Selasa, 01 September 2015

Contoh Laporan Penjualan

Contoh Laporan Penjualan

A.    WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN
1.             Waktu pelaksanaan penjualan Brownies Bakar “Ichi Brownies” dilaksanakan pada selama satu minggu, yakni pada hari Senin, 20 April 2015 hingga Minggu, 26 April 2015.
2.             Tempat pelaksanaan penjualan Brownies Bakar “Ichi Brownies” terdiri dari:

a.         Gedung C Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial
b.        Kost-kost di Kelurahan Banaran
c.         Kost masing-masing anggota, kost dekat dengan anggota dan kost sekitar Unnes, terdiri dari: Bela Vista Kost, Insta Kost, Darmada Kost, Srikandhi Kost, Kartini Kost, Demoro Kost, dan lain-lain.

B.     ALAT DAN BAHAN PEMASARAN
1.             Alat yang digunakan untuk penjualan Brownies Bakar “Ichi Brownies” terdiri dari:
a.         Keranjang atau box yang digunakan untuk membawa brownies.
b.        Gelas plastik sebagai alat penampung uang dari pembeli termasuk uang kembalian karena penjualan juga dilakukan penitipan.
2.             Bahan yang digunakan untuk penjualan Brownies Bakar “Ichi Brownies” adalah komoditas yang kami tawarkan kepada konsumen yakni brownies bakar yang tersedia dalam box.
3.             Media yang digunakan untuk penjualan Brownies Bakar “Ichi Brownies” terdiri dari media sosial seperti facebook, twitter, dan blackberry masenger.

C.    TAHAPAN PROSES PEMASARAN
1.             Alur Pemasaran:
Berikut alur pemasaran terkait pendistribusian produk adalah:




Konsumen

Penitipan
Gazebo C3

Konsumen

Konsumen

Penitipan
kost teman

SELLER :
DENI
ELLY
SHINTA
UMI



PRODUSEN
BAGAN 1. ALUR PEMASARAN

Keterangan : pemasaran dimulai dari barang yang dibeli langsung dari produsen, dijual oleh setiap anggota kepada konsumen langsung, maupun melalui penitipan terlebih dahulu sebelum sampai ke konsumen.
 



2.                  Prosedur Kerja
Prosedur kerja yang dilakukan dalam pemasaran barang adalah:
a.                  Mengambil dari pemasok.
Pada hari pertama, pengambilan brownies dilakukan oleh saudari Umi dari tempat pemasok sebanyak satu box. Begitu pun, ketika satu box tersebut sudah habis maka mengambil satu box brownies lagi ke tempat pemasok.
b.                  Merumuskan perencanaan
Perencanaan terkait dengan strategi pemasaran yang digunakan dan tempat pemasaran, yang tertulis pada bagan sebagai berikut.
Bagan terkait strategi pemasaran yang dilakukan:
Bagan 2. Strategi Pemasaran

Door to Door

Gedung FE dan FIS

Gazebo depan C3

Penitipan

Face to Face

Strategi Pemasaran

Kost anggota kelompok dan kost teman anggota

Kost anggota kelompok dan kost terdekat gedung C3
 
















c.                  Pembagian tugas masing-masing anggota untuk memasarkan barang terkait jumlah, strategi, dan tempat pemasaran.
Pembagian tugas dilakukan dalam memasarkan barang dengan tujuan produk yang ditawarkan antara anggota satu dengan anggota yang lain berada dalam satu tempat. Misalnya, Elly menjual browniesnya di kawasan selatan kampus FIS dan FH. Sedangkan, Deni dan Shinta yang berada dalam satu kost menjual dibagian barat dan Umi menjual di Utara Kampus atau di Banaran.



d.                 Pelaksanaan penjualan.
Penjualan kepada konsumen dalam pelaksanaannya setiap anggota menggunakan metode dan teknik yang berbeda-beda sesuai kemampuannya masing-masing, dengan prinsip penjualan tidak dilakukan dengan cara pemaksaan melainkan berdasarkan hati nuraninya.
e.                  Pelaporan produk yang terjual.
Pelaporan brownies yang terjual dilakukan ketika setiap penjualan misalnya mengambil 28 brownies tersebut terjual habis. Pelaporan jumlah uang yang terjual dicatat oleh Shinta, disertai saksi oleh anggotanya. Uang hasil penjualan dikumpulkan kepada Umi dan pencatatan uang dilakukan oleh Deni.

D.           ANGGARAN BIAYA

Satu box brownies bakar berisi 100 buah dengan harga                     Rp 75.000,00
Sewa keranjang 1 buah                                                                       Rp 5.000,00
Total                                                                                                    Rp 80.000,00

Rincian modal per anggota kelompok:
No
Nama Anggota
Jumlah anggaran
1
Elly Anggraeni
Rp   20.000,00
2
Umi Rofida
Rp   20.000,00
3
Deni Sri Haryati
Rp   20.000,00
4
Shinta Apriliawati
Rp   20.000,00
Total

Rp 80.000,00

       Modal awal sebesar Rp 80.000,00 digunakan untuk membeli 1 box yang berisi 100 brownies sebesar Rp 75.000,00 dan penyewaan box / keranjang sebesar Rp 5.000,00. Hasil penjualan dari brownies box pertama digunakan untuk membeli brownies dari pemasok kembali.



Untuk pembelian brownies ketiga dari pemasok sebanyak 2 box brownies yang masing-masing box berisi 100 buah seharga Rp 150.000,00 dan Sewa keranjang 2 buah Rp 10.000,00 brownies bakar modalnya berasal dari keuntungan dan hasil penjualan bronwnies box kedua, dengan rincian :
Laba bersih penjualan ke-1
Rp   25.000,00
Laba kotor penjualan ke-2
Rp 100.000,00
Penambahan (Nn. Umi)
Rp   35.000,00
Total
Rp 160.000,00

E.            ANALISA USAHA
1.         Jumlah total produk
Kuantitas produk yang dijual sebanyak 4 box yang berisi 100 brownies/box.
4 box X 100 = 400 pcs.
2.       Harga pembelian per produk
·                Harga beli per pcs brownies Rp 750,00
·                Total harga
          Harga Pokok Penjualan per pcs X Kuantitas (Q):
          Rp 750,00 X 400 = Rp 300.000,00
3.         Harga jual
Kami menjual brownies bakar “ichi brownies” dengan harga Rp 1.000,00 per pcs.
4.         Hasil Penjualan
Harga jual per pcs       X Kuantitas (Q)          = Hasil Penjualan
Rp 1.000,00                X         400                  = Rp 400.000,00
dengan rincian penjualan
1.      Penjualan ke-1 (Senin, 20 April 2015) dalam 1 box brownies pertama sebanyak 54 brownies.
2.      Penjualan ke-2 (Selasa, 21 April 2015) dalam 1 box brownies pertama sebanyak 46 brownies.
3.      Penjualan ke-3 (Rabu, 22 April 2015) dalam 1 box brownies kedua sebanyak 100 brownies
4.      Penjualan ke-4 (Kamis, 23 April 2015) dalam 2 box brownies ketiga dan keempat sebanyak 106 brownies.
5.         Penjualan ke-5 (Jum’at, 24 April 2015) dalam 2 box brownies ketiga dan keempat), dilakukan oleh seluruh anggota secara bersama-bersama sebanyak 56 brownies.
6.         Penjualan ke-6 (Sabtu,25 April 2015) dalam 2 box brownies ketiga dan keempat) sebanyak 38 brownies.
*Keterangan: Penjualan ke-n dilakukan berdasarkan hari penugasan.



5.         Laba Penjualan
·              Laba per pcs:
               =          Harga jual – HPP per pcs
               =          Rp 1.000,00 – Rp 750,00
               =          Rp 250,00
·              Laba bersih:
               =          Rp 250,00 X 400
               =          Rp 100.000,00
·                Presentase Keuntungan
=   Laba Bersih     X 100%
        HPP
=   Rp 100.000,00                 X 100%
     Rp 300.000,00
=   33,3%
6.         CR Ratio
=    Hasil Penjualan
        Laba Bersih
=    Rp 400.000,00
                  Rp 100.000,00
=    4
*Keterangan: >1 (BEP), jadi usaha layak dilanjutkan.
7.         Rentabilitas
Rasio Rentabilitas betujuan untuk mengetahui kemampuan dalam menghasilkan laba selama periode tertentu, juga bertujuan untuk mengukur tingkat efektifitas manajemen dalam menjalankan operasional perusahaannya.
                  =    X 100%
=    Rp 100.000,00  X 100%
Rp 400.000,00
                  =    25%
*Keterangan: >18% (suku bunga bank), jadi usaha layak untuk dilanjutkan.



F.          LAPORAN PENJUALAN

Tanggal
Keterangan
Debet
Kredit
Minggu,19/4/2015
Pembelian Brownies 1 box.
Penyewaan 1 kranjang
Kas
Rp 75.000,00
Rp   5.000,00


Rp 80.000,00
Senin, 20/4/2015
Kas
       Penjualan
Rp 54.000,00

Rp 54.000,00
Selasa, 21/4/2015
Kas
Penjualan
Rp 46.000,00

Rp 46.000,00
Rabu, 22/4/2015
Pembelian Brownies 1 box
Kas
Rp 75.000,00

Rp 75.000,00
Rabu, 22/4/2015
Kas
Penjualan
Rp 100.000,00

Rp 100.000,00
Kamis, 23/4/2015
Pembelian Brownies 2 box
Penyewaan 2 keranjang
Kas
Rp 150.000,00
Rp   10.000,00


Rp 160.000,00
Kamis, 23/4/2015
Kas
        Penjualan
Rp   106.000,00

Rp  106.000,00
Jumat, 24/4/2015
Kas
        Penjualan
Rp 56.000,00

Rp 56.000,00
Sabtu, 25/4/2015
Kas
        Penjualan
Rp   38.000,00

Rp   38.000,00
Minggu, 26/4/2015
Kas
        Pengembalian Keranjang 3 buah
Rp   15.000,00

Rp   15.000,00
Jumlah

Rp 730.000,00
Rp 730.000,00

G.     PEMBAHASAN
Pelaksanaan penjualan brownies berlangsung 6 hari (20 April 2015-26April 2015) dilaksanakan dengan baik. Tempat pelaksanaan yang direncanakan untuk berjualan strategis, sehingga dapat memperbanyak jumlah brownies yang dijual. selain itu, alat dan bahan yang digunakan tidak banyak, cenderung efektif dan efisien.
Tahapan proses pemasaran dibuat secara jelas dengan menjaga kerja sama antar anggota agar tidak terjadi perpecahan atau miss comunications. Dalam anggaran biaya, setiap anggota mengeluarkan modalnya dibagi rata agar adil yaitu sebesar Rp 20.000,00 dikalikan 4 anggota, dan pembagian keuntungan juga dilakukan dengan adil / sama rata. Untuk analisa usaha dihitung dari rasio rentabilitas sebesar 25 % memungkinkan usaha layak untuk dilanjutkan. sehingga hal-hal tersebut dapat dibuat analisa SWOT sebagai berikut.
1.                  Kekuatan (Strenght)
Harga produk yang ditawarkan terjangkau, hanya Rp 1.000,00/pcs dengan rasa enak dalam bentuk yang bervariasi (bulat dan hati) dan rasa yang bervariasi (coklat dan pandan) membuat konsumen berminat terhadap brownies bakar “Ichi Brownies”.
2.                  Kelemahan (Weakness)
Bentuk brownies bakar ini kecil, terkadang konsumen menginginkan dalam bentuk yang besar untuk dikonsumsi bersama-sama dan lebih praktis untuk dihidangkan bersama keluarga. Selain itu, experiod date relatif pendek (hanya 12 hari).
3.                  Peluang (Opportunity)
Pendistribusian yang mudah dengan adanya konsumen yang sebagian besar mahasiswa yang relatif konsumtif. Selain itu penjualan yang dilakukan di lingkungan kampus sangat mendukung karena banyak sekali kost yang dapat dikunjungi untuk melakukan promosi dan penawaran produk tersebut.
4.                  Hambatan (Threat)
Banyaknya pesaing dari kelompok lain dan pada saat dilakukan penjualan terjadi surplus penawaran produk yang serupa.

H.      KESIMPULAN
          Penjualan Brownies Bakar “Ichi Brownies” dapat dilakukan dengan lancar. Selama satu minggu penugasan, kami mampu menjual sebanyak 400 pcs dalam 4 box brownies. Usaha penjualan brownies ini layak jika dilanjutkan karena memiliki rentabilitas sebesar 25% dan Current ratio sebesar 4x. Jumlah ini lebih besar daripada standar rentabilitas dan current ratio minimal untuk melanjutkan sebuah usaha.



BUKTI PENJUALAN




Tidak ada komentar: