Selasa, 09 Juni 2015

Macam-Macam Tipe Mahasiswa

Say hallo dulu deh buat sahabat bloger. Ada berbagai macam tipe mahasiswa dari tipe A sampai Z. Tipe mahasiswa sangat tergantung dari karakter mahasiswa tersebut. Apakah orang itu termasuk orang yang rajin, visioner, pemalas, senang hura-hura, de el el. Ok deh tanpa bosa-basi kali ini saya akan berbagi tentang tipe mahasiswa di Indonesia secara garis besar.
 
1.   Mahasiswa Pengejar IP
Apa itu mahasiswa pengejar IP? Tipe mahasiswa yang biasanya serius ini adalah mahasiswa dimana IP adalah satu-satunya yang menjadi tujuan utama. Mahasiswa ini biasanya mempunyai kemampuan intelektual yang lebih tinngi dibanding kemampuannya untuk bersosialisasi. Dia biasanya akan kuliah dengan sungguh-sungguh, jarang bolos kuliah, rajin belajar, tekun dan all out mengerjakan tugas, melakukan semua perintah dosen, bahkan rela berkorban hanya demi mendapatkan IP tinggi tetapi bukan berkorban untuk bertindak curang lho. Biasanya mahasiswa pengejar IP ini beralasan karena ambisi akan IP yang tinggi, tanggung jawab dengan orang tua atau orang yang membiayai kuliahnya, atau bahkan karena tuntutan beasiswa. Mahasiswa ini termasuk tipe mahasiswa tidak neko-neko maka tidak jarang mahasiwa ini akan cepat menyelesaikan SKS-SKS kuliahnya, cepat kelar skripsinya, dan lulus tepat waktu. Mahasiswa ini biasanya tidak ikut banyak organisasi di kampus, tidak mempunyai bisnis sampingan dan pekerjaan lain, serta tidak senang kluyuran seperti mahasiswa di TV-TV. Maka tidak aneh jika mahasiswa bertipe ini akan merasa jenuh dan bosan dengan rutinitas yang cenderung monoton yakni hanya mengerjakan tugas, kuliah, dan pulang.
2.   Mahasiswa Aktivis
Mahasiswa aktivis adalah mahasiswa yang senang ikut organisasi di kampus bahkan ekstra kampus. Mahasiswa ini senang bersosialisasi dengan lingkungan, rela mengabdi kepada masyarakat tanpa dibayar, dan bahkan mengorbankan kuliahnya untuk melakukan aktivitas di organisasinya. Sehingga tidak sedikit mereka yang lulus tidak tepat waktu. Bisa disebut kampus rumah keduanya setelah rumah orang tuanya baru disusul kos. 24 jam waktunya rela dikorbankan untuk kumpul-kumpul bersama anggota lain di organisasinya dan mengabdi kepada masyarakat. Nah mahasiswa yang senang demo termasuk ikut tipe ini. Memang biasanya mahasiswa ini akan lebih dikenal oleh mahasiswa lain di kampus dan dosen-dosen. Ikut mempersiapkan dan menjadi panitia seminar dan acara-acara lain di kampus akan sering dihadapi mahasiswa ini sehingga nantinya mahasiswa tipe ini akan merasa tidak canggung menghadapi masyarakat umum saat terjun di masyarakat. Memang berorganisasi penting dilakukan selain mempersiapkan untuk kehidupan nantinya biasanya dalam mencari pekerjaan, pengalaman berorganisasi di kampus juga ikut andil diterima tidaknya mahasiswa itu bekerja di tempat tersebut.
3.   Mahasiswa Bisnis
Nah tipe mahasiswa ini selain mengejar gelar sarjana juga akan mendapatkan penghasilan dan pengalaman berkerja. Mahasiswa ini biasanya mempunyai usaha kecil-kecilan atau bekerja di waktu luangnya. Jadi tidak jarang jika mahasiswa ini  membayar uang kuliahnya dari hasil keringatnya sendiri tanpa harus meminta dan bergantung kepada orang tua. Termasuk mahasiswa mandiri sehingga mahasiswa berkantong tebal ini biasanya pintar mengambil peluag bisnis dan berani mengambil resiko. Mahasiswa ini juga disibukkan dengan mengikuti seminar–seminar  kewirausahaan dan jika diikutkan pada organisasi paling organisasi yang diminati adalah organisasi yang berbau dengan bisnis seperti kewirausahaan. Bisnis yang sering dilakukan oleh mahasiswa biasanya adalah menjadi guru les privat, berjualan online, menjadi penulis dadakan, ikut perlombaan, penjaga warnet, membatu di loundry, membantu di warteg, warung makanan atau warung minuman lain, berjualan makanan kecil di kampus, mencari uang di internet, de el el. Sehingga tidak usah kuatir jika natinya susah mencari pekerjaan setelah lulus, mahasiswa ini dapat meneruskan usahanya di saat kuliah.
4.   Mahasiswa Biasa
Mahasiswa ini ni yang seharusnya tidak boleh ditiru karena akan hanya mengikuti arus mengalir seperti tidak bersemangat menjadi mahasiswa. Pikirannya hanya yang enak-enak saja sebagai mahasiswa. Kuliah seenaknya saja karena IP juga biasa saja, organisasi tidak punya, apalagi bisnis. Aktivitasnya adalah kuliah atau pun bersenang-senang bermain dengan mahasiswa lain yang setipe. Jarang belajar dan tugas pun hanya ikut-ikutan. Apalagi di saat harus mengerjakan tugas berkelompok, mahasiswa ini seringnya tidak pernah ikut berkumpumpul atau mengerjakan tugas bersama alias hanya titip nama dan NIM. Kuliah hanya mendengarkan apa yang dibicarakan dosen tanpa menyerap dari isi dan materinya. Persis seperti mahasiswa di TV-TV yang hanya bermain tanpa dibebani dengan tugas sehingga tidak jarang jika mahasiswa ini akan molor untuk lulus. Mahasiswa ini akan sulit mencari pekerjaan pada nantinya karena IP tinggi juga tidak punya apalagi pengalaman organisasi kecuali berkerja di perusahaan di keluarga karena biasanya mahasiswa bertipe ini adalah anak dari keluarga mampu sehingga tidak adanya tuntutan saat berkuliah.
5.   Mahasiswa Ideal
Ini dia tipe mahasiswa yang sangat dianjurkan. Sambil menyelam minum air, tidak hanya gelar sarjana yang didapat tetapi juga mendapatkan yang lain. Maksud di sini yaitu tipe mahasiswa yang merupakan gabungan dari tipe mahasiswa 1, 2, dan 3. Contohnya dari mahasiswa ini yaitu punya IP tinggi tapi juga aktif di organisasi atau mahasiswa berIP tinggi tetapi punya bisnis yang sukses dan bisa juga mahasiswa aktif di organisasi tetapi juga mempunyai bisnis yag sukses atau bahkan mahasiswa berIP tinggi, aktif di orgaisasi, juga punya bisnis (wah jenius).

Nah begitu deh tipe mahasiswa menurut saya. Kalau ada yang lain tolong tambahin ya. Sekiaan postingan ini. Tunggu postingan berikutnya ya. Semoga bermanfaat dan maaf jika ada salah kata. Mampir juga bagi kalian yang ingin mendapatkan uang dari internet dengan klikdi sini.




Tidak ada komentar: