Jumat, 23 Oktober 2015

5 Dampak Negatif sebagai Alasan Harus Menghindari Perasaan Curiga


Dalam berpikiran kita sering dihadapkan pada pikiran negatif, seperti curiga pada seseorang atau suatu hal. Curiga memang boleh jika masih dibilang sewajarnya atau memang adanya peristiwa yang patuh dicurigai. Tetapi terkadang kita kelewat batas curiganya atau berlebihan. Mungkin karena saking kuatirnya, saking pekanya, saking sayangnya, atau saking bencinya. Curiga muncul karena perasaan takut dan gue yakin ini merupakan pikiran yang tidak perlu. Karena selain mengganggu konsentrasi otak, ini juga bisa menjadi penyakit hati, dan akibatnya akan kembali merusak badan. Dan ini adalah 5 dampak yang ditimubulkan dari perasaan curiga sekaligus alasan yang mendasari harus meninggalkan perasaan itu jauh-jauh.


Menjadikan Hubungan Merenggang
Ini adalah efek buruk pertama yang disebabkan oleh curiga. Perasaan curiga menyebabkan kurangnya rasa kepercayaan dengan yang lain. Akibatnya hubungan akan semakin menjauh. Selain perasaan tidak percaya terkadang juga menyebabkan timbulnya perlakuan seperti mata-mata terhadap yang lain. Akibatnya hubungan tidak sealami sediakala. Nah, inilah yang menyebabkan hubungan merenggang. Sikap seseorang yang seperti dimata-matai juga menyebabkan rasa tersinggung karena merasa tidak dipercayai. Lalu menimbulkan kebencian, emosi, atau balas demdam satu sama lain. Inilah mengapa rusaknya persahabatan, persaudaraan, atau hubungan baik yang lain menjadi renggang.


Seperti Doa
Pepatah mengatakan doa yang baik belum tentu dijabah, apalagi doa yang buruk. Tapi tahukah kalian bahwa sesungguhnya perkataan atau perasaan adalah doa. Pikiran mensugesti apa yang dialami diri kita termasuk apa yang menimpa diri kita. Untuk itu rasa curiga merupakan pikiran negatif yang ada dalam diri kita. Bisa saja dia menyerang apa yang menimpa diri kita. Maksudnya bisa menjadi doa dan akibatnya menjadi sesuatu yang benar-benar terjadi. Bahkan tak jarang seseorang yang merasa tertuduh justru akan benar-benar melakukan apa yang dituduhkan kepadanya. Untuk itu, adakah alasan untuk kita tidak menanamkan pikiran negatif pada pola pikir kita?

Dosa
Milikilah prasangka baik kepada.semua hal. Curiga merupakan suatu prasangka buruk terhadap suatu hal. Prasangka buruk bisa mengakibatkan dosa. Agar terhindar dari dosa maka alangkah baiknya jika kita membuang prasangka-prasangka buruk itu. Sebenarnya nggak ada manfaatnya juga terlalu menanam rasa curiga.

Hati tidak tenang
Selain dosa, hal yang pasti didapatkan dari rasa curiga adalah perasaan tak tenang. Rasa curiga menyebabkan rasa takut dan khawatir ikut mampir dalam perasaan diri. Akibatnya makan, tidur, dan melakukan aktivitas yang lain juga tak tenang. Kalau sudah berlangsung lama akibatnya stress pun ikut mengganggu. Jika sudah terlanjur demikian, hal ini tentunya bisa mengganggu kesehatan tubuh.

Rasa Malas dan Kurang Produktif
Jiwa yang terus tak tenang, takut, khawatir, dan pengaruh negatif lainnya bisa merusak konsentrasi otak. Akibatnya otak akan terus berpacu pada hal yang tak perlu dipikirkan. Konsentrasi yang buyar dan berlarut-larut nengacu pada hal yang tak penting, serta perasaan yang takut bisa menyebabkan malas untuk berbuat apa-apa. Akibatnya menjadikan tak ada pekerjaan yang berhasil dan pelakunya menjadi kurang produktif.

Nah hal di atas adalah hal-hal yang bisa terjadi akibat rasa curiga. Curiga memang perlu jika masih sebatas wajar dan perlu untuk dicurigai. Namun jika berlebihan dan berlarut-larut itu yang tidak baik karena bisa menyebabkan hal-hal di atas. Kalian pasti tahu sendiri mana yang memang perlu dicurigai dan mana yang tidak.
Nah tentunya cara yang tepat untuk menghindari rasa curiga adalah dengan munculkan selalu posthing. Selalu percaya dengan orang lain, apalagi dengan mereka yang yang sudah dianggap dekat. Wujudkanlah rasa keterbukaan dan jujur satu sama lain. Selain untuk membina hubungan baik, keterbukaan juga dapat mempercepat masalah menemukan solusi.

Okay sekian 5 dampak negatif perasaan curiga yang dapat gue share. Semoga bermanfaat buat kalian. Kritik dan saran bisa di komentar. Mohon maaf kalau ada yang salah dan kurang lengkap. Kalau ada tambahan tulis di komentar juga ya agar yang lain bisa lebih tahu. Terimakasih. Check the other posting ya. Bye.. Bye..

Tidak ada komentar: