Selasa, 09 Juni 2015

Aktivitas Mahasiswa Saat Kuliah

Ada saja ulah mahasiswa untuk menghindari kebosanan saat jam kuliah. Apalagi di saat menghadapi kuliah yang dosennya begitu membosankan. Tapi perlu diingatlah lhoh meskipun ada dosen yang cara mengajarnya membosankan atau mengantukkan alangkah baiknnya jika kita tetap mendengarkan karena sebenarnya banyak ilmu yang kita butuhkan di balik cara mengajarnya yang membosankan. Ada kalanya mahasiswa yang terlena menghadapi dosen-dosen yang membosankan seperti ini sehingga mereka membuat ulah yang aneh-aneh untuk membuang rasa kebosanan mereka. Tetapi ada kejutan di baliknya yaitu disaat nilai keluar, nilai BC ke bawah yang mereka dapatkan di mata kuliah ini. Lebih baik dosen yang killer sehingga mau tidak mau mahasiswa seakan dipaksa untuk memperhatikan apa isi kuliah yang disampaikan dari dosen. Ulah mahasiswa bisa berganti-ganti tergantung dari dosen yang menampunya. Berikut admin akan menyebutkan ulah-ulah mahasiswa di saat jam kuliah sejauh pengamatan admin.
 
1.   Memperhatikan Isi Kuliah dan Turut Aktif Memberikan Respon Kepada Dosen
Ada beberapa mahasiswa tipe ini, biasanya mahasiswa-mahasiswa IP cumloud lah yang setipe ini. Tetapi ada juga mahasiswa yang labil, bisa menjadi mahasiswa yang setipe ini jika dosen yang mengajarnya asyik dan akan berubah menjadi mahasiswa biasa saja jika dosen yang mengajarnya membosankan. Tetapi yang paling baik adalah mahasiswa yang selalu aktif memberikan respon kepada dosen baik dosen yang mengajarnya mengasyikkan maupun yang membosankan. Mereka biasanya sangat memperhatikan apa saja yang disampaikan dosen kepada mahasiswa, mencatat sesuatu hal yang baru atau dianggap sulit diiingat, bertanya terhadap hal-hal sulit, dan menjawab pertanyaan dari dosen. Memang sulit menjadi mahasiwa setipe ini karena dibutuhkan sikap rajin dan membuang jauh-jauh sikap malas serta mempunyai sikap keberanian untuk tampil di depan kelas seperti menjawab pertanyaan atau bertanya. Terkadang juga harus tutup kuping mendengar ejekan dari mahasiswa lain karena keaktifan kita. Tetapi perlu diketahui ada sikap kagum di balik ejekan mereka.
2.   Memperhatikan Isi Kuliah Hanya Cukup Diam
Mahasiswa setipe ini bisa dibilang mahasiswa misterius karena paham atau tidak paham terhadap isi kuliah hanya merekalah yang tahu. Mereka memperhatikan semua materi yang disampaikan dosen namun bersikap cuek saja atau dengan kata lain tidak mengkritisi materi-materi yang dianggap sulit atau benar-benar baru. Mereka menerima semua materi apa adanya dan mengerjakan semua tugas dari dosen itupun jika ada tugas. Mereka berdiam diri meskipun ada beberapa materi yang tidak dipahami dan tidak mau menjawab pertanyaan dari dosen meskipun mereka tahu jawabannya. Ada mahasiswa setipe ini biasanya karena sikap cuek atau tidak peduli yang ada padanya, kecerdasan yang lebih dibanding mahasiswa lain sehingga sudah paham terhadap semua materi, lebih senang belajar otodidak, tidak ingin menonjol atau dikenal dosen, dan sikap tidak percaya diri atau pemalu.
3.   Turut Aktif Merespon Dosen tetapi Tidak Memperhatikan Isi Kuliah
Ada mahasiswa-mahasiswa yang hanya aktif di saat dosen memberikan canda-candanya namun cenderung tidak memperhatikan di saat kuliah-kuliah yang dianggap serius. Mereka turut aktif atau memberikan celoteh-celotehnya yang menggelikan di saat dosen mengajak bercanda tetapi akan diam di saat dosen mengajukan pertanyaan atau menyampaikan materi yang sulit karena tidak tahu atau cenderung memberi sedikit minat. Mahasiswa semacam inilah yang ingin dianggap menonjol atau dikenal dosen namun dengan cara-cara yang tidak bermutu.
4.   Gosip atau Mengobrol
Ada mahasiswa yang justru tidak memperhatikan apa saja materi yang disampaikan dosen tetapi malah membuat topik perbincangan baru dengan teman sebelahnya apalagi jika teman sebelahnya merupakan teman terdekatnya. Hal ini dilakukan untuk membuang rasa jenuh terhadap kuliah atau memang mahasiswa tersebut doyan ngomong tetapi tidak ingin berpikir pusing. Tetapi ada pula mahasiswa yang senang mengobrol dengan teman sebelahnya namun tetap membicarakan isi kuliah. Hal ini dilakukan karena mahasiswa ini lebih paham jika berdiskusi dengan sesamanya. Tipe semacam ini termasuk mereka yang senang bercanda dengan teman sebelahnya dan membuat gaduh di saat jam kuliah.
5.   Tidur atau Mengantuk
Nah tipe seperti ini yang biasanya dilakukan di saat jam kuliah dengan dosen yang membosankan. Apalagi pada saat kuliah di jam siang sudah dijamin banyak mahasiswa yang melakukan aktivitas ini. Istilahnya kuliah jalan, tidur siang juga jalan. Seringnya adalah di saat presentasi kemudian dosen duduk di belakang, nah kondisi semacam ini yang menjadi kesempatan mahasiswa untuk tidur. Adapula yang menyiasati untuk menghindari tidur di dalam kelas seperti mengobrol dengan teman sebelah, cubit-cubitan tangan dengan teman sebelahnya, bahkan sampai memakai minyak kayu putih yang dioleskan di sekitar mata. Tetapi maklum jika banyak mahasiswa yang mengantuk karena di samping harus nglembur mengerjakan tugas yang menumpuk juga pola makannya sebagai anak kos yang tidak bergizi seimbang atau lebih banyak mengandung karbohidrat dibanding gizi lainnya.
6.   Melamun
Mahasiswa semacam inilah yang jika dipandang dari luar seperti memperhatikan dosen namun di saat ditanya atau disapa dosen, mahasiswa ini terkesan tidak tahu apa-apa atau justru kaget atau terkejut. Hal ini dilakukan karena pikiran kosong dan hampir mirip dengan jelmaaan tidur atau mengantuk hanya saja nampak seperti memperhatikan. Biasanya dilakukan oleh mahasiswa yang kurang konsentrasi karena banyak masalah seperti masalah dengan pacar, tugas yang numpuk, ibu kos yang cerewetnya luar biasa, kiriman orang tua belum datang, cucian yang numpuk di kost, de el el.
7.   Mengerjakan Tugas Mata Kuliah Lain
Bukan mahasiswa jika dalam hidupnya tidak dipenuhi tugas. Selesai tugas ini, tugas-tugas yang lain sudah siap mengantre di depan mata menagih minta dikerjakan. Sehingga tidak jarang jika mahasiswa justru mengerjakan tugas mata kuliah lain di saat jam kuliah. Hal ini dilakukan bagi mereka yang tidak punya banyak waktu untuk mengerjakan tugas karena ada aktivitas lain seperti saking sibuknya sebagai aktivis atau mempunyai kerjaan sambilan sehingga mereka tidak bisa mengerjakan segala kewajiban  kuliahnya secara maksimal kecuali bagi mereka yang memang mempunyai otak jenius.
8.   Bermain Smartphone atau Alat Elektronik Lain
Ada pula mahasiswa yang melakukan hal semacam ini untuk membuang rasa jenuh apalagi bagi mereka yang memang gila teknologi, mereka yang terlalu sibuk sehingga tidak bisa lepas dari gadgetnya, atau bagi mereka yang LDR. Hal ini juga sering dilakukan mahasiswa-mahasiswa yang smartphone atau gadgetnya baru. Biasanya mereka bermain game, sms-an, browsing untuk membuat pertanyaan yang unik atau baru atau menjawab pertanyaan, nonton youtube, ataupun berkomunikasi dengan jejaring sosial. Apalagi di saat presentasi dan tidak ada dosen mereka justru foto-foto selfi dengan teman sebelahnya.
9.   Mendengarkan Musik
Aktivitas inilah yang sering dilakukan mahasiswa gemar musik. Hanya cukup sedia handphone atau alat pemutar musik lain kemudian headset sudah siap untuk mendengarkan musik. Aktivitas ini merupakan kesempatan besar bagi mahasiswi yang memakai jilbab karena kecil kemungkinan bagi mereka diketahui dosen jika sedang melakukan aktivitas ini.
10.  Berdandan atau Bercermin
Mahasiswa modis dan pecinta kerapian sering melakukan aktivitas ini. Mereka meletakkan cermin di meja mereka kemudian bercermin sehingga tidak jarang mahasiswa yang senyum-senyum tidak jelas sambil menunduk tanpa ada penyebanya. Ada pula yang senang berdandan, membenarkan tatanan rambut mereka jika dosennya tidak begitu killer atau baik hati dan tidak sombong.
11.  Bolak-Balik ke Toilet
Sebenarnya aktivitas ini tidak bisa dikatakan sebagai aktivitas dalam kelas namun ada saja mahasiswa yang melakukan hal demikian. Bolak-balik ke toilet dengan berbagai macam alasan sehingga waktunya habis di toilet bukan untuk memperhatikan isi kuliah. Jika sudah ke toilet mungkin kembali ke kelas lagi bisa 20 menitan. Memang sedikit yang melakuan  hal ini tetapi setidaknya teman sekelas admin ada dan hampir di semua mata kuliah dia lakukan semacam ini.
12.  Aktivitas Lain
Ada saja ulah mahasiswa untuk membuang rasa jenuh di saat jam kuliah. Seperti menggambar di buku catatan, memotongi kuku, atau bahkan lebih senang memperhatikan suasana di luar kelas.
Sebenarnya masih banyak lagi ulah-ulah mahasiswa di saat jam kuliah berlangsung tergantung karakter dan baik-tidaknya seseorang  dikatakan sebagai mahasiswa namun hanya itu yang bisa admin sebutkan sejauh pengamatan admin. Memang sebagai mahasiswa yang baik dan bertanggung jawab kepada orang tua, bangsa dan negara, maupun orang yang berjasa mengkuliahkan kita alangkah baiknya jika kita menjadi mahasiswa tipe yang pertama. Namun sekali lagi ulah-ulah mahasiswa bisa berganti-ganti tergantung dosen yang mengajarkan.

Sekiaan postingan ini. Tunggu postingan berikutnya ya. Semoga bermanfaat dan maaf jika ada salah kata. Mampir juga bagi kalian yang ingin mendapatkan uang dari internet dengan klik di sini.




Tidak ada komentar: