Selasa, 13 Oktober 2015

Antara Baik Hati dan Bego Permanen


 Malam guys. Okay hari ini gue akan share ke kalian sebuah cerita yang dicuplik dari kisah hidup teman gue sendiri, namanya Dila. Maaf yah bagi kalian yang bernama Dila. Ini nama asli dan nggak gue buat-buat atau karang sendiri. Bukan maksud gue membuat buruk citra baik dari nama kalian karena nama adalah hadiah dari orang tua. Ya nggak?

Dila adalah sahabat gue yang manis, baik, rajin, hemat, polos, dan pintar tapi nggak cerdas. Saking baiknya dia nggak nyadar kalau selama ini teman-temannya tidak termasuk gue selalu manfaatin kebaikannya dengan modus mengiba. Dia juga nggak tahu kalau selama ini kebaikan dan ketulusannya selalu salah penempatan karena hanya dipakai oleh orang-orang yang tak bertanggung jawab di sekitarnya. Bukan karena gue orang yang pelit, jahat, nggak mau nolong, atau mbak-mbak yang sering main jadi antagonis dalam drama tetapi ini sebagai reaksi manusiawi aja guys ngeliat kenyataan yang menimpa seseorang di dekat kita. Gue nggak tega aja kalau tiap hari harus ngliat dia digituin sama temennya. Digituin gimana?
Ya gitu dia sering banget dimanfaatin sama temennya kalau nggak dibutuhin dibuang gitu aja atau malah dibully.  Bayangin dia sering disuruh jadi guru les gratisan, ngerjain tugas kampus, jadi tukang antar-jemput, tukang paket makanan nggak bayaran, sama satu lagi dia sering banget ngasih apa yang seharusnya untuk memenuhi kebutuhan dia tapi dia kasihin gitu aja ke orang lain demi menuhin kebutuhan orang yang dimaksud. Saking baiknya dia pernah gitu aja ngasihin pacar dia buat jadi antar-jemput sahabatnya, tapi bukan gue lhoh. Dia juga pernah lhoh ngasihin pin ATM-nya buat salah satu temenya yang lagi butuh duit buat beli baju ama tas baru. Karena antrean ATM lagi panjang dia juga mau aja gitu disuruh temennya buat beli es krim. Dia yang pergi pakai duit dia juga. Wah good job deh sama orang sebaik ini.
Tetapi di balik kebaikannya ada kesedihan yang mendalam. Dia nggak tahu aja kalau sebenarnya ada opnum-opnum tertentu yang hanya manfaatin kebaikan dia. Di kelasnya dia nggak punya temen sejati tapi temen abal-abal sih banyak. Mungkin emang bener karena anaknya terlalu polos mungkin. Tetapi terkadang jadi banyak temen pas waktu-waktunya musim tugas. Wah buruh musiman gaji bawah UMR nih. Mungkin ini sebabnya agar punya banyak temen dia baik banget ke orang-orang.
Orangnya emang agak sedikit aneh dan ada satu hal yang gue benci. Saking baiknya dia mau gitu aja mentingin kepentingan orang lain daripada kepentingan gue sebagai temen yang selalu ada di sampingnya. Ya kalau emang kepentingan orang lain itu lebih mepet dan mendesak ya benar itu. Gue dukung malah. Tetapi kalau ini tidak. Dia nggak memandang apakah kepentingan itu mendesak atau enggak. Semuanya dia bantu. Emang sih dia pernah bercerita bahwa susah buat dia untuk nolak permintaan bantuan seseorang tanpa memandang dari segi mendesak atau tidak terdesak.
Berawal dari situ, ini yang terkadang gue benci dari sifat dia, selain sifat polos dan sedikit begonya. Gue bersahabat dengan dia sewaktu TK sampai kuliah. Jadi kalian bisa ngebayangin bagaimana deketnya dia ama gue. Dia pernah bilang ke gue bahwa gue ama dia itu satu. Satu jiwa hanya terbagi dengan dua fisik yang berbeda. Jadi ibaratnya kita sama-sama seneng dan sama-sama menderita.
Nah berawal dari situ gue terkadang jadi benci dibuat olehnya. Karena gue udah dijadiin orang yang sama sedangkan sifatnya yang lebih mentingin kepentingan orang lain tanpa memandang prospek kebutuhan, terkadang dia juga lebih ngorbanin kepentingan gue demi kepentingan orang lain. Sering banget gue dibuat marah dan menurut gue ini adalah tindakan egois dia. Ya emang kita seringnya sama-sama tapi kan jelas-jelas kita berbeda. Masak pelampiasan kesulitan bertindak egois dia limpahin ke gue. Masih nggak mudeng apa yang gue ceritain tentang ini?
Misalnya gini deh. Dia pernah minjamin laptop gue buat temennya padahal di hari itu gue juga lagi butuh buat ujian komputerisasi akuntansi. Gila nggak tuh. Dia bilang temennya juga lagi sama-sama butuh banget laptop buat ujian ekometrika. Kalau butuh mah emang sama-sama butuh. Alasan selanjutnya katanya gue masih punya laptop lama jadi biar gue pakai laptop lama gue. Ya jelas beda orang laptop lama gue kan udah lola banget, baterai bocor, sama tombol keyboardnya banyak yang nggak aktif. Terus gue bilang aja ke dia buat minjamin temennya pakai laptop lama gue. Dan lho tahu jawabannya apa? "Udah gue tawarin cuman dia nggak mau soalnya laptop Lu yang jadul udah jelek.” Stres gue kalau gue minta ke rumah temenya nggak mungkin orang lima belas menit lagi gue ujian. Dan kalau gue minjem laptop Dila juga nggak mungkin orang laptopnya lebih stres dari laptop gue. Contoh selanjutnya yaitu dia pernah ngasihin gitu aja baju kesenangan gue yang udah gue beli 2 tahun yang lalu. Katanya temennya udah pengin banget ama baju gue. Emang sih dia ganti dengan baju baru tapi kenangannya kan jelas berbeda. Pokonya masih banyak deh contoh lain dari mulai dia ngasihin gitu aja makan siang gue ke temennya sampai-sampai gue kelaperan sampai sore hari. Tapi yang paling gue sebel adalah saat dia nolak gitu aja waktu gue suruh nganterin gue ke rumah sakit yang kebetulan gue lagi mriang saat itu. Alasannya nggak jelas lagi katanya harus nganterin temennya beli kado buat mamanya yang pas hari itu lagi ulang tahun.  Kalau mendesak, keduanya sama-sama mendesak, tetapi prioritasnya jelasan pentingan urusan gue. Tapi dia nggak jahat lho. Meskipun dia begitu tapi gue nggak benci dia. Dia sepeti itu bukan karena dia benci atau jahat ama gue tapi emang karena orangnya nggak peka dan sedikit pekok.
Tetapi di balik kepekokan dia, dia sering nangis terus curhat ama gue. Dia sering dimanfaatin orang lain. Saat orang lain butuh, mereka mendekat. Tapi saat mereka nggak butuh, satu-persatu menjauh. Apalagi kalau si Dila yang lagi butuh mungkin mereka bakal jadi seperti orang nggak kenal. Tepat saat pacarnya Dila jadi pacar orang lain, dia bisa nangis sampai pagi. Dia nangis nggak hanya pas itu sih, tapi juga sering. Apalagi waktu dia galau. Tetapi meskipun dia sering sadar tapi kembali deh dia mengulangi kesalahan yang sama.
Pernah ada suatu kejadian. Meskipun kita beda jurusan tapi waktu kunjungan lingkungan kebetulan kita satu agen. Masak nggak ada satu temen pun yang mau kelompokan ama dia. Temen sementaranya udah punya temen-temen sendiri karena lagi nggak butuh ama dia. Gue aja waktu ngliat dia kesusahan nyari kelompok sampai miris sendiri. Tetapi meskipun begitu masih aja dia nggak nyadar kalau sering banget dia dimanfaatin orang. Nyadar tapi kumat lagi.
Okay sekian curhatan gue. Kesimpulannya adalah.... Nggak ada kesimpulan karena ini cuman postingan edisi curahan hati. Tetapi pelajaran yang bisa dipetik adalah bahwa berbuat baik sesama manusia itu penting dan wajib. Tetapi kemampuan menprioritaskan mana yang lebih penting itu juga penting agar kebaikanmu dapat semakin bermanfaat. Okay jangan lelah untuk berbuat baik ya teman. Sebaik-baiknya orang adalah orang yang bermanfaat untuk orang lain.

Okay terimakasih udah mampir. Maaf kalau banyak kesalahan. Kritik, saran, maupun tambahan di kolom komentar ya. Semoga bermanfaat. Check the others posting ya.

Tidak ada komentar: