Minggu, 22 September 2019

Berapa Kisaran Gaji Fresh Graduate Lulusan S1



Akhir-akhir ini lagi viral banget masalah status seorang fresh graduate lulusan UI yang nggak terima karena digaji cuman 8 juta per bulan. Gue sebagai netizen awam sangat geram membaca status dia, mengingat gaji gue sampai saat ini belum nyampai segitu. Terlepas dari situ, menurut gue, selain orang tersebut sombong, sebenarnya dia hanya bocah awam yang belum kenal betul kerasnya kehidupan.
Di zaman kompetitif, lulusan mana dan lulusan apa tidak begitu berpengaruh terhadap performa kerja seseorang. Semuanya tergantung skill individu masing-masing. Karena nyatanya, dalam dunia kerja, kemampuan, kejujuran, dan daya tahan seseorang begitu dibutuhkan. Bahkan seberapa tinggi tingkat pendidikanmu tidak begitu berpengaruh penting. Hanya saja mereka yang lulusan lebih tinggi akan cepat belajar dibandingkan lulusan yang lebih rendah dikarenakan mereka yang lulusan lebih tinggi sudah tahu dasar ilmunya. Tapi yang namanya pengalaman kerja akan lebih berpengaruh terhadap kinerja seseorang.
Bicara pengalaman kerja, tidak seharusnya fresh graduate meminta gaji lebih apalagi hanya karena lulusan kampus ternama. Malah bisa dikatakan lulusan fresh graduate S1 lebih tidak tahu apa-apa daripada lulusan SMK yang lebih banyak pengalaman kerjanya.
Lulusan S1 fresh graduate akan lebih banyak belajar mengenai profesionalisme ketika dia bekerja daripada ketika di bangku kuliah. Karena nyatanya, meskipun tidak beda sama sekali, dunia kerja dan di bangku kuliah akan sedikit berbeda meskipun dasar ilmunya sama. Bahkan bisa dikatakan seorang fresh graduate akan tidak tahu apa-apa ketika baru saja masuk dunia kerja. Namun dengan bekal teori di bangku kuliah akan menunjang cepat-tidaknya dia beradaptasi di dunia kerja.
Oleh karena itu, seorang fresh graduate seharusnya bersyukur begitu masuk dunia kerja meskipun mendapatkan gaji yang tidak seberapa. Karena dari situ, dia akan mendapatkan pengalaman kerja pertama yang nantinya akan menunjang di karier dia di berikutnya. Meskipun gaji tidak seberapa, rezeki tidak hanya dihitung dari gaji. Bahkan pengalaman, saudara, kenalan, dan sahabat baru juga termasuk rezeki. Jadi saran gue tidak seharusnya fresh graduate meminta gaji tinggi.
Berawal dari pengalaman kerja gue yang pertama, saat itu gue bener-bener tidak tahu apa-apa. Bahkan gue sering minta diajarin senior gue yang lebih banyak pengalaman kerja meskipun dia hanya lulusan SMK. Tapi dari situ gue nggak pernah malu karena seseorang memang butuh bertanya demi progressnya dirinya masing-masing.
Lalu berapa gaji fresh graduate lulusan S1? Okay gue jawab. Banyak teman-teman gue yang pertama kali kerja hanya mendapatkan gaji pas UMR. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang masih di bawah UMR. Ada beberapa yang memang lebih dari UMR dan salah satu contohnya ya gue. Saat itu gue pertama kali kerja dapat gaji 2 juta di Jogja yang UMR hanya 1.5 juta. Meskipun hanya segitu gue bersyukurnya minta ampun karena masih ada perusahaan yang mau nerima gue lulusan S1 fresh graduate yang masih dibilang nggak tahu apa-apa.
Jadi saran gue, bagi kalian fresh graduate jangan dulu minta gaji tinggi. Pengalaman lebih mahal harganya dibandingkan nominal yang hanya tertuang dalam angka. Kalau kalian masih bertanya-tanya ''lhah emang uang segitu cukup?". Gue jawab cukup. Kalau nggak cukup-cukup ya dicukup-cukupin. Buktinya, banyak kok kariawan instansi, guru honorer, bahkan buruh harian di desa-desa yang masih digaji di bawah 1 juta / bulan dan buktinya cukup dan masih bisa bertahan hidup sampai sekarang. Kalau masih merasa nggak cukup, bisa kok kalian cari tambahan lain misal dengan jualan online atau partime lain di sela-sela kesibukan kalian. Bisa jadi itu sebuah jalan untuk usaha kalian berikutnya dan malah bisa menjadi penghasilan utama.
Menurut gue, gaji sangat dipengaruhi oleh skill kalian bukan soal lulusan kampus ternama. Ingat lulusan baru S1 meskipun dari kampus ternama bisa saja belum tahu apa-apa dibandingkan lulusan SMK yang sudah banyak makan asam garam di dunia kerja. Jangan takut kalau gaji kalian nggak naik-naik. Dengan bekal teori yang kalian peroleh di bangku kuliah pasti akan cepat membantu kalian memahami dan beradaptasi di dunia kerja. Dan tentunya hal ini yang akan membuat kalian lebih cepat naik gaji dibandingkan yang lulusan lebih bawah daripada kalian. Jadi jangan menyesal ya sekolah tinggi-tinggi. Sudah sekolah tinggi, skill bagus, pengalaman kerja banyak, siapa sih perusahaan yang nggak mau menerima kalian. Pasti antre deh. Bahkan kalian yang dilamar bukan kalian yang melamar. Hehehe. Rezeki sudah ada mengatur dan sudah menjadi perintah-Nya untuk terus belajar. Yang terpenting adalah jangan lelah belajar dan berusaha. Dan jangan lupa berdoa!

Tidak ada komentar: