Ikhlas dalam Bertindak dan Lakukan dengan Hati
Setelah kita pandai dalam mengambil hikmah, kebaikan yang kita peroleh selanjutnya adalah keikhlasan dalam bertindak. Ini juga akan lebih terasa jika kita melakukannya dengan hati. Orang lain akan merasa kagum dengan diri kita. Selanjutnya mereka akan menganggap bahwa betapa sempurnanya hidup yang kita jalani. Meskipun sebenarnya tak seenak yang mereka bayangkan. Waktu bermanfaat adalah waktumu.
Jangan Membandingkan Orang Lain dengan Diri Kita
          Kunci syukur adalah jangan sekali pun kamu membandingkan nasibmu dengan nasib orang lain. Karena bagaimana pun rezeki sudah ada yang mengatur. Dan tugas kita hanyalah mengucapkan terimakasih kepada siapa yang memberi. Tujuan orang berbeda-beda. Begitu pun untuk ukuran sukses. Ada beberapa dari kita yang pusing karena badan gendut dan tak langsing seperti model. Padahal pekerjaan kita tidak menuntut badan langsing. Bagi model, tubuh langsing memang perlu karena itu sudah tuntutan pekerjaan.
Membagikan Senyum dan Keramahan
          Senyum dan keramahan itu murah, atau bahkan gratis. Jangan pelit untuk menebar senyum. Cobalah berusaha untuk tersenyum atau menyapa terlebih dahulu ke orang lain, mau hati sedang morat-marit atau pun bahagia luar biasa. Masalah apa yang akan mereka balas untuk senyuman dan sapaan kita, itu urusan mereka. Jangan sungkan untuk menjadi pertama dalam berbuat kebaikan.
Ciptakan Humor Singkat
          Seorang yang mampu menciptakan kelucuan biasanya akan menarik seseorang bahkan banyak orang untuk tertawa. Dengan menjadi sumber tawaan banyak orang, tak jarang orang lain akan berpikir bahwa hidupmu begitu bahagia karena tanpa masalah.
Minim Merepotkan Orang Lain
          Dengan selalu merepotkan orang lain, seperti sering mengeluh itu menandakan begitu lemahnya dirimu. Cobalah belajar mandiri. Mandiri dan dewasa tidak tergantung usia seseorang, tapi berasal dari bijaknya seseorang dalam berpikir dan bersikap. Lagi pula dengan tidak merepotkan orang lain, itu berarti kamu telah membuat mereka bahagia dan berbuat baik dengan mereka. Mereka menjadi tidak tahu betapa susahnya hidupmu yang seharusnya memang tidak mereka rasakan.
Tanggap dan Kreatif Mencari Solusi dari Masalah
          Dengan kamu bersikap mandiri kamu akan tangguh dan kuat terhadap masalah karena sudah terlatih. Seseorang akan terpacu untuk segera selesaikan masalah, dan alhasil akan timbul kreatifitas yang tinggi. Kamu akan berusaha cepat dalam menyelesaikan masalah agar orang-orang di sekitarmu tidak segera tahu dan membuat beban pikiran mereka. Cepat dan tanggap dalam selesaikan masalah tidak berarti lari dari masalah. Itu jelas berbeda
Menghindar dari Sifat Dikasihani Orang
          Mengeluh atau terlihat puyeng dan sepaneng menandakan seseorang masih dalam banyak masalah. Cobalah untuk diam jika memang tidak perlu dibagikan. Pilihlah orang yang tepat untuk bercerita dan jangan ke semua orang. Kesedihan bukanlah untuk dibagi tapi untuk diselesaikan dengan partner yang tepat.
Berpenampilan Fresh
          Jangan pernah lihat seseorang dari chasingnya karena bagaimana pun luar dan dalamnya belum tentu sama. Tapi orang yang sedang bermasalah, biasanya akan terlihat lusuh atau pucat. Hal ini karena otaknya akan bekerja lebih keras tergantung beban masalah yang tengah dirasakan.
Tenang
          Dalam menghadapi masalah, sudah seharusnya bersikap tenang. Tindakan grusa-grusu membuat seseorang akan lebih ceroboh daripada biasanya. Bisa saja, hal ini tidak membuat terselesaikannya masalah, melainkan justru memperkeruh.
Berbagi Cerita Senang ke Orang Lain (Jujur dan Tidak Pamer)
          Ada dua tipikal orang dalam merespon cerita senang seseorang. Orang itu dianggap baik jika senang mendengar senang. Sebaliknya, orang tidak baik akan sedih ketika mendengar cerita senang. Untuk itu pilihlah orang yang tepat untuk mendengar cerita senang yang akan kamu bagikan. Bukan untuk pamer atau hal negatif lainnya, melainkan untuk menginspirasi jika memang cerita itu bermanfaat. Ceritakan sejujurnya dan jangan berlebihan.
Senang Berbagi Rezeki
          Dalam beramal itu wajib. Dan sudah selayaknya, perbuatan baik yang kamu bagi tidak akan lari kemana melainkan ada pengganti yang lebih baik. Tapi ingat, dalam berbagi tidak maksud untuk riya tapi melainkan untuk wujud rasa syukur kebaikan apa yang telah kamu terima.
Jangan Terlihat Ngoyo
          Segala perjuangan tidak menuntut keharusan, melainkan bagaimana kamu menikmati proses. Terlalu ngoyo sangat tidak disarankan. Lakukan yang terbaik dengan melakukan apa yang seharusnya dilakukan dan ada di tempat yang seharusnya berada. Untuk hasilnya serahkan dengan Tuhan. Usaha dan berdoa itu yang utama. Manusia itu sudah paket komplit. Ada kelebihan, ada pula keterbatasan.

Dalam hidup memang kita sendiri yang memaknainya. Terserah mau dibilang apa oleh orang lain, toh kita sendiri yang ngejalanin. Tapi tahukah kalian bahwa sebenarnya terlihat seperti orang kuat, orang yang tegar, orang yang dengan kesempurnaan dalam hidup bisa membuat orang lain salut dengan kita. Akibatnya mereka akan semakin mendekat dengan kita dan ingin tahu lebih tentang siapa kita. Pada dasarnya ini adalah cara agar orang lain memandang hidup kita itu sempurna bukan diri kita sendiri yang menganggap hidup kita sempurna. Karena bagaimana pun kita sendiri yang memaknai. Di dunia ini nggak ada sempurna. Ini bukan settingan lhoh jelas bukan settingan. Karena selain dampak ekternal, ini juga dapat mensugesti pikiran kita sendiri bahwa hidup kita memang sempurna. Kunci terpentingnya adalah selalu bersyukur ya guys. Nggak ada alasan buat hidup kalian nggak bahagia.

Tidak ada komentar: