Jumat, 23 Oktober 2015

Contoh Penerapan Strategi Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) di Mata Pelajaran Ekonomi Akuntasi


Materi Ekonomi yang Disampaikan
Materi yang akan disampaikan kepada  peserta didik adalah berkenaan kebutuhan manusia. Peserta didik harus mengkaitkan materi yg diajarkan dengan situasi dunia nyata dan membuat hubungan antara pengetahuan yangg dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sehari-hari sebagai anggota masyarakat.

Metode pembelajaran adalah cara yang digunakan untuk melaksanakan strategi pembelajaran. Dalam hal menyampaikan materi kebutuhan manusia dengan strategi pembelajaran CTL, dipilihlah metode pembelajaran diskusi. Peserta didik secara diskusi kelompok mengkaitkan materi yg diajarkannya dg situasi dunia nyata.

Penerapan Strategi Pembelajaran Contextual Teaching Leraning
Seperti strategi pembelajaran yang lain, langkah awal guru bersama peserta didik merumuskan tujuan dari pembelajaran ini. Tujuan pembelajaran ini adalah sebagai berikut:
1)  Peserta didik dapat memahami konsep kebutuhan manusia melalui analisis pengalaman dalam kehidupan sehari-hari.
2)  Peserta didik dapat mengamalkan pengetahuan tentang kebutuhan manusia dengan menerapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Selanjutnya adalah langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan pembelajaran:
1)  Guru meminta salah satu peserta didik untuk menceritakan bagaimana keluarganya memenuhi kebutuhan hidupnya. Dengan begitu peserta didik dapat menemukan materi tentang kebutuhan manusia dari pengalaman dalam kehidupan sendiri. Peserta didik dapat mengetahui tentang konsep dasar kebutuhan manusia, sebagai contoh pengertian kebutuhan manusia.
2)  Guru mengajak peserta didik untuk berpikir kritis dengan cara menunjukkan sebuah gambar seorang gelandangan yang tengah mencari makanan sisa di tempat sampah. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
a.   Guru mempersiapkan gambar seorang gelandangan.
b.  Guru memberi kesempatan peserta didik untuk mengamati gambar.
c.   Melalui diskusi kelompok 3-4 orang, peserta didik menganalisis gambar dan mencatatnya dalam kertas kerja. Sebagai contoh adalah sebagai berikut:
-         Gelandangan tak punya tempat tinggal, berpakain lusuh, sedang mencari makanan sisa, dan seperti tidak berpendidikan.
d.  Setelah membacakan hasil diskusi, guru menjelaskan materi dilanjutkan kesimpulan.
Dari langkah ini, peserta didik dapat membedakan mana kebutuhan primer, kebutuhan sekunder, dan kebutuhan tersier.

3)  Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk selanjutnya peserta didik dapat menerapkan pengetahuan yang diperoleh dalam kehidupan sehari-hari. Misal membuat skala prioritas antara mana yang harus dipenuhi kebutuhan primer, sekunder, atau tersier, hidup efektif, dll.

Tidak ada komentar: