Minggu, 28 Juli 2019

Kelemahan HP Docomo yang Dijual Online



Docomo adalah singkatan dari "Do Communication over the Mobile Network" yang memberikan bundling dengan sejumlah smartphone dan dijual beserta dengan layanan internetnya. Bagi kalian yang masih galau mengenai HP Docomo dan berniat membelinya, silakan baca pengalaman gue membeli HP Docomo. Dengan spesifikasi yang sama seperti versi aslinya, banyak orang tergiur memiliki HP Docomo. Namun di balik harga yang murah, ada beberapa kekurangan HP Docomo yang perlu kamu ketahui sebelum membelinya.


HP Cepat Panas dan Baterai Cepat Habis
Kelemahan umum HP tipe Docomo adalah HP cepat panas. Hal ini dapat diketahui saat dibandingkan dengan HP android-android  yang lain, yang dalam hal ini bukan HP Docomo. Karena HP cepat panas akibatnya baterai cepat habis. Mungkin di tahun pertama baterai badak super awet namun di tahun kedua baterai jadi sedikit boros. Bahkan bisa saja masih 40% HP langsung mati. Hal ini memang sangat tergantung pemakaian. Ketika HP sering dimainkan sambil diisi daya menyebabkan baterai jadi bocor. Selain itu dapat juga sering adanya pemakaian  sampai baterai bener-bener habis atau 0% dan mati dengan sendirinya. Hal ini tidak baik untuk kesehatan baterai HP. Dan yang terpenting ialah hindari pemakain HP sampai panas karena hal ini tidak baik untuk kesehatan HP.
Desain yang Berbeda dari Versi Internasional
Desain yang berbeda dari versi internasional, namun untuk masalah mesin dan spesifikasi keseluruhan, HP Docomo masih menggunakan versi yang sama. Hal ini bukanlah masalah yang besar. Smartphone Docomo bisa saja mengalami beberapa ubahan dibandingkan dengan versi internasional yang dijual resmi. Seperti contohnya ponsel Samsung, Sony, atau LG yang dijual di Jepang dengan bundling Docomo nggak akan memberikan label mereknya. Namun saat kalian membeli smartphone dengan label Docomo, pasti ada saja orang yang menyebutnya sebagai HP palsu, KW alias tiruan.
Custom ROM yang Tidak Bisa Di-Update
Karena bundling Docomo dikhususkan untuk penggunaan di negara asalnya saja, yaitu Jepang, maka untuk dijual di luar harus menggunakan custom ROM agar bisa digunakan. Misalnya saja untuk meng-unlock  SIM agar bisa terkoneksi jaringan 4G operator di Indonesia dan keperluan lainnya. Namun, sayangnya saat menggunakan custom ROM di HP Docomo, seringnya kalian akan gagal akibatnya tidak dapat mendapatkan update terbaru sama seperti versi internasional. Misalnya saja saat ROM yang kamu dapatkan menggunakan basis Android Marshmallow, maka selamanya akan stagna di OS tersebut dan tidak bisa naik ke Android Nougat.

Beberapa Fitur Esensial Tidak Bisa Digunakan

HP Docomo seringnya punya banyak fitur menarik. Namun hal ini dikhususkan untuk pengguna di negara asalnya, Jepang. Contohnya ialah fitur waterproof  hingga wireless charging. Namun sayangnya fitur-fitur tersebut tidak hadir di HP Docomo yang ada di Indonesia. Misalnya saja fitur NFC hingga WiFi hotspot yang tidak bisa digunakan di luar Jepang. Bahkan lebih parahnya, ada beberapa Smartphone Docomo yang dijual online  banyak yang tidak dapat diubah ke bahasa Indonesia hanya dapat diubah ke bahasa Inggris dan masih meninggalkan beberapa aplikasi dengan tulisan Jepang.

Mode Kamera yang Tidak Bisa Di-Silent

Untuk mencegah diambilnya foto-foto tidak senonoh secara sembarangan yang marak terjadi di Jepang, tidak bisa mematikan suara shutter saat menggunakan mode kamera untuk memotret sudah menjadi suatu kewajiban. Sehingga khusus untuk beberapa model iPhone yang berasal dari Jepang, ada satu masalah yang dikeluhkan oleh para pengguna ketika memakai fitur fotografi, yaitu kamera tidak bisa di-silent. Oleh karena itu sebagai HP asal Jepang, salah satu kekurangan HP Docomo tersebut adalah tidak bisa mematikan suara shutter saat menggunakan mode kamera untuk memotret.

Klaim Garansi Meragukan

Nah terakhir merupakan kekurangan HP Docomo di Indonesia dan juga smartphone black market lainnya adalah soal klaim garansi. Sudah menjadi hal umum kalau HP dengan harga yang lebih murah dari harga biasanya memang akan mengalami kendala di soal klaim garansi. Walaupun menawarkan garansi internasional namun jangan berharap banyak. Karena paling jauh kamu hanya akan mendapatkan garansi distributor yang kurang memberikan jaminan. Biasanya garansi distributor atau bahkan hanya garansi toko hanya dapat berjalan 1 – 3 hari meskipun ada beberapa yang sampai seminggu. Jadi jika smartphone kamu mengalami masalah atau rusak, jangan berharap banyak akan kembali ke keadaan semula.  Namun jika Anda masih akan membeli silakan baca pengalaman saya membeli HPDocomo.
Okay sekian yang dapat demam fiksi sampaikan. Kurang lebihnya minta maaf ya. Mohon kritik dan saran, dan yang lebih tahu bisa dishare di kolom komentar agar yang lain juga menjadi lebih tahu. Ciptakan suasana diskusi guys. Okay terimakasih. Semoga bermanfaat. Jangan lupa check the others posting ya.

Tidak ada komentar: