Selasa, 13 Oktober 2015

5 Kebiasaan Sehari-hari Yang Dapat Merusak Kulit


Hallo. Selamat berbahagia guys. Apa kabar kalian hari ini? Hari yang menyenangkan bukan? Oh tidak toh? Lalu apa yang membuat kalian merasa tidak senang? Oh punya unek-unek yang perlu di share? Kalau kalian yang punya unek-unek bisa kok share unek-unek kalian di komentar nanti pasti dibaca terus kalau sempet gue jawab.

Mempunyai kulit sehat, elastis, cerah, dan indah sudah pasti impian banyak orang, termasuk gue. Namun semua itu tinggal impian jika setiap hari kita banyak melakukan kebiasaan-kebiasaan yang dapat membuat kulit kita rusak dan menua. Sering dari kita tak sadar dar menganggap hal-hal ini sepele, lalu terus saja melakukan ini berulang-ulang hingga menjadi kebiasaan. Perlu diketahui bahwa kebiasaan ini memiliki efek tak bagus dan berdampak besar bagi fungsi dan penampilan kulit. Gue takut banget kalau selama ini kebiasaan-kebiasaan buruk gue bener-bener dapat merusak kulit. Akhirnya gue sempetin buat browsing-browsing di internet buat nyari-nyari kebiasaan sehari-hari yang dapat merusak kulit. Dan ini nih 5 kebiasaan merusak kulit dan harus segera dihindari:

Menantang Matahari
Sering dari kita membiarkan saja kulit kita berpapasan langsung dengan sinar matahari. Padahal jika diketahui lebih lanjut, ternyata sinar matahari dapat menyebabkan bermacam-macam efek negatif pada kulit. Efek negatif itu diantaranya: bercak cokelat, kerutan, dan masalah kulit lainnya yang dapat timbul lebih cepat. Ini yang menyebabkan kenapa perlindungan kulit dari sinar matahari termasuk hal yang harus dilakukan dalam perawatan kulit.
Tapi tidak semua sinar matahari tidak bagus untuk kulit terutama untuk tubuh. Sebenarnya sinar matahari yang baik adalah sinar matahati di saat pagi hari maksimal pukul 10 pagi. Dan ini yang sering menyebabkan kita lalai sehingga membiarkan kulit kita berpapasan dengan sinar matahri meskipun waktu telah menunjukkan pukul 10 pagi lewat. Oh gitu? Ada beberapa trik untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Para peselancar dunia maya bisa kok lakukanlah kiat-kiat di bawah ini:
1.  Menghindari matahari pukul 10 pagi hingga 4 sore
2.  Menggunakan tabir surya
3.  Memakai pakaian yang melindungi kulit dari sinar matahari

Mengabaikan Stres yang Berlebihan.
Stres dapat menyebabkan kulit tidak sehat, seperti jerawat-jerawat nakal dan kulit menjadi lebih sensitif. Pikiran yang sehat salah satunya ditandai kulit yang sehat. Mulailah untuk mengendalikan stres, jangan tunggu ia berlama-lama mempengaruhi pikiran kita. Meskipun sebenarnya stres memang tidak dapat dihindari, tapi diusahakan jangan abaikan stres dan membiarkannya terus-menerus terjadi.

Makan Makanan Tidak Sehat
Jadwal yang terlalu padat membuat kita merasa waktu 24 jam perhari tidaklah cukup. Dampaknya banyak dari kita hanya mengkonsumsi makanan yang cepat dan praktis. Selain simpel tidak perlu memasak dan mudah didapatkan, banyak dari kita yang menyenangi rasanya meskipun sebenarnya tidak seenak masakan sendiri. Padahal jika diketahui lebih lanjut, makanan-makanan tersebut merupakan makanan yang mengandung banyak oksidan yang dapat merusak kulit. Ini adalah sifat paten dari makanan cepat saji meskipun tidak semuanya. Hindari makanan-makanan seperti ini. Lalu makanan sehat dan mampu merawat kulit secara alami seperti apa? Nah contohnya adalah buah-buahan, sayur, dan biji-bijian serta protein tanpa lemak. Makanan ini dapat membantu kulit tampak lebih segar dan sehat.

Merokok
Merokok dapat merusak kolagen dan elastin, yang berperan dalam menjaga elastisitas dan kekencangan kulit. Berkurangnya aliran darah ke daerah pembuluh darah kulit bagian terluar dapat menyebabkan kulit tidak sehat. Salah satu penyebab hal ini adalah merokok. Merokok dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah kulit bagian terluar. Akibatnya menimbulkan gangguan hantaran oksigen dan nutrisi untuk kulit. Dampak lebih lanjut, kulit tampak lebih tua dan cepat berkerut.

Membersihkan Kulit Berlebihan
Kulit memang perlu untuk dibersihkan. Namun jika dilakukan secara berlebihan malah dapat membahayakan kulit. Ingat segala yang berlebihan memang tidak dibenarkan. Membersihkan kulit yang terlalu kuat dipercaya dapat menghilangkan lapisan minyak alami pada kulit. Kita juga sering menyiksa kulit kita dengan menepuk-nepuk terlalu keras. Mengusap terlalu keras dengan handuk setalah mandi juga tidak dibenarkan agar tidak menghilangkan lapisan alami pelembap kulit.
Oleh sebab itu, mari bersama-sama kita membersihkan kulit sewajarnya saja. Misalnya dengan membersihkan kulit secara lembut dan takaran yang tepat. Jangan lupa untuk memilih sabun atau pembersih kulit yang lembut. Selain itu jika kalian termasuk kulit kering, disarankan pula untuk menggunakan pelembap yang sesuai dengan kulit kita agar kelembapan kulit juga terjaga. Biasanya pelembab sudah langsung dimiliki oleh manfaat lain sabun yang berkualitas. Memilih sabun yang berkualitas tidak harus mahal lhoh. Salah satu penelitian menunjukkan bahwa jika setiap hari orang menggunakan sabun yang berpelembap, maka masalah kulit benar-benar dapat dikurangi.

Mandi yang terlalu lama
Lapisan minyak alami kulit digunakan untuk menjaga kelembapan kulit. Mandi yang terlalu lama dapat menghilangkan lapisan jenis ini. Selain itu mandi terlalu lama juga dapat menyebabkan kulit mudah berkerut. Nah mandilah dengan durasi sewajarnya saja. Sering dari kita menganggap mandi terlalu lama dapat menyehatkan kulit karena menganggap kulit menjadi sangat bersih. Meskipun sebenarnya anggapan ini keliru, karena justru dapat menghilangkan lapisan minyak alami kulit.

Okay ini yang dapat gue share. Meskipun gue bukan orang kesehatan dan kedokteran, ahli kecantikan, IPA, tetapi gue sedikit tahu tentang hal ini. Ya lewat browsing-browsing di internet aja. Ini cuma hal dasar aja kok guys. Bisa juga kalian coba cari google atau sumber lain. pasti nggak akan jauh beda dengan tulisan gue kali ini. Pada dasarnya kulit merupakan invetasi alami dari tubuh kita dan wajib kita jaga agar di usia tua nanti kita masih selalu awet muda. Jangan sampai kulit rusak dan terlihat lebih tua dari usia kita sebenarnya. Caranya adalah dengan menghindari 6 kebiasaan di atas guys. Nggak berat kok menghindari 6 kebiasaan buruk di atas karena kebaikannya kembali ke kita. Ini hanya sedikit pengetahuan gue aja, daripada mubadzir punya ilmu nggak dibagi.

          Untuk itu gue minta maaf kalau ada salah tulisan, baik secara tata bahasa, informasi, atau pun salah makna. Yang jelas gue mohon kritik dan saran. Bisa kalian benarkan jika salah atau kalian tambahi jika kurang lengkap di kolom komentar nggeh agar yang lain juga bisa lebih tahu. Okay terimakasih. Semoga bermanfaat. See you next time. Jangan lupa tengok posting gue yang lain ya.

Tidak ada komentar: