Rabu, 10 Juli 2019

Ini Dia 5 Ciri-Ciri Kecanduan Sosial Media (Sosmed)


Di zaman yang serba modern, kecanggihan teknologi sudah tidak asing lagi di seluruh lapisan masyarakat. Dari seluruh usia, khususnya remaja telah menggunakan media sosial sebagai alat komunikasi. Hal ini disebabkan kemudahan yang ditawarkan, harga yang lebih murah, serta kecanggihan fiturnya yang semakin beragam. Untuk itu dibutuhkan sikap masyarakat yang lebih cerdas serta bijak dalam menggunakan sosial media. Hal ini karena sudah semakin maraknya kejahatan di internet serta sering membuat masyarakat lupa terhadap kehidupan sosial di dunia nyata. Sehingga tak jarang ada istilah "yang dekat semakin jauh, yang jauh semakin dekat." Jika sudah seperti itu semakin banyak remaja dengan kepribadian introvert yang lebih senang menutup diri dan semakin banyak manusia dengan kelabilan emosi yang tidak bisa dikendalikan. Kecanggihan yang ditawarkan media sosial seperti facebook, BBM, twitter, instagram, dll telah membuat remaja kita mulai ketagihan. Seakan hidupnya tidak akan berlangsung tanpa sosial media. Dan jika kamu memiliki ciri-ciri di bawah ini maka kamu perlu mewaspadai karena kamu telah mulai ketagihan di sosial media.


Sering Ganti Status dan Foto Profil Demi Terus Masuk Timeline
Harus terlihat exis di media sosial dengan terus berganti foto profil dan menulis status agar selalu terlihat di beranda merupakan salah satu ciri-ciri orang yang ketagihan sosial media. Kecepatan kalian muncul di beranda adalah kurang dari 1jam/status atau foto. Artinya belum sampai satu jam bahkan setiap menit. Ciri-cirinya adalah mereka yang gemar selfie atau mengalahkan berdoa sebelum makan (bagi yang muslim) untuk berfoto lebih dahulu. Dimana posisinya berada mereka akan membuat pemberitaan dengan mengganti status terlebih dahulu.

Merasa Cemas Berlebihan Ketika Sehari Tidak Memegang Handphone
Handphone merupakan alat yang wajib dibawa ketika kita berpergian. Tidak membawa handphone memang dapat membuat kita cemas atau mati kutu. Namun rasa kecemasan itu sangan beragam dan bertingkat. Jika kamu merasa cemas berlebihan karena tidak membawa handphone inilah yang perlu diwaspadai.

Merasa Tidak Tertarik terhadap Dunia Nyata
Inilah ciri-ciri ketagihan sosmed yang paling berbahaya. Hal ini bahkan menyebabkan orang menjadi tertutup dan memutus tali silaturohmi terhadap sesama dalam dunia nyata. Maka tak jarang dari mereka menjadi introvert, merasa tertutup terhadap pergaulan karena lebih tertarik dengan kecanggihan internet khususnya sosial media.

Menjadikan Sosial Media sebagai Alat Saingan
Muncul rasa harus berkuasa dengan paling eksis dan keren di dunia maya atau sosial media merupakan ciri-ciri ketagihan sosmed selanjutnya. Banyak dari mereka yang rela merogoh kocek sangat dalam hingga mau berhutang hanya untuk jalan-jalan mengunjungi suatu tempat hanya untuk berfoto lalu diupload di sosial media mereka masing-masing. Hal ini untuk ajang pamer siapa yang terkeren dan siapa yang terkaya. Bukan pengalaman tripping yang mereka cari namun rasa puas karena bisa mengapload foto perjalanan mereka di sosial media. Ajang pamer tidak hanya itu namun juga bisa foto-foto yang lain yang bisa memancing oraang lain untuk mengatakan "WOW."

Mempuyai Manajemen Tersendiri untuk Social Media
Sudah banyak orang yang kaya karena sosial media sehingga sudah menjadikan sosial media sebagai tempat mencari uang. Orang yang seperti itu memang perlu manajemen yang bagus untuk menunjang keefektifan dan efesiensi dalam mencari penghasilan. Namun bagi kamu yang tidak menjadikan sosial media sebagai ladang pekerjaan belum terlalu penting manajemen sosial media. Namun banyak dari kita yang sudah melakukan hal demikian. Ciri-cirinya adalah adanya manajemen foto atau status yang akan kita pasang di facebook. Bahkan kita telah menyediakan waktu tersendiri perharinya untuk edit foto atau membuat status panjang yang terlucu atau terkeren. Ciri selanjutnya adalah kita lebih mementingkan uang untuk kuota perbulan kita daripada jatah uang untuk makan, bensin, listrik, atau hal yang lain. Ada pula yang sampai tidak bisa tidur hanya untuk memikirkan status atau foto apa saja yang akan mereka upload di media sosial. Sampai harus membuat alarm untuk menandai foto atau status apa yang akan mereka pasang di akun media sosial mereka masing-masing. Namun, jika memang kalian dalam rangka akan menjadi seleb sosmed, boleh kok punya manajemen sosial media dan itu wajib malah.

Nah demikian adalah 5 ciri-ciri ketagihan media sosial.  Jika kalian sudah memiliki salah satu atau beberapa ciri di atas maka perlu diwaspadai dan berusaha mengurangi penggunaannya. Segala hal terdapat dampak positif dan negatifnya yang diperoleh untuk itu diperkukan sikap bijak serta cerdas kita sebagai penggunanya.
    Ok deh sekian informasi yang dapat gue share. Terimakasih tulus gue tuturkan sudah menyempatkan waktu mampir di blog ini buat membaca. Mohon maaf jika banyak kesalahan dan kekurangan dalam penulisan maupun isi yang gue tebak pasti jelas ada. Semua butuh kritik dan saran agar lebih baik ke depannya. Kalau ada informasi tambahan atau kurang benar bisa deh langsung dishare di kolom komentar agar yang lain juga lebih tahu dan cerdas. Semoga bermanfaat buat hidup kalian. Jangan lupa mampir juga di postingan yang lain ya.

Tidak ada komentar: