Selasa, 15 Desember 2015

Macam-macam Ancaman Teknologi Sistem Informasi


Serangan terhadap sistem yang bermacam-macam dan tidak hanya datang dari dalam, namun juga pihak luar menuntut para pembuat sistem untuk terus melakukan perbaikan dan menghilangkan segala kekurangan terhadap sistemnya. Apalagi di era teknologi sistem informasi yang semakin canggih juga persaingan yang semakin ketat memungkinkan kompleksitas ancaman dan gangguan terhadap sistem yang ada lebih bermacam-macam. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini adalah jenis-jenis ancaman yang dapat menyerang teknologi sistem informasi, diantaranya:


Bencana Alam. Bencana alam merupakan faktor yang tak terduga yang bisa mengancam sistem informasi. Contoh Bencana alam : Gempa bumi, banjir, kebakaran, perang.

Pengoperasian sistem oleh manusia. Pengoperasian sistem oleh manusia juga dapat merusak integritas sistem dan data. Pemasukan data yang salah dapat mengacaukan sistem. Begitu juga penghapusan data. Pelabelan yang salah terhadap pita magnetik yang berisi backup sistem juga membawa dampak buruk kalau terjadi gangguan dalam sistem. Contoh Kesalahan ini, yaitu yang dilakukan manusia, diantaranya:
·     Kesalahan pemasukan data.
·     Kesalahan penghapusan data.
·     Kesalahan operator(salah memberi label pada pita magnetik.

Gangguan listrik. Gangguan listrik, kegagalan peralatan,dan fungsi perangkat lunak dapat menyebabkan data tidak konsisten, transaksi tidak lengkap atau bahkan data rusak. Selain itu, variasi tegangan listrik yang terlalu tajam dapat membuat peralatan-peralatan terbakar. Contoh Kegagalan perangkat lunak dan perangkat keras :
·     Gangguan listrik.
·     Kegagalan peralatan.
·     Kegagalan fungsi perangkat lunak.

Ancaman lain. Ancaman lain berupa kecurangan dan kejahatan komputer. Ancaman ini mendasarkan pada komputer sebagai alat untuk melakukan tindakan yang tidak benar. Penggunaan sistem berbasis komputer terkadang menjadi rawan terhadap kecurangan (fraud)dan pencurian. Contoh Kecurangan dan kejahatan komputer :
·     Penyelewengan aktivitas.
·     Penyalagunaan kartu kredit.
·     Sabotase.
·     Pengaksesan oleh orang lain yang tidak berhak
·     Program yang jahat/usil Virus, cacing, bom waktu dll.. Dan kesalahan.

Sumber :
http://fajw.blogspot.com/
http://andriyudhistira.wordpress.com       

Link terkait artikel ini:

Tidak ada komentar: