Jumat, 02 Oktober 2015

5 Cara Meningkatkan Produktivitas di Setiap Hari Kamu


Setiap manusia pasti pernah merasa jenuh. Dan ada beberapa dari kita sebagai generasi muda  menganggap masa muda kita kurang wow. Sering juga kita berpikir bosen menjalani rutinitas monoton dan ujungnya kita menganggap bahwa selama ini kita hidup belum pernah menghasilkan apa-apa pun. Itu mungkin disebabkan karena kurangnya produktivitas pada diri kita sendiri.

Gue juga sering merasa hidup gue biasa aja. Gue sering ingin berbuat lebih dari apa yang gue bisa. Mengubah dari yang biasa menjadi luar biasa. Gue ingin lebih produktif agar tak ada rasa penyesalan di usia tua gue nantinya.

Setelah gue browsing-browsing di internet akhirnya gue nemu juga beberapa cara meningkatkan produktivitas. Berikut adalah enam cara meningkatkan poduktivitas yang gue kemas menggunakan bahasa gue sendiri.

Bangun Lebih Pagi
Jangan kalah sama ayam nanti rezekimu dipatok ayam. Produktivitas seseorang bisa dinilai dari berapa pekerjaan yang sudah diselesaikan hari ini. Kalau mulainya sudah dari pagi pasti sudah banyak pekerjaan yang akan rampung. Lagi pula bangun pagi itu menyehatkan. Udara pagi memang paling bagus untuk tubuh yang pastinya akan menambah semangat hari-hari kalian. Hal ini disebabkan karena udara belum tercampur dengan polusi guys dan udara bersih tersebut baru fresh atau orisinil dikeluarkan dari tumbuhan. Silakan kalian yang bangun pagi bisa deh berdiri di bawah pohon. Bisa dilakukan dengan berolahraga. Selain udara pagi, air pagi juga sangat baik guys. Kalian bisa mandi pagi sebelum waktu shubuh. Ini katanya bagus buat tulang. Nah selain air dan udara, tanah di pagi hari juga bagus lhoh. Tanah di pagi hari masih banyak menyimpan partikel-partikel positif yang berfungsi baik untuk tubuh kaian. Bisa deh kalian menggali tanah, asal jangan tanah kebun tetangga. Tanah sendiri ya. Kok kurang pekerjaan banget ya? Agar nggak dibilang kurang kerjaan, kalian bisa kok sambil becocok tanam. Misalkan dengan menanam bunga atau tanaman yang lain.
Gue juga pernah baca d salah satu artikel. Katanya mood seseorang all long day terbentuk juga di pagi hari. Ciptakan mood itu, dengan bahagia, penuh semangat, dan nggak boleh males-malesan. Caranya yaitu dengan bangun pagi jangan terpaksa, seperti misalnya dengan pengaturan nada alarm di pagi hari. Untuk itulah diusahakan nada alarm kalian jangan yang terlalu mengagetkan. Jangan lupa diawali dengan berdoa dan sarapan terlebih dahulu ya.

Biasakan Berpikir Cepat
Ada yang bilang bahwa berpikirlah terlebih dahulu sebelum bertindak. Dan berpikirlah secara matang agar tak menyesal di kemudian hari. Memang berpikir itu harus secara matang tapi tak mengharuskan berpikir lama kan? Berpikirlah secara efektif dan efisien. Bukannya pikiran tak berarti apa-apa tanpa tindakan? Bertindaklah dengan pikiran matang agar kita lebih produktif.
Lalu bagaimana jika gagal pikir lalu menyesal di kemudian hari? Wah itu sih pikiran psimis. Lagi pula rasa menyesal itu boleh tetapi sangat tak danjurkan jika berlama-lama. Yang terpenting adalah komitmen dan konsisten kita terhadap pikiran kita yang dahulu dan serta sanggup menanggung resiko. Jadi hal yang terpenting dalam berpikir adalah bagaimana kita membandingkan antara keuntungan dan resiko yang akan diperoleh.

Bayangkan Semua Rencanamu
Jika sudah berpikir secara matang, bayangkan apa saja tindakan untuk realisasikan rencana tersebut. Jangan lupa, pikirkan juga alternatif apa saja untuk menggapai rencana tersebut. Untuk menambah semangat, kalian juga bisa membayangkan apa yang kalian peroleh jika usaha ini berhasil. Bayangkan jika kalian telah menjadi orang yang lebih berproduktif. Tapi ingat jangan terlalu lama membayangkan agar kalian nggak ketinggalan dengan misi.

Lakukan Saja
Inilah waktunya eksekusi. Lakukan semua yang telah direncanakan dan dibayangkan. Lakukan yang terbaik. Terbaik itu bukan untuk menjadi yang pemenang tetapi menjadi mereka yang tepat berada di posisi yang seharusnya dan melakukan apa yang seharusnya dilakukan. Lalu jangan lupa untuk tetap bahagia dan melakukan segala sesuatunya dari hati secara ikhlas. Jika sudah begitu seberat-beratnya pekerjaan sudah tentu ringan dan akan menghasilkan kebaikan.

Workout Singkat
Ini dia yang juga tidak kalah perlu. Seseorang sudah pasti akan jenuh menghadapi suatu pekerjaan yang berlangsung full dalam hari-hari mereka. Jika terus dibiarkan kejenuhan itu bisa berakibat kondisi psikologis yang memburuk. Stress yang berlebihan akan mengakibatkan semangat kerja dan produktivitas menurun. Untuk menghindari hal demikian kalian bisa merefresh diri, misal dengan jalan-jalan, mendengarkan musik, olah raga, dan lain-lain. Keluarkan ekspresi kalian dengan hobi yang kalian punya. Atau jika kalian tidak ingin rugi waktu karena melakukan pekerjaan tersebut, yaitu pekerjaan yang diluar misi, kalian bisa melakukan pekerjaan yang memberikan efek langsung terhadap kalian. Semisal dengan memasak untuk keluarga, bersih-bersih rumah, menyiram tanaman, dan pekerjaan di luar misi yang lainnya. Namun perlu diingat bahwa ini semua hanya sekedar workout saja. Jadi agar tidak lena dan buang-buang waktu, lakukan pekerjaan-pekerjaan tersebut secara singkat saja. Kalau otak dan badan udah fresh langsung deh terjun ke lapangan. Jangan lama- lama ya guys.

Jangan biarkan untuk menunggu
Siapa sih orang di dunia ini yang senang menunggu. Bahkan ada beberapa dari mereka menganggap bahwa menunggu adalah pekerjaan yang paling tak menyenangkan. Tapi semua itu memang benar guys. Jika kalian hanya pasrah terhadap keadaan dan membiarkan waktu kalian terbuang sia-sia hanya untuk menunggu maka akan terkurangilah produktivitas kalian. Cara agar tidak terlalu merugi di saat menunggu adalah lakukan pekerjaan lain yang bisa dikerjakan sambilan. Bisa melakukan pekerjaan selanjutnya atau workout saja. Lakukan pekerjaan apa pun yang kalian suka asalkan pikiran masih terkonsentrasi terhadap apa yang kalian tunggu. Namun usahakan hindari bermain ponsel atau pekerjaan lain tersebut saat di samping kalian ada orang lain yang tengah menunggu. Cobalah ngobrol singkat untuk menghindari image "sok sibuk" atau apa pun.


Okay sekian yang dapat gue share. Semoga bermanfaat buat kalian. Kritik dan saran bisa di komentar. Mohon maaf kalau ada yang salah dan kurang lengkap. Kalau ada tambahan di komentar juga ya agar yang lain bisa lebih tahu. Terimakasih. Check the other posting ya. Bye.. Bye..

Tidak ada komentar: