Rabu, 09 Maret 2016

12 Cara Terampuh untuk Meningkatkan Konsentrasi Ini Wajib Kamu Ketahui


Sering bagi kamu merasa oon, butuh a*ua, atau kurang konsentrasi. Hemm pasti itu sangat menyebalkan dan membuat kamu merasa kesuh sendiri karena terkadang apa yang kamu harapkan jadi terbengkalai karena kurang mahirnya kemampuan otak. Dalam mempelajari sesuatu dan mengerjakan pekerjaan dengan sukses membutuhkan daya konsentrasi yang lumayan tinggi bukan?. Jika kita memiliki konsentrasi yang lumayan kuat terhadap suatu hal, otomatis fokus untuk mengerjakan hal tersebut akan lebih tinggi. Hasilnya pun, bisa diselesaikan dengan efektif dan efisien.

Pengin punya konsentrasi yang tinggi? Jawabannya sama kaya gue. Di sini gue juga merasa kebingungan kenapa kemampuan otak gue juga biasa-biasa aja. Kemampuan otak gue yang biasa aja mendorong gue buat browsing meningkatkan kapasitas otak seperti kalian saat ini. Alhamdulillah nemu deh. Hasilnya meskipun malam ini lagi UAS dan tugas masih banyak-banyaknya gue tetep nyempetin nulis artikel ini. Dan inilah dia beberapa tips berguna untuk meningkatkan konsentrasi, yang juga erat kaitannya dengan daya ingat. Semoga cara-cara ini ampuh dan bisa berguna buat kalian yang sedang mengerjakan atau mempelajari sesuatu.
Sumber: Flickr.com


Buatlah aktivitas yang kalian lakukan menjadi sebuah kebiasaan
Aktivitas yang dilakukan secara berulang-ulang, rutin dan dalam jangka waktu yang lama akan menjadi sebuah kebiasaan. Sehingga akurasi kalian dalam bekerja akan semakin tinggi karena daya konsentrasi sudah terlatih. Hal ini membuat otak kalian tidak mendapatkan beban yang terlalu berat.
Seperti dalam pepatah Inggris yang mengatakan practice makes perfect . Begitu juga dengan belajar dan bekerja. Lakukan berulang-ulang, maka lama kelamaan kalian akan terbiasa melakukan hal tersebut. Hasilnya, kalian akan lebih mudah berkonsetrasi dalam melakukannya. Seperti halnya bagi kalian yang masih sekolah atau kuliah. Belajar yang dilakukan secara perlahan dan sedikit namun rutin akan memberi manfaat lebih bagi kalian ketimbang harus belajar semalam suntuk namun sekali sewaktu malam menjelang ujian. Sistem SKS gitu, “Sistem Kebut Semalam.” Biasakan belajar setiap hari. Belajar setiap hari tidak akan membuat otak kalian lelah asalkan dengan porsi yang tepat dan jangan lupa piknik.

Liburan dan lakukan Sesuatu yang Baru
Pekerjaan yang dilakukan secara berulang dan terus-terusan bisa saja membuat kalian jenuh dan hasilnya kalian tidak akan menikmati apa yang kalian lakukan. Untuk itu bukan salahnya jika daya konsentrasi kalian berkurang karena harus melakukan sesuatu hal yang monoton. Lakukan piknik atau refreshing untuk sekadar mengistirahatkan otak. Misalnya dengan berkunjung ke tempat yang belum pernah dikunjungi, tempat wisata, atau pun sekedar tempat baru meskipun hanya jarak dekat. Petualang itu hal asyik kawan.
Selain itu kalian juga bisa berlatih pada hal yang baru yang belum pernah kalian alami. Misalnya berlatih alat musik, olahraga, memasak, atau hobi-hobi baru. Jika memang waktu yang tersedia tidak mencukupi untuk mempelajari hal baru, kalian bisa meneruskan pada hobi yang telah kalian punya.
Hal ini akan merefresh otak kalian dan hasilnya semangat baru akan muncul. Otak kalian juga akan lebih fokus dan konsentrasi lebih tinggi.

Kembangkan pola hidup sehat
Daya konsentrasi sangat erat kaitannya dengan aliran darah ke otak. Semakin lancar aliran darah ke otak, semakin mudah pula kita berkonsentrasi. Lalu bagaimana caranya? Pola hidup sehat yang seimbang akan memperlancar aliran darah dan alhasil otak akan lebih fokus.
Sediakan waktu untuk tidur dan istirahat cukup, olahraga teratur, dan makan makanan yang bergizi. Manfaatnya tidak hanya bagus untuk otak dalam jangka pendek namun juga sangat berguna dalam jangka panjang atau hingga usia tua. Penasaran? Orang yang mengembangkan pola hidup sehat akan terhindar dari sifat pikun dan pelupa saat ia menginjak usia lanjut. Oleh karena itu, sangat penting sekali untuk menjaga gaya hidup kalian tetap seimbang dan sehat. Selain manfaat untuk otak juga sangat berguna bagi kesehatan fisik. Jangan takut hidup sehat, guys!

Kerjakan sesuatu di meja kerja atau meja belajar
Kebiasaan mahasiswa atau pelajar untuk belajar adalah rasa kantuk yang menyerang. Memang paling asyik kalau belajar di tempat tidur dan apalagi kalau menempel di bantal. Dalam jangka waktu tidak lama tanpa sadar buku sudah tertutup dan jam sudah tidak lagi menunjukkan arah jam yang sama.
Biasakan bekerja atau belajar di meja khusus untuk belajar bekerja. Jika tidak punya usahakan jangan di tempat tidur, terutama jika kalian melakukan berbagai aktivitas yang menuntut konsentrasi tinggi. Melakukan di tempat yang sesuai akan meningkatkan fokus pada otak kalian. Jangan membiasakan diri untuk belajar di tempat tidur, karena akan lebih banyak stimulus, misalnya rasa ngantuk seperti halnya yang terjadi pada manusia normal. Jangan lupa pastikan meja tempat kalian mengerjakan berbagai hal penting memiliki kondisi yang kondusif. Cari kursi yang nyaman, namun kondusif untuk melakukan pekerjaan serius. Perhatikan pula masalah penerangan dan sirkulasi udara.

Jauhkan diri dari makanan atau alat komunikasi
Seperti halnya konsentrasi yang terpecah karena tempat yang tidak kondusif, makanan juga akan menghilangkan fokus pada otak kalian. Terutama bagi kalian yang suka makan. Tidak hanya itu, alat komunikasi juga dapat menghilangkan fokus buat kalian. Terbayang jika kalian lagi fokus belajar, handphone dering terus akhirnya kalian akan termotivasi untuk membuka pesan yang masuk. Jika bersikeras untuk tidak membuka, kalian pasti sudah tidak sabar karena rasa penasaran yang tinggi dan akibatnya otak gagal fokus karena harus tergesa-gesa selesaikan pekerjaan. Simpanlah handphone kalian pada tempat yang tepat jika kalian masih membutuhkan waktu untuk konsentrasi tinggi. Sebenarnya bukan hanya makanan atau alat komunikasi, tetapi juga alat-alat yang lain yang bisa merusak konsentrasi otak kalian.

Kerjakan fokus pada satu hal dalam satu waktu hingga selesai
Ini adalah kelanjutan dari cara di atas. Kalian pasti ingin menyelesaikan suatu pekerjaan dengan hasil yang bagus dan berkualitas. Fokus terhadap kualitas bukan kuantitas. Biasakan diri untuk mengerjakan satu hal hingga selesai dengan sempurna, baru beralih ke hal yang lainnya. Jangan membiasakan diri untuk melakukan multitasking , atau mengerjakan berbagai macam hal dalam satu waktu.
Mungkin kalian pernah membaca artikel bahwa kebiasan multitasking bisa melatih konsentrasi kalian kepada beberapa hal dan akibtanya otak akan terlatih. Pendapat ini keliru karena kebiasaan multitasking tersebut justru menuntut  kalian membagi konsentrasi ke berbagai hal sekaligus. Kalau sudah terlatih sih tak apa-apa namun akibatnya otak akan mudah lelah. Dengan membiasakan diri fokus pada satu hal di hadapan kalian, berbagai pengalih perhatian akan lebih mudah dihindari, kita akan lebih mudah berkonsentrasi. Hasil akhir pekerjaan yang dilakukan pun akan lebih optimal.

Meditasi
Salah satu latihan ringan yang paling mudah untuk meningkatkan konsentrasi adalah dengan cara meditasi. Namun, konsep utama dalam meditasi bukanlah mengosongkan pikiran. Tetapi leih tepatnya memusatkan pikiran terhadap satu hal tertentu. Jika kalian melakukan meditasi yang tepat dan menjadi sebuah kebiasaan, maka kalian secara otomatis telah melatih kemapuan konsentrasi kalian. Meditasi juga berguna untuk membuat tubuh menjadi lebih rileks dan tenang.

Sediakan waktu khusus untuk melamun
Salah satu hal yang paling rawan dalam membuyarkan konsentrasi adalah kebiasaan untuk melamun. Lamunan bisa dengan mudah menghancurkan konsentrasi dan mood untuk bekerja yang sudah kita ciptakan. Jangan salah, aktivitas ini juga cukup memakan banyak waktu, bahkan bisa juga menimbulkan rasa malas yang membuat kita menunda pekerjaan. Dengan menyediakan waktu khusus untuk melamun, misalkan setengah jam sebelum tidur; otak kita akan mendapat waktu khusus untuk beristirahat. Akibatnya, saat harus fokus, kemungkinan untuk terbawa dalam lamunan akan menjadi lebih kecil.

Istirahat setiap satu jam
Ingatlah untuk memberikan otak kalian istirahat sebentar setidaknya lima menit setiap 60 menit aktivitas yang memerlukan konsentrasi tinggi. Jika otak kalian harus berkonsentrasi secara konsisten selama berjam-jam pada suatu waktu tanpa jeda, daya konsentrasi dan fokus kalian justru bisa menurun secara drastis. Oleh karena itu, jangan memforsir kerja otak. Beristirahatlah setidaknya 3 sampai 5 menit setiap bekerja, untuk menjaga vitalitas otak kalian. Bisa dengan berjalan-jalan keluar sebentar, makan camilan, atau sekedar berhenti dari hal yang kalian lakukan dan mendenganrkan musik. Jika kalian perlu bekerja atau belajar dalam durasi yang lama, jangan ragu untuk mengambil waktu istirahat yang cukup lama untuk tidur.

Latih otak untuk menghafal dan melogika
Kebiasaan pelajar di Indonesia hanya cukup menghafal tanpa paham terhadap apa yang mereka hafalkan dan akibatnya belajar untuk dilupakan. Logika dan pahami pula apa yang kalian pelajari sehingga pengetahuan yang kalian serap di otak akan bertahan dalam waktu yag cukup lama. Namun selain itu latih pula otak kalian untuk menghafal sutau hal. Misalnya menghafal nomor telepon, pin BB, alamat rumah, ayat Al-Qur’an atau pun hal yang lain.
Ada yang berpendapat kemampuan otak yang terlalu sering menghafal dan melogika akan melemahkan otak dan memori otak akan penuh. Pendapat ini salah MUTLAK. Kalian bisa bandingkan otak yang sering menghafalkan, melogika, atau berpikir akan lebih terlatih dibandingkan yang tidak sama sekali. Bisa kalian lihat para guru atau dosen yang masih memiliki daya ingat yang kuat ketimbang emak-emak tetangga kalian yang memiliki umur yang sama namun lebih mudah lupa atau pikun. Lalu masih adakah alasan untuk mencontek sewaktu ujian?

Melakukan aktivitas yang bisa memperlancar aliran oksigen ke otak
Darah adalah kendaraan utama oksigen dalam tubuh kita. Oleh karena itu, cobalah untuk melakukan berbagai aktivitas yang bisa memperlancar aliran darah, di mana hal ini bisa membantu meningkatkan konsentrasi. Dalam rangka membantu mengalirkan oksigen ke otak, kalian bisa bangun dan berjalan-jalan setiap beberapa saat, merubah posisi duduk, atau bahkan berbaring. Jika kalian terjebak di tempat kerja dan tidak bisa melakukan aktivitas-aktivitas di atas, cobalah melakukan gerakan-gerakan kecil di tempat kerja. Lakukan saja senam-senam yang tidak terlalu menyita tempat, terutama peregangan anggota-anggota tubuh.

Teknik "laba-laba"
Ada sebuah teknik yang disebut dengan "teknik laba-laba". Perhatikan saja saat di mana seekor laba-laba sedang membangun sarangnya. Jika kita meletakkan sebuah sumber bunyi-bunyian di samping sang laba-laba tersebut, ia sama sekali tidak akan terganggu dan memutuskan untuk meneruskan pekerjaannya membangun sarang. Nah, inilah yang harus kalian pelajari. Kalian harus belajar untuk bisa mengabaikan hal-hal kecil yang bisa mengalihkan perhatian, misal pintu yang terbuka, orang yang lalu-lalang, suara musik di kejauhan, dan lain-lain. Jangan sampai hal-hal kecil tersebut dengan mudah memecahkan konsentrasi dan fokus yang kita bangun.
Konsentrasi memang sangat dibutuhkan untuk menunjang efektifitas dan efisiensi dalam bekerja. Jangan salahkan kemapuan otak kalian. Kemampuan otak adalah anugerah dari Tuhan dan tugas kalian adalah merawatnya. Sebagai manusia otak kalian adalah otak paling sempurna dibanding otak makhluk lainnya. Jika kalian merasa otak kalian tidak memiliki kapasitas serta kemampuan yang sesuai harapan, mungkin ada yang salah dengan cara hidup kalian. Be smart people guys!
Ok deh sekian informasi yang dapat gue share. Terimakasih tulus gue tuturkan sudah menyempatkan waktu mampir di blog ini buat membaca. Mohon maaf jika banyak kesalahan dan kekurangan dalam penulisan maupun isi yang gue tebak pasti jelas ada. Semua butuh kritik dan saran agar lebih baik kedepannya. Kalau ada informasi tambahan atau kurang benar bisa deh langsung dishare agar yang lain juga lebih tahu dan cerdas. Semoga bermanfaat buat hidup kalian. Jangan lupa mampir juga di postingan yang lain ya.


Tidak ada komentar: