Selasa, 01 September 2015

Gejala Ambeien

Gejala Ambeien

Ambeien dalam isitilah kedokteran disebut dengan hemorroid yakni pelebaran pembuluh perianal (sekitar anus) yang terjadi karena BAB yang dipaksakan. Penyebab lain dari wasir adalah sering duduk dalam waktu lama sampai seharian penuh, sering mengangkat beban yang berat-berat, dan juga kehamilan. Penyebab susah BAB antara lain kurang minum air putih, kurang makanan berserat dan kurang olahraga.

Gejala Ambeien
Gejala yang terjadi pada penderita ambein :
1. Mengalami perdarahan dubur dengan warna darah merah muda yang menetes atau mengalir lewat lubang dubur/anus
2. Penderita juga akan merasa ada ganjalan pada anus ketika BAB sehingga penderita akan ngeden/mengejan yang dapat memperparah ambeiennya.
3. Biasanya anus akan terasa gatal akibat virus dan bakteri yang membuat infeksi.
Beberapa stadium gejala ambeien :
1. Stadium 1: darah menetes setiap selesai buang air besar. Dalam stadium ini tonjolan masih kecil dan belum keluar.
2. Stadium 2: tonjolan keluar setelah buang air besar namun masuk kembali saat berdiri. Pada stadium ini tonjolan sudah keluar dalam ukuran sedang.
3. Stadium 3. Tonjolan keluar dan tidak masuk lagi setiap selesai buang air besar kecuali didorong dengan tangan. Pada stadium ini tonjolan sudah lebih besar
4. Stadium 4. Tonjolan sudah besar dan tidak bisa masuk lagi walaupun didorong dengan tangan.
Penyebab dari munculnya gejala ambeien atau wasir adalah bisa disebabkan akibat gaya hidup yang kurang melakukan gerakan atau suatu aktivitas, selain itu juga pola makan yang kurang akan asupan serat yang bisa menyebabkan terjadinya kenaikan resiko pada wasir. Dan selain itu jika wasir atau ambeien terlambat untuk ditangani malah akan menyebabkan keadaan ambeien menjadi semakin parah.
Ambeien memanglah bukan salah satu jenis penyakit yang berbahaya dan bisa menyebabkan kematian. Namun penyakit ambeien ini bisa sangat mengganggu aktivitas seseorang dan bisa membuat kualitas hidup seseorang mengalami penurunan. Oleh sebab itulah sebelu ambeien Anda menjadi semakin parah, maka kita harus dengan cermat dengan mengenai tanda-tanda atau gejala ambeien agar bisa dengan segera mendapatkan penanganan yang tepat.
Gejala ambeien pada umumnya tidak bisa dideteksi secara dini karena masih belum bisa menimbulkan suatu gejala. Namun, melakukan perawatan dini untuk mencegah penyakit ambeien bisa saja dilakukan. Dibawah ini beberapa gejala ambeien yang umum adalah :
1. Rasa panas pada anus atau dubur
Rasa panas yang muncul biasanya terjadi saat sedang duduk terlalu lama atau juga setelah buang air besar. Rasa panas yang muncul di anus terjadi disebabkan karena adnaya penekanan pada vena yang sudah mengalami pembesaran.
2. Darah keluar
Darah yang keluar dengan menetes pada kertas toilet atau di dalam toilet saat sedang buang air besar dan bersamaan dengan tinja merupakan salah satu gejala ambeien selanjutnya. Hal ini disebabkan karena pembuluh darah yang disebabkan oleh mengejan terlalu kuat saat sedang buang air besar. Dan hal ini disebabkan karena pembuluh darah vena merupakan salah satu pembuluh darah yang tipis dan bisa dengan mudah pecah, maka akan sangat mudah mengalami pendarahan saat sedang buang air besar.
3. Munculnya tonjolan
Terjadinya atau pembesaran pada pembuluh darah yang bentuknya tonjolan dari anus bisa keluar. Dan biasnaya jika sudah keluar tonjolan maka artinya adalah ambeien sudah memasuki tahap stadium lebih tinggi. Dan jika tonjolan yang terjadi masih bisa dengan mudah dimasukkan dengan spontan ke dalam anus, maka artinya adalah ambeien belum terlalu parah namun bisa mendapatkan penanganan khusus.
4. Rasa sakit yang muncul
Pada ambeien, gejala ambeien yang biasanya terjadi adalah rasa sakit di bagian anus terutama setelah Anda buang air besar. Dan biasanya rasa sakit ini disebabkan karena pembuluh darah pada anus yang pecah, terutama disaat Anda sedang mengalami penekanan pada feses.
5. Rasa gatal
Rasa gatal yang muncul pada anus biasanya dopicu karena masalah infeksi dari luka yang terjadi di pembuluh darah yang pecah. Dan lantaran akibat anus yang merupakan tempat feses berada, maka terjadinya infeksi juga akan semakin tinggi.
Cara mengobati gejala ambeien dan meredakannya adalah dengan beberapa hal dibawah ini :
1. Menjalankan pola hidup yang sehat
Pola hidup yang sehat dengan asupan makanan yang baik bisa membantu membuat proses terjadinya ambeien mengalami hambatan.
2. Konsumsia asupan serat
Makanan serat bisa membantu mencegah terjadinya susah buang air besar yang menjadi salah satu penyebab ambeien
3. Melakukan olahraga dengan teratur.
4. Minum air putih sebanyak 2 liter dalam sehari
5. Melakukan olahraga dengan teratur
6. Menghindari jenis minuman keras, rokok, serta narkotika
7. Hindari mengejan terlalu kuat
8. Janngan melakukan hubungan seks yang tidak wajar
9.Jangan membiasakan diri dengan menahan kencing serta buang air besar.

1 komentar:

Nama Kamu mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.