Jumat, 23 Oktober 2015

Contoh Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif di Mata Pelajaran Ekonomi Akuntasi

    
Materi Ekonomi yang Disampaikan
Materi yang akan disampaikan kepada  peserta didik adalah berkenaan metode penyusutan aktiva tetap. Model pembelajaran untuk menyampaikan materi metode penyusutan aktiva tetap adalah dengan Student Teams-Achievement Divisions.


Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif
1.  Menyampaikan tujuan dan memotivasi peserta didik
Guru menyampatikan tujuan dari pembelajaran hari ini. Sebagai contoh tujuan yang akan diraih adalah sebagai berikut:
a.   Peserta didik dapat memahami konsep dasar penyusutan aktiva tetap.
b.  Peserta didik dapat memahami macam-macam metode penyusutan aktiva tetap dan cara menghitungnya.
2.  Mengorgasisasikan peserta didik ke dlm kelompok-kelompok belajar
Semisal ada 30 peserta didik dan harus dibagi menjadi lima kelompok sesuai jumlah macam-macam metode penyusutan aktiva tetap. Berarti setiap kelompok terdiri dari enam orang.
3.  Guru menyajikan materi konsep dari metode penyusutan aktiva tetap. Seperti pengertian aktiva tetap dan penyutan, umur ekonomis, harga perolehan, nilai residu, dll.
4.  Guru memberikan soal tentang penyusutan aktiva tetap menggunakan lima metode. Setiap peserta didik dalam satu kelompok mengerjakan metode yang berbeda dengan anggota kelompok lain. Kemudian menjelaskan jawabannya kepada anggota yang lain. Guru sambil membimbing kelompok bekerja dan belajar.
5.  Guru memberikan kuis tentang metode penyusutan aktiva tetap dimana antaranggota dalam kelompok tidak dapat saling membantu.
6.  Pembahasan soal dan kesimpulan. Kesimpulan bisa didapat semisal harus menggunakan metode mana yang sesuai dengan jenis aktiva tetap.
7.  Evaluasi

8.  Memberikan penghargaan

Tidak ada komentar: