Jumat, 12 Juli 2019

12 Trik Wisata dengan Budget Minim



          Dua hal yang menjadi penghalang dalam traveling adalah uang dan waktu. Dalam menjalankan rutinitas serta aktivitas yang menumpuk tak jarang membuat orang-orang kebanyakan merasa jenuh, bosan, dan hilang rasa semangat. Nah, cara utama untuk mengusir hal-hal yang demikian adalah dengan refreshing, salah satunya travelling. Dengan travelling akan ada banyak manfaat yang akan kita peroleh, selain refreshing. Diantaranya adalah menimbulkan rasa syukur dan ilmu, menjalin persaudaraan, mengenal alam, dan lain-lain.
          Dalam berwisata ada yang memilih di tempat yang berbau alam, seperti hutan, gunung, pantai, air terjun, dan lain-lain atau tempat-tempat yang modern, seperti explore sekeliling kota. Dan kali ini demam fiksi akan share tentang trik berwisata dengan budget minim untuk explore kota. Semoga bermanfaat sehingga tak ada istilah kurang piknik lagi.


Pelajari Detail Kota Tujuan
          Dengan mengetahui detail kota tujuan kamu bakal tahu tentang bagaimana kriteria kota tujuan kamu. Misalnya saja mengenai detail harga tiket wisata tujuan kamu, detail harga makanan kaki lima di pinggir jalan, dan harga-harga yang lain. Sehingga tidak ada lagi kejadian kena tipu, atau harga tidak sesuai fasilitas. Wisatawan adalah target utama para pedagang daerah untuk memperoleh penghasilan. Tidak semua para pedagang jujur. Masih ada pedagang yang mau mengambil cara curang untuk mendapatkan keuntungan banyak secara cepat. Sehingga para wisatawan asinglah yang menjadi target utama mereka melancarkan aksi. Untuk itu, mengetahui secara detail kota tujuan sangat menunjang iritnya ongkos yang dikeluarkan. Selain itu bagi kalian yang naik motor atau naik transportasi umum juga wajib mengetahui detail kota tujuan. Hal ini agar kalian tidak tersesat berulang kali karena nggak tahu jalur yang tepat menuju tujuan wisata. Yang naik kendaraan pribadi dapat mengirit bensin, sedangkan yang naik transportrasi umum dapat mengirit ongkos transport. Selain itu, kamu juga akan tahu dimana tempat penginapan yang murah dan sesuai dengan kondisi kamu. Kamu juga akan tahu dimana ATM terdekat sekiranya persediaan uang di dompet kamu mulai menipis.


Jika Ada, Gunakan Kendaraan Pribadi
          Transportasi umum memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan biaya untuk kendaraan pribadi. Apalagi dalam travelling tidak jarang dari kita yang harus bolak-balik karena tersesat. Tapi usahakan dalam menggunakan kendaraan pribadi, kondisi kendaraan harus dalam fit dan ada orang lain selain kamu yang bisa menyetir atau mengendarai agar bisa bergantian. Cek pula kelengkapan, karena bagaimana pun faktor keamanan pasti lebih berharga dari apa pun.

Petualang Rahasia
          Nah, maksud dari petualang rahasia di sini adalah rahasiakan kepada teman-teman sebelum kamu fix sampai di tempat tujuan dan sampai ke rumah. Tak perlu kamu gembar-gembor mau kesana-kesini. Biasanya orang-orang akan titip benda ini-itu sebagai oleh-oleh ke mereka yang akan berpergian. Nggak mungkin kan kamu menolak? Semakin kamu koar-koar semakin banyak dari mereka yang menitip oleh-oleh neko-neko yang terkadang tak memadai untuk isi dompet.

Membawa Uang Seperlunya
          Semakin kamu membawa uang seperlunya maka semakin ngirit uang kamu yang keluar. Hal ini karena uang yang ada di dompet akan lebih gampang habis dibandingkan uang di ATM. Tapi jangan pula sampai kamu kehabisan uang di jalan. Sampai-sampai kamu nggak bisa bayar angkota umum dan ngamen di pinggir jalan. Untuk itu, kamu harus hitung secara detail anggaran yang akan keluarkan dari berangkat sampai pulang dan sisakan pula untuk cadangan. Tapi meskipun demikian sediakan uang di ATM sebanyak mungkin dan jangan lupa bawa ATMnya. Jangan lupa pula letakan ATM secara terpisah dari uang cash. Hal ini untuk menghindari resiko jahat para pencopet ulung.

Hubungi Teman atau Kenalan di Kota Tujuan
          Hal ini sangat penting kita lakukan untuk mengirit budget saat berwisata kalau ada. Kita akan mendapatkan fasilitas tour guide gratis dan resiko nyasar dapat terminimalisir. Biasanya pula mereka tak segan-segan menawari rumah pribadi untuk penginapan gratis bahkan makan gratis. Tapi ingat, tetap buang jauh-jauh sikap nggak tahu diri ya guys.

Membawa Bekal Makanan atau Minuman dari Rumah
          Bagi kamu yang ingin berwisata dengan murah, membawa bekal makanan dan minuman dari rumah juga diperlukan. Hal ini akan memotong sekian persen dari pengeluaran kamu. Biasanya harga makanan di tempat wisata akan lebih mahal dibandingkan di tempat biasa.

Membawa Keperluan Pribadi dari Rumah
          Hal ini juga penting dilakukan. Jika diperlukan kamu nggak akan repot-repot buat nyari keperluan pribadi kamu kesana-kesini. Sama seperti makanan, keperluan pribadi juga akan dijual lebih mahal dibandingkan di tempat biasa.

Siapkan Alat Komunikasi
          Ada yang berpendapat alat komunikasi lebih penting dibandingkan uang. Karena jika kita butuh bantuan, termasuk kehabisan uang, kita hanya tinggal hubungin teman. Pinjam uang, transger ATM, beres. Untuk itu membawa alat informasi sangat penting kita lakukan, untuk meminta bantuan jika memang diperlukan. Nah, bagi kalian yang biasanya para manusia tak berpulsa, bisa deh untuk kali ini isi dulu nomor kartu kalian dengan pulsa terlebih dahulu sebelum perjalanan.

Ajaklah Teman dengan Kesamaan Kondisi Ekonomi yang Sama
          Biasanya yang searah, setujuan, dan senasib akan lebih klik dalam menjalin hubungan, termasuk simbiosis mutualisme ketika travelling. Manusia dengan kondisi ekonomi yang sama biasanya mau berbuat selevel dengan kita dan sesuai dengan budget kita. Maunya nggak neko-neko, begitu pula dengan selera kita. Misalnya kamu senang jalan kaki, naik angkot, makan di kaki lima, uang di dompet minim. Mereka yang memiliki kondisi ekonomi yang sama akan melakukan hal atau tindakan serupa. Jalan kaki OK, naik angkot OK, makan di kaki lima OK, belanjanya nggak kelamaan, tiket wisata murah pun juga OK. Mereka akan nggak kenal gengsi sesuai dengan kondisi dan kemampuan kita. Hal ini tentunya akan menunjang iritnya ongkos yang keluar saat travelling.

Membawa Kamera dari Rumah
          Bagi kalian para pasukan tongsis, kamera adalah hal terpenting saat berpergian. Selain itu foto adalah oleh-oleh termurah dibandingkan benda yang lain. Asalkan kameramennya teman sendiri atau selfie sendiri. Jangan lupa kamera harus dalam keadaan baterai penuh agar kamu dapat sepuasnya jeprat-jepret sana-sini. Dengan kamu membawa kamera dari rumah, silakan abadikan moment penting kamu selama liburan. Sehingga diharapkan dapat membuat kamu lupa keharusan memberi oleh-oleh atau keinginan lain-lain yang dapat menguras isi dompet kamu. Yang penting masih ada bukti yang bisa kamu bawa pulang kan?

Tentukan Tujuan Wisata dengan Tiket Masuk Murah
          Nah, hal ini memang kelanjutan kenapa kamu harus pelajari secara detail kota tujuan wisata kamu. Kamu browsing dulu tujuan wisata apa saja di kota tersebut dan lihat list harga tiket masuknya. Sesuaikan harga tiket masuk dengan kondisi dompet kamu, untung yang gratis-gratis. Masih banyak tujuan-tujuan wisata yang gratis dan cukup membayar biaya parkir.

Membeli Oleh-Oleh Seperlunya Saja
          Ini adalah manfaatnya tidak perlunya koar-koar akan berpergian. Beruntung bagi pasukan tongsis yang hanya cukup foto saja sebagai oleh-oleh mereka.
          Travelling memang perlu dilakukan untuk mengusir ampuh rasa jenuh dan membawa semangat baru. Jangan sampai ada lagi istilah kurang piknik. Uang bukanlah kendala, karena yang terpenting adalah niat dan keyakinan. Dengan ada niat dan keyakinan segalanya tidak ada yang tidak mungkin selagi Tuhan mengizinkan.
Okay sekian informasi yang dapat gue share. Makasih juga yang sudah mampir buat membaca. Mohon maaf jika banyak kesalahan dan kekurangan. Semua butuh kritik dan saran. Kalau ada informasi tambahan atau informasi kurang benar bisa langsung dishare agar yang lain juga lebih tahu. Semoga bermanfaat. Jangan lupa mampir juga di postingan yang lain ya.

Tidak ada komentar: