Minggu, 28 Februari 2016

Cara Membersihkan Ketombe Alami Menggunakan Shampoo Ala Orang Tua (Merang) Ini dapat Membersihkan Ketombe Sampai Akar-Akarnya


Kulit kepala memang sangat rentan untuk mengelupas. Hal ini sering disebut ketombe istilah orang Indonesia. Ketombe muncul karena udara yang panas atau lembab, kotor, keringat yang berlebih, salah shampo, stress, atau konsumsi makanan pedas yang berlebih.

Kulit kepala yang penuh dengan ketombe kerap menurunkan rasa percaya diri pada seseorang. Apalagi di saat kia mengenakan baju atau kaos hitam seakan sedang mengalami musim salju. Banyak dari kita yang merasa kebingungan karena ketombe.

Ketombe tergolong penyakit kulit dan rasa yang ditimbulkan memang sangat gatal. Ketombe memang susah untuk dihilangkan. Banyak dari kita yang justru memperparah ketombe dengan kebiasan rewel tangan kita yang sering mengelupas atau menggaruk berlebihan pada ketombe yang gatal. Cara membersihkan ketombe bukanlah dengan cara yang kasar yang biasanya si penderita akan mengelupas secara paksa kulit yang mengelupas tersebut dari permukaan kulit aslinya. Hal ini justru akan memperparah kondisi ketombe karena kuman yang hidup dalam kulit kepala yang mengelupas tersebut justru akan menyebar ke permukaan kulit sehat yang lain. Maka tak jarang ketombe yang sudah parah akan mengeluarkan darah dan luas kulit mengelupas (ketombe) lebih dari 1cm persegi. Biasanya kulit mengelupas tersebut akan sedikit tebal disertai dengan darah dan akan menimbulkan aroma tidak sedap, yakni seperti luka parah yang sudah agak lama. Jika sudah terjadi demikian akan lebih baik jika si penderita tersebut melakukan konsultasi dokter spesialis kulit.
Rasa penasaran berlebih ditambah pengetahuan yang kurang mengenai ketombe menyebabkan kita memiliki pandangan keliru tentang perbedaan ketombe dengan residu deterjen shampoo. Ketombe memliki ukuran yang flakenya lebih besar dibandingkan residu deterjen shampoo. Penyebab ketombe adalah jamur sedangkan residu deterjen pada shampoo disebabkan oleh cara membilas kita saat keramas yang kurang bersih. Namun residu deterjen pada shampoo yang dibiarkan terlalu lama dapat menyebabkan ketombe. Ketombe dan residu deterjen pada shampoo sama-sama menyebabkan rasa gatal dan jika digaruk keduanya akan muncul serpihan putih-putih.
Beberapa artikel tentang cara membersihkan ketombe telah menyebutkan bahwa ketombe dapat dibersihkan dengan shampoo anti ketombe, isotonik, bahkan sampai ke obat kumur. Nah kali ini artikel ini akan membahas tentang cara membersihkan ketombe alami menggunakan shampoo ala orang tua (merang).
Caranya mudah. Langkah pertama adalah dengan membakar merang lalu rendam air. Lalu tunggu hingga satu malam, kemudian saring airnya dengan kain dan tambahkan sedikit perasan jeruk nipis. Silakan dicoba trik ini hingga tiga kali dan hasilnya kulit kepala berangsur bersih dan ketombe pun musnah dengan sendirinya. Namun kelemahan dari cara ini adalah rambut akan berdiri dan kaku.
Namun kelemahan ini dapat dihindari dengan cara menambah lagi dengan santan yang kelapanya dibakar terlebih dahulu sebelum diparut. Caranya memang sedikit ribet, namun tak ada salahnya mencoba demi mendapatkan cara ampuh mengusir ketombe sampai ke akar-akarnya.
Mencoba memang tak ada salahnya. Cara di atas meskipun sedikir ribet namun lebih ekonomis dan irit. Jika tak ingin menanggung resiko, khususnya yang sudah terlanjur parah bisa kalian konsultasikan ke dokter namun harganya pasti lebih mahal dibandingkan trik di atas. Bagi kalian yang sudah pernah mencoba atau mempunyai pengalaman serupa bisa dibagikan di kolom komentar agar yang lain lebih tahu.

Sekian yang dapat gue share. Semoga bermanfaat. Jika ada yang salah, mohon maaf dan bisa langsung dikoreksi. Atau jika kalian punya solusi lain bisa langsung share. Okay selamat bertemu kembali terimakasih. Jangan lupa check the other posting!

Tidak ada komentar: