Minggu, 28 Februari 2016

16 Cara Menambah Berat Badan Terampuh


Memiliki berat badan dan tinggi yang proporsional menjadi dambaan setiap orang, terutama perempuan. Tetapi, berat badan berlebih atau pun terlalu sedikit dapat membuat rasa kurang percaya diri. Apakah kalian merasa tubuh kalian terlalu kurus sehingga menjadi ejekan banyak teman atau orang sekitar? Dibilang tubuh tinggal tulang belulang? Tubuh yang terlalu kurus memang terlihat kurang menarik. Kalian sudah berusaha manambah porsi makan atau pun sudah mulai mengkonsumsi makanan yang lebih bergizi namun tak juga berat badan kalian bertambah. Atau kalian juga sering merasa meskipun porsi makan asli kalian lebih banyak daripada yang lain namun masih saja tubuh kalian masih kurus. Faktor keturunan juga menjadi salah satu penyebab mengapa tubuh kalian tetap kurus. Namun kalian jangan putus asa, karena berikut ini adalah tips untuk menambah berat badan.

Tingkatkan porsi makan, misalnya dengan makanlah lebih sering
Cara ini sebenarnya sudah disebutkan di atas dan sudah tidak asing lagi untuk menambah berat badan. Dengan meningkatkan porsi makan, maka tubuh akan mendapatkan lebih banyak asupan sehingga akan membentuk tubuh yang berisi. Yang perlu diperhatikan adalah pilihlah makanan yang bergizi. Namun sayangnya banyak dari kita yang merasa bahwa banyak makan hanya terkhusus lebih banyak mengkonsumsi karbohidrat. Pandangan ini adalah pandangan keliru karena sebenarnya karbohidrat lebih mudah terbakar menjadi energi dan akibatnya manfaatnya lebih cepat habis. Untuk itu kosumsilah makanan dengan komposisi gizi yang seimbang. Caranya kalian dapat makan lebih sering. Umumnya masyarakat di Indonesia makan hanya 3 kali sehari, namun jika memang kalian sedang menumbuhkan berat badan dapat dipraktekkan dengan meningkatkan makan menjadi 4-5 kali per hari.

Perbanyak konsumsi karbohidrat
Sebanarnya kosumsi makanan dengan komposisi gizi yang seimbang akan lebih baik. Hal ini disebabkan karbohidrat lebih mudah terbakar menjadi energi dan akibatnya manfaatnya lebih cepat habis. Namun hal ini tidak menutup kemungkinan untuk tetap banyak mengkonsunsi karbohidrat untuk menghemat cadangan energi di dalam tubuh seperti misalnya apa yang dihasilkan lemak. Contoh makanan yang mengandung karbohidrat, adalah seperti : buah-buahan, sayuran, nasi merah dan makanan yang berbahan dasar dari gandum seperti sereal dan roti. Makanan berbahan dasar gandum merupakan makanan yang kaya akan kandungan serat dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.
Mencukupi kebutuhan protein
Seperti yang disebutkan di atas bahwa sering konsumsi karbohidrat juga perlu diimbangi dengan gizi seimbang misalnya dengan mengkonsumsi protein. Sumber protein yang sehat dapat berasal dari beberapa makanan, misalnya daging ayam, ikan, dan kacang-kacangan. Makanan-makanan di atas dapat untuk mencukupi kebutuhan protein yang diperlukan oleh tubuh.
Mencukupi kebutuhan mineral
Tubuh memerlukan sumber mineral yang cukup. Sumber mineral dapat diperoleh dari buah-buahan, susu, keju, sayuran, daging merah, serta kacang-kacangan untuk mencukupi kebutuhan mineral yang diperlukan oleh tubuh.
Mencukupi kebutuhan vitamin
Untuk berupaya mengkonsumsi gizi yang seimbang maka diperlukan vitamin untuk tubuh. Sumber vitamin dapat diperoleh dari berbagai aneka buah-buahan, seperti : stroberi yang mengandung vitamin C atau pisang yang kaya akan kandungan
vitamin E .
Mencukupi kebutuhan lemak
Cadangan energi juga diperlukan oleh tubuh. Salah satu gizi yang menyediakan cadangan energi adalah lemak. Untuk itu lemak sangat dibutuhkan bagi tubuh, Sumber lemak sehat seperti asam lemak tak jenuh ganda, omega-3, dan omega-6. Sumber lemak omega-3 dapat diperoleh dari ikan dan kacang kenari. Sedangkan sumber lemak omega-6 dapat diperoleh dari minyak sayur seperti kelapa, minyak biji matahari, jagung.
Perbanyak minum air putih
Jika kalian sudah mempraktekan hal di atas namun masih saja berat badan kalian tidak bertambah mungkin disebabkan kurangnya konsumsi air putih. Terkadang kita menganggap sepele konsumsi air putih. Banyak dari kita yang tidak mementingkan minum air putih dan biasanya lebih memilih untuk mengkonsumsi minuman berasa seperti kopi atau pun minuman yang bersoda seperti minuman suplement tubuh dan sebagainya. Tanpa kita berpikir panjang bahwa sebenarnya  minuman bersoda terdapat zat kimia yang dapat membahayakan bagi tubuh. Hal ini menyebabkan mengkonsumsi minuman bersoda secara tidak langsung akan merusak tubuh. Setelah membaca artikel ini diharapkan mulai membiasakan untuk mengkonsumsi air putih. Konsumsi air putih akan sangat bermanfaat bagi tubuh terutama dilakukan pada saat pagi hari. Semakin banyak mengkonsumsi air putih maka tubuh akan semakin memberikan manfaat yang baik untuk tubuh. Salah satu contohnya adalah manfaat baik terhadap proses pencernaan dalam tubuh. Proses percernaan dalam tubuh pun akan lebih lancar. Hal ini menyebabkan tubuh akan semakin lancar dalam menyerap gizi makanan secara sempurna. Namun yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah untuk tidak terlalu berlebih dalam mengkonsumsi air putih. Menurut takaran dokter bahwa mengkonsumsi air putih yang baik adalah cukup 8 gelas per hari untuk mencegah dehidrasi.
Hindari konsumsi kopi
Cara ini adalah kelanjutan dari cara untuk memperbanyak konsumsi air putih. Dalam menjalankan program untuk menambah berat badan, perlu bagi kalian untuk mengurangi konsumsi kafein. Hal ini karena selain dampak positif yang ditimbulkan kafein seperti selain menambah semangat dalam bekerja atau menambah daya ingat, kafein juga memiliki dampak negatif. Diantaranya kafein yang terkandung dalam kopi menahan nafsu makan. Dampak negatif lainnya adalah kandungan asam dalam kopi dapat meningkatkan asam lambung yang pada ada akhirnya meningkatkan resiko terjadinya sakit maag yang semakin dapat membuat tubuh mengalami kesulitan untuk makan.
Kunyah makanan sampai halus
Tujuh dari sepuluh orang di Indonesia mempunyai gigi yang berlubang. Hal inilah yang menyebabkan kita tidak dapat mengunyak makanan secara halus. Bagi kalian yang masih mempunyai gigi sehat dan tidak berlubang mungkin mengunyah makanan sampai halus adalah sepele. Ternyata mengunyah makanan sampai halus dapat mempermudah tubuh dalam mencerna makanan. Hal ini akan membantu berat badan bertambah. Makanan yang dimakan agak keras, menyebabkan makanan sulit dicerna oleh tubuh apalagi apabila cara mengunyahnya tidak halus secara sempurna.
Hindari minum sebelum makan
Minum air sebelum makan dapat membuat perut merasa lebih kenyang sehingga porsi makanan pun berkurang karena telah terisi oleh minuman yang diminum sebelum makan tersebut. Hal ini menyebabkan kebutuhan tubuh akan makanan terasa telah terpenuhi. Hal ini menyebabkan minum air putih sebelum makan sangat disarankan bagi yang sedang menjalani program diet, namun tidak di anjurkan untuk menambah berat badannya.
Hindari begadang
Sering dari kita yang karena pekerjaan menumpuk mengharuskan kita untuk bergadang. Istirahat sempurna yang diperlukan oleh tubuh adalah pada saat malam hari. Untuk itu diperlukan istirahat yang cukup terutama pada malam hari. Pada malam hari tubuh akan beristirahat setelah beraktivitas seharian. Hal ini memberikan kesempatan untuk tubuh untuk memulihkan kondisi dan memperbaiki fungsi organnya.
Berhenti merokok
Hampir sama dengan kafein merokok juga perlu dihindari bagi kalian yang ingin menambah berat badan. Selain mengurangi nafsu makan, rokok juga dapat merusak fungsi organ-organ lainnya dalam tubuh. Merokok memang sangat berbahaya bagi tubuh. Selain dapat membahayakan diri sendiri, ternyata merokok juga dapat membahayakan orang-orang di sekitar bila asapnya terhirup oleh mereka. Bahkan merokok lebih berbahaya untuk orang-orang di sekitar (perokok pasif) daripada mereka yang menghirup asap rokok secara langsung (perokok aktif). Hal ini karena filter yang terdapat pada rokok. Salah satu penyakit yang diakibatkan oleh rokok adalah asma.
Perbanyak camilan
Bagi kalian yang menginginkan berat badan bertambah namun masih memiliki nafsu makan yang kurang, ngemil atau mengkonsumsi camilan adalah salah satu cara efektif untuk tetap menambah asupan dalam tubuh. Hal ini karena camilan dapat mencukupi kebutukan kalori yang dibutuhkan oleh tubuh.
Minum susu secara rutin
Merasa sudah dewasa bukanlah alasan untuk tidak lagi mengkonsumsi air putih. Jika memang masih dalam program menambah berat badan konsumsi susu walaupun sudah beranjak dewasa merapakan salah satu cara efektif. Susu yang sehat dapat menambah berat badan. Ada yang berpandapat bahwa konsumsi susu ibu hamil memiliki dampak yang lebih efektif dan efisien dibanding susu yang lain baik dikonsumsi oleh laki-laki maupun perempuan. Namun belum pernah ada penelitian resmi yang membuktikan hal ini. Akan lebih baik untuk mengkonsumsi susu minimal 2 kali sehari. Susu termasuk penting yang harus kita konsumsi, karena termasuk ke dalam kelompok makanan 4 sehat 5 sempurna.
Olahraga
Olahraga memang salah satu pola hidup sehat yang wajib dilakukan manusia. Program menambah berat badan sangat perlu melakukan olahraga setiap hari terutama di pagi hari. Hal ini untuk menunjang semua cara untuk menambah berat badan yang disebutkan di atas. Olahraga setiap pagi itu penting. Sangat bermanfaat untuk tubuh berupa peredaran darah yang lancar, detak jantung yang konsisten, serta melatih otot dan kebugaran. Dengan begitu kita tidak akan mudah merasa lelah. Latihan juga bisa dijadikan ajang refreshing. Sehingga secara ampuh mampu mengusir stress dan justru menambah rasa semangat menjalankan aktivitas hari-hari kalian. Namun yang perlu diingat adalah bahwa konsistensi konsumsi makanan yang sehat serta istirahat teratur perlu pula dilakukan. Hal inilah yang menyebabkan berat badan bertambah karena diimbangi dengan sehat jasmani maupun rohani.
Koordinasi dengan dokter karena penyakit tertentu
Penyakit tertentu seperti : TBC, asma, diabetes, gangguan hormon tiroid, penyakit pada saluran pencernaan, kanker, dan sebagainya dapat mengakibatkan penderitanya mengalami kesulitan dalam meningkatkan berat badan bahkan pada kondisi tertentu justru berat badan akan semakin itu. Oleh karena itu, perlunya koordinasi antara dokter dengan pasien untuk mengatasi penyebab penyakit yang mendasari ini dan sangat penting untuk dilakukan.


Sekian informasi yang dapat gue share. Keturunan atau takdir memang sudah ditentukan oleh Tuhan. Namun tak ada salahnya bagi kita sebagai manusia untuk tetap berusaha menambah berat badan sehigga tubuh akan terlihat proporsional. Terimakasih yang sudah menyempatkan waktu mampir di blog ini buat membaca. Mohon maaf jika banyak kesalahan dan kekurangan dalam penulisan maupun isi. Semua butuh kritik dan saran. Kalau ada informasi tambahan atau informasi kurang benar bisa langsung dishare agar yang lain juga lebih tahu. Semoga bermanfaat. Jangan lupa mampir juga di postingan yang lain.

Tidak ada komentar: