Selasa, 13 Oktober 2015

11 Alasan Harus Melakukan Hal yang Tidak Disuka


Pepatah mengatakan bahwa nikmatilah hidup selagi kita masih hidup. Dengan melakukan segala hal yang disenangi karena seyogyanya hidup  cuma sekali. Tetapi sadarkah kita bahwa hal yang demikian tidak selalu benar. Bagaimana pun manusia dituntut kemajuan dengan melakukan segala hal yang baru meskipun itu tidak mengenakkan.

Melakukan hal yang tidak disenangi dan mengenakkan memang bisa menyebabkan stress dan depresi yang berlebihan. Jjika dibiarkan bisa berlangsung berkepanjangan. Tetapi hal itu bisa dihindari dengan cara melakukannya secara ikhlas. Melakukan dengan hati dan mengoptimalkan tenaga dan pikiran kita. Hasilnya pun stress dan pikiran berat akan tersusut dengan sendirinya. Berikut ini adalah hal-hal yang mengharuskan kita untuk tetap melakukan hal-hal yang tidak disenangi.

Kalian akan belajar bagaimana perbedaan.
Kita hidup di dunia ini sudah pasti akan betemu dengan perbedaan. Untuk itu wajib buat kamu belajar toleransi dalam perbedaan. Dengan mencoba masuk dalam zona tidak aman kamu akan menemukan pada hal yang baru dan jauh berbeda dari hal-hal kemaren yang sudah kamu temui. Jangan takut guys. Perbedaan itu indah.

Lebih Tahu Arti Rasa Bersyukur
Awal mulai masuk dalam hal yang baru memang terasa sulit. Hal itu disebut proses adaptasi. Kita akan menyesuaikan dari hal lama menuju hal baru. Semuanya akan terasa sulit dan tak jarang butuh perjuangan ekstra. Ada yang kadang bersantai-santai ria jadi harus berkerja keras, giat, dan niat. Tetapi tanpa kamu sadari, kamu jadi tahu bahwa selama ini Tuhan sudah memberikan kita terbaik. Hal ini disebabkan perasaan kamu yang memang sedang masa peralihan dari masa bahagia dan terlalu nyaman menuju masa berjuang menuju kesuksesan. Disitulah kamu seharusnya bersyukur.

Keluar Dari Zona Nyaman
Selama ini mungkin kamu terlalu lama berdiri dalam zona nyaman. Mulailah perubahan karena seseorang pasti akan mengalami kejenuhan. Selalu hidup enak dan sedikit pun tak ada tindakan lalu hanya berdiam diri itu lama-lama membuat orang jenuh. Kalau kamu sudah jenuh namun tak satu pun pekerjaan bisa dilakukan lama-lama bisa stress. Diam dalam jenuh itu buang-buang waktu. Cobalah keluar dari zona nyaman.

Mendekatkan Pada Kesuksesan
Percaya atau tidak kesuksesan hanya didapat oleh orang yang sanggup berjuang. Termasuk berjuang menuju hal yang baru. Tapi selain berjuang jangan lupa berdoa. Lakukan dan berdoa, gagal coba lagi, gagal lagi coba lagi. Maka dunia ini akan tahu betapa seriusnya kita menginginkan hal itu. Semakin banyak kegagalan semakin dekat kita menuju jalan kesuksesan. Nikmati perjuangan itu dan lakukan perbaikan. Jangan lakukan tetap dengan cara yang sama. Namanya juga hal baru.

Membuat Hidup Lebih Bermakna
Hidup ini di tangan kita. Bermakna atau tidaknya kita juga yang buat. Lakukan hal-hal besar untuk membuat kebermaknaan hidup. Misalnya dengan mau keluar di zona nyaman. Barang kali hidup dalam kebiasaan sudah terlalu mainstream. Lalu apa bedanya kamu dengan orang lain. Buat dirimu yang terspesial. Ya menurut versi kamu sendiri.

Menambah Pengalaman dan Bekal Hidup
Hidup dalam zona yang tak membuatmu nyaman memang sulit dirasa. Tapi kamu akan menemukan hal-hal yang baru, lingkungan baru, teman baru, ilmu baru, dan pengalaman baru. Buat apa repot-repot? Untuk masa depan lah. Meskipun manfaatnya tidak diterima secara langsung tetapi pasti akan ada timbal baliknya. Bukan sekarang mungkin suatu saat nanti. Tuhan nggak mungkin ngasih hidup kita enak terus. Ada kalanya hidup di atas, ada kalanya hidup di bawah. Nah dengan pelatihan hidup di zona tak nyaman sejak dini bisa menjadi bekal suatu saat nanti. Menambah pengalaman jadi kamu sudah nggak kaget lagi terhadap hal demikian. Ini juga akan menguatkan kamu.

Merasakan Bagaimana Tantangan Hidup
Ada yang suka tantangan. Masuk dalam zona tak nyaman adalah tantangan baru. Jangan susahnya saja yang dipikirin. Hikmah apa yang didapat juga perlu dipertimbangkan. Hidup susah itu tidak untuk dipikirkan tapi untuk dijalani. Beban fisik itu tak lebih menderita dari beban mental.

Anggap saja ini kesempatan Tuhan untuk belajar.
Dari tidak bisa menjadi bisa. Semua itu butuh proses belajar. Meskipun hati mengatakan tidak akan belajar pada satu bidang tetapi jika keadaan memaksa mungkin itu perintah Tuhan. Pelajari dan syukuri. Ilmu yang didapat akan berkali-kali lipat dibandingkan penderitaan. Mulai dari situ kamu juga akan merasakan bagaimana sensasinya THE POWER OF KEPEPET. Kekuatan yang muncul dari sugesti otak karena jiwa terdesak.

Dari Paksaan Menjadi Terbiasa
Awal mula memang sebuah paksaan. Jiwa dipaksa oleh otak dengan sugesti positif bahwa kamu bisa. Lalu kamu pun akan bertindak. Mungkin benar awal mula sedikit susah dan canggung. Tapi asal dilakukan dengan hati ikhlas, pikiran cerdas, dan fisik yang bergas, kamu akan terbiasa.

Dari Terbiasa Menjadi Bisa
Sewaktu kita kecil, kita diajari menulis. Membutuhkan waktu yang lama untuk menulis satu huruf saja. Kemudian kita mencoba menulis huruf selanjutnya setelah bisa di huruf pertama. Kita menjadi terbiasa latihan setiap hari. Ada yang merasa sangat menjenuhkan. Tapi lambat laun sampai usia saat ini kita sudah sangat lihat menulis huruf, frase, klausa, kalimat, hingga sebuah cerita. Bahkan kita sudah memadukan dengan mesin komputer. Pernahkah sewaktu kecil kita membayangkan demikian? Inilah wujud dari peribahasa terbiasa menajadi bisa.

Sebagai Pelarian dari Rasa Jenuh dan Masalah
Saat masalah berjubel tak seharusnya kita lari. Hadapi dan syukuri. Inilah lahan untuk belajar yang diujikan oleh Tuhan tanpa pengumuman. Jenuh juga akan dihadapi semua orang. Meskipun hidup enak, tetapi jika terus-terusan pasti membosankan. Lakukan terbaik saja guys. Mulailah awal yang baru. Menyelam sambil minum air. Kamu akan dapat  ilmu, penghilang rasa jenuh, tantangan hidup, dan kebermaknaan hidup.

Sekian alasan mengapa kita harus melakukan hal-hal yang tidak disenangi. Segalanya harus dilakukan secara ikhlas agar faedah dan ilmu yang dihasilkan bisa kembali ke kita. Ada aksi, ada reaksi. Asalkan semua dilakukan dengan niat yang tulus, tekat yang kuat, dan dibekali usaha dan doa pasti semua akan berhasil. Perbuatan positif nggak ada yang merugi. Meskipun manfaat nggak langsung diperoleh,.tetapi suatu hari nanti manfaatnya sudah pasti. Mungkin lagi dipoles dulu sama Allah.
Tetapi apa pun itu jangan terlalu fokus untuk melakukan hal yang tidak disenangi. Semuanya kembali pada hati nurani. Mana yang terbaik, dan mana yang hal baik. Maka lakukanlah. Lakukan hal yang tak kalian senangi tersebut dengan perhitungan. Besar mana antara manfaat dan resiko. Kalian bisa mempertimbangkan sendiri.

Okay sekian yang dapat gue sampaikan. Kurang lebihnya minta maaf ya. Mohon kritik dan saran, dan yang lebih tahu bisa dishare di kolom komentar agar yang lain juga menjadi tahu. Ciptakan suasana diskusi guys. Okay terimakasih. Semoga bermanfaat. Jangan lupa check the others posting ya.

Tidak ada komentar: